Sukses

Bisa Mencegah Kanker, Ini 4 Jenis Sayur Kol dan Manfaatnya Bagi Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Sayur kol merupakan sayuran yang sudah sangat familiar bagi orang Indonesia. Sayur kol dipakai sebagai tambahan di berbagai macam makanan seperti ketika kita makan mi dan pada lotek atau pecel.

Sayur kol yang juga banyak dikenal sebagai sayur kubis ini, dikenal juga dengan sayuran yang dapat memicu perut kembung atau memicu produksi gas di perut.

Namun, banyak sekali manfaat sayur kol ini bagi kesehatan tubuh manusia. Bahkan salah satu manfaat yang paling mengejutkan adalah bahwa sayur kol ini dapat mencegah kanker.

Ada 4 jenis sayur kol yang sering kita temui, dan manfaat masing-masing jenis sayur kol tersebut berbeda-beda pula. Ini 4 jenis sayur kol dan manfaatnya bagi tubuh seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/4/2019).

2 dari 4 halaman

Jenis-jenis Sayur Kol

1. Kubis Hijau

Kubis hijau ini merupakan jenis sayur kol yang paling sering kamu temui di kehidupan sehari-hari. Kubis hijau atau sayur kol hijau ini dapat dengan mudah kamu temukan di pedagang sayur, baik di pasar tradisional, pasar modern, ataupun tukang sayur keliling.

Biasanya saat ingin dimasak, lapisan terluar dari kol hijau ini akan dibuang karena lebih sering kotor dan layu. Kol hijau ini selain bisa dimasak juga bisa dimakan secara mentah.

2. Kubis Ungu

Kubis ungu ini memiliki kandungan vitamin c yang lebih tinggi daripada kubis hijau yang sering beredar di pasaran. Jenis kubis ungu ini lebih sering diolah menjadi salad.

3. Kubis Savoy

Pada bentuknya, sekilas kubis savoy tampak mirip dengan kubis hijau, hanya tekstur daun dari kubis savoy ini lebih berkerut.

Berbeda dengan kubis hijau dan kubis ungu, kubis savoy ini lebih terasa lembut saat dimakan. Kubis savoy ini juga lebih cocok untuk dijadikan olahan salad bersama jenis sayuran lain.

4. Kubis Napa

Kubis napa atau lebih dikenal dengan sayur sawi putih ini banyak yang tak menyangkanya masuk ke salah satu jenis sayur kol. Sawi putih merupakan salah satu jenis sayur kol karena susunan daunnya yang juga berlapis-lapis seperti sayur kol lainnya.

Namun, sayur sawi putih ini lebih sering diolah dengan ditumis atau direbus sebagai lalapan.

3 dari 4 halaman

Kandungan Sayur Kol

Sayur Kol memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk manusia. Tercatat dalam 100 gram sayur kol, terdapat 51 kalori energi, 8 gr karbohidrat, 2,5 gr protein, dan 3,4 gr serat.

Sedangkan untuk kandungan vitaminnya ada vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C.

Sedangkan untuk jumlah mineral yang terkandung dalam sayur kol di antaranya ada 100 mg kalsium, 50 mg fosfor, 3,4 mg besi, 50 mg natrium, dan 100 mg kalium.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sayur Kol untuk Kesehatan

Ternyata Sayur Kol ini memiliki manfaat manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Fungis-fungsi vital pada tubuh manusia dapat dioptimalkan dengan konsumsi sayur kol. Di antara manfaat manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat sayur kol yang pertama adalah melancarakan sistem pencernaan. Jenis serat yang terdapat dalam sayur kol ini menunjang kerja sistem pencernaan tubuh manusia.

Selain itu, serat tidak larut air juga dapat membantu melancarkan pergerakan kotoran di dalam usus, untuk mencegah terjadinya sembelit atau susah buang air besar.

2. Menjaga fungsi jantung

Manfaat sayur kol yang kedua yaitu menjaga fungsi jantung. Ternyata pemberi warna ungu kemerahaan pada kubis ungu berasal dari senyawa antioksidan bernama anthocyanin yang diyakini dapat menurunkan risiko kardiovaskular. Hal ini dibuktikan dalam penelitian yang ditulis dalam American Journal of Clinical Nutrition.

3. Mencegah kanker

Salah satu manfaat paling besar dalam konsumsi sayur kol adalah bisa mencegah kanker. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin c yang ada di dalam sayur kol atau kubis ini. Vitamin C ini sangat baik untuk  melindungi tubuh dari serangan radikal bebas pemicu berbagai penyakit, termasuk kanker.

Selain itu, sayur kol juga memiliki efek positif untuk menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh melalui senyawa sulforaphane yang dimilikinya.

4. Menurunkan tekanan darah

Kandungan kalium dalam sayur kol sangat penting untuk membantu mengendalikan tekanan darah. Kubis juga mengandung kandungan kalium yang cukup untuk kebutuhan tubuh manusia. Kandungan kalium pada kubis ungu dinilai paling tinggi dibanding kubis lainnya.