Sukses

Pria Ini Selalu Buang Tong Sampah ke Laut, Ternyata Hasilnya Tak Terduga

Plastik menjadi persoalan serius di dunia sekarang ini.

Liputan6.com, Jakarta Seiring pertumbuhan populasi dunia, plastik makin besar-besaran diproduksi dengan berbagai variannya. Hal ini menimbulkan meledaknya sampah plastik di dunia.

Peringatan tentang bahaya sampah plastik sebenarnya sudah ada sejak awal 1970-an. Sayangnya, pesan ini hanya memicu segelintir reaksi dari komunitas ilmiah.

Plastik menjadi persoalan serius di dunia sekarang ini. Inilah yang mendorong 2 pemuda asal Australia untuk mengurangi pencemaran plastik. Hal ini membuat kedua pria ini terlihat sering membuang tong sampah ke laut.

Tapi jangan salah sangka dulu, tong sampah yang mereka buang bukanlah tong sampah biasa. Dua peselancar Australia ini menciptakan inovasi bernama Seabin, atau tong sampah laut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Inovasi Unik Tong Sampah Laut

Pete Cenglinski adalah sang penggagas utama munculnya produk ramah lingkungan ini dan dibantu oleh rekannya Andrew Turton yang akhirnya membuat mereka berdua menjalankan Seabin project ini.

Dari awal, projek tong sampah atau Seabin ini dikembangkan oleh mereka berdua menjadi sebuah produk yang bisa mengumpulkan sampah mengambang di kawasan marina dan pelabuhan. Produk ini berdampak positif karena produk ini juga bertujuan untuk menyadarkan masyarakat tentang pencemaran lingkungan, khususnya laut.

Cara kerja dari Seabin atau tong sampah laut ini akan menyedot air dan sampah, dan akan menyaringnya. Lalu air yang disedot kemudian dipompa kembali ke laut, dan yang tertinggal hanya sampah untuk dibuang, ungkap Pete di pabrik Seabin mereka di Palma, Mallorca, Spanyol, seperti yang Liputan6.com lansir dari Great Daily, Selasa (2/4/2019).

3 dari 3 halaman

Sekilas Tentang Seabin

Hal paling menarik dari Seabin adalah tong sampah laut ini telah dimodifikasi dengan sistem tenaga surya. Jadi saat ada matahari, Seabin bisa menyedot sampah. Bahkan, bukan hanya menyedot sampah yang mengambang di laut, tetapi juga bisa menyaring minyak di laut.

Perangkat ini bisa menampung sampah sebanyak 3-4 kg per hari. Jadi jika rutin dipasang, setiap tahunnya Seabin bisa membersihkan setengah ton sampah di lautan. Sungguh luar biasa manfaat dari Seabin ini.

Jika dilihat lebih dekat, ada pompa tertanam di dalamnya yang akan menyedot sampah masuk ke kantong jaring, lalu memompa kembali air bersih ke laut. Seabin dapat menyedot semua jenis sampah, mulai dari plastik, styrofoam dan botol minuman, detergen, puing-puing kecil, dll. Tapi tenang saja, alat ini sudah terjamin tidak bisa menyedot dan menangkap makhluk laut yang ada.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.