Sukses

6 Makanan ini Punya Kandungan Kalsium Lebih dari Segelas Susu

Liputan6.com, Jakarta Susu punya kandungan kalsium yang tinggi sebagai pembangun tulang. baru-baru ini kalsium telah terbukti membantu mengendalikan rasa lapar dan mengurangi lemak tubuh. Kalsium dikaitkan dengan mengurangi risiko diabetes tipe 2, tingkat tekanan darah yang sehat, dan mengurangi gejala PMS. 

Susu adalah sumber kaslium yang paling terkenal dan mungkin yang terbaik, karena beberapa penelitian menunjukkan sumber kalsium dari susu mungkin lebih efektif dalam membakar lemak.

Meski begitu tingkat kalsium tinggi juga dimiliki oleh beberapa bahan makanan. Bahkan kandungan kalsium yang dimiliki oleh makanan-makanan ini lebih tinggi dari segelas susu.

Ada 305 miligram kalsium dalam satu cangkir susu. Rata-rata orang dewasa harus mendapatkan sekitar 1.000 miligram kalsium per hari. Nah, untuk memenuhinya Anda dapat menambahkan makanan-makanan berkalisium tinggi. Berikut makanan yang memiliki tingkat kalisum lebih dari segelas susu yang berhasil Liputan6.com rangkum dari Reader's Diggest Selasa(2/4/2019):

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

Salmon

Tak hanya sumber protein, salmon juga kaya akan kalsium lebih dari segelas susu. Salmon baik yang dalam kondisi segar maupun kaleng keduanya memiliki lebih banyak kalsium dari yang Anda duga.

Satu porsi salmon segar enam ons mengandung sekitar 340 miligram kalsium. Jika Anda ingin lebih banyak kalsium, gunakan salmon kalengan karena porsi lima ons mengandung 350 miligram kalsium.

3 dari 8 halaman

Sarden

Sarden telah ada selama berabad-abad. Napoleon Bonaparte mulai mengalengkannya untuk memberi makan rakyatnya. Sarden diberi nama berdasarkan sebuah pulau di Italia karena melimpahnya ikan yang dapat ditemukan di sana.

Meskipun sarden dapat dinikmati dalam keadaan segar, ikan ini sangat mudah rusak. Inilah sebabnya sarden paling sering ditemukan kalengan. Makan tiga ons sarden akan memberi Anda 370 miligram kalsium. Selain itu, karena sarden adlaah ikan, makanan ini merupakan sumber asam lemak omega-3 dan vitamin D.

4 dari 8 halaman

Almond

Kacang almond dikemas dengan vitamin, mineral, protein, dan serat, dan dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan. Hanya dengan beberapa butir almond,sekitar 1 ons, mengandung seperdelapan dari kebutuhan protein harian.

Almond memang memiliki banyak manfaat. Salah satu yang utama adalah menjadi sumber kalsium yang bagus. Tiga perempat cangkir almond mengandung sekitar 320 miligram kalsium.

5 dari 8 halaman

Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah sumber kalsium yang bagus. Sayuran terutama sayuran hijau seperti bayam, daun sawi, bok choy, lobak hijau, dan kangkung membuat tubuh menyerapnya lebih baik daripada susu.

Dua cangkir lobak hijau mengandung sekitar 394 miligram kalsium, dan dua cangkir kubis mengandung 188 miligram. Jika Anda tidak suka memakan sayuran berdaun gelap ini di salad, cobalah mencampurkannya ke dalam smoothie atau menambahkannya ke dalam sandwich.

6 dari 8 halaman

Jus jeruk

Jus jeruk tak hanya menyegarkan dan kaya akan vitamin C melainkan sebagai sumber kalsium terbaik selain susu. Jus jeruk dinikmati di seluruh dunia. Secara alami jus jeruk tinggi nutrisi penting, seperti vitamin C dan kalium. Plus, varietas komersial sering diperkaya dengan kalsium dan vitamin D.

Segelas jus jeruk mengandung 350 miligram kalsium, cara sempurna bagi Anda yang tak doyan atau alergi susu. Pastikan untuk mengocok atau mengaduk jus sebelum Anda meminumnya karena terkadang kalsium dapat mengendap di bagian bawah.

7 dari 8 halaman

Oatmeal

Oat adalah salah satu biji-bijian tersehat di bumi. Mereka adalah gandum utuh bebas gluten dan sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang penting. Studi menunjukkan bahwa gandum dan oatmeal memiliki banyak manfaat kesehatan.

Ini termasuk penurunan berat badan, kadar gula darah yang lebih rendah dan penurunan risiko penyakit jantung.

Setengah cangkir oat kering mengandung sekitar 200 miligram kalsium. Untuk menambah lebih banyak kalsium, menambahkannya dengan secangkir susu almond akan menambah 300 hingga 400 miligram.

8 dari 8 halaman

Fakta Menarik tentang kalsium

Kalsium memiliki manfaat penting bagi tubuh. Berikut fakta-faktanya yang berhasil Liputan6.com lansir dari Healthline Selasa(2/4/2019)

Berperan dalam fungsi tubuh

Kalsium berperan dalam banyak fungsi dasar tubuh. Tubuh Anda membutuhkan kalsium untuk mengedarkan darah, menggerakkan otot, dan melepaskan hormon. Kalsium juga membantu membawa pesan dari otak Anda ke bagian lain dari tubuh Anda. Kalsium juga merupakan bagian utama dalam menjaga kesehatan gigi dan tulang juga.

Tubuh tidak menghasilkan kalsium

Tubuh Anda tidak menghasilkan kalsium, jadi Anda harus mengandalkan makanan berkalsium untuk mendapatkan kalsium yang Anda butuhkan.

Butuh vitamin D untuk menyerap kalsium

Tubuh membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium. Itu berarti Anda tidak akan mendapat manfaat penuh dari makanan kaya kalsium jika Anda kekurangan vitamin D. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari makanan tertentu, seperti salmon, kuning telur, dan beberapa jamur.

Kalsium sangat penting bagi wanita

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kalsium dapat meredakan gejala sindrom pramenstruasi (PMS). Studi ini menyimpulkan bahwa wanita dengan PMS memiliki asupan kalsium dan magnesium yang lebih rendah, dan kadar serum yang lebih rendah.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS