Sukses

5 Fakta Menarik Shazam!, Film Superhero DC yang Berbeda dari Biasanya

Fakta menarik film Shazam! ini adalah awal cerita yang membentuk Shazam sampai pada seperti ini.

Liputan6.com, Jakarta Film superhero terbaru dari DC, Shazam! mulai ditayangkan di bioskop Indonesia. Film yang dibintangi Zachary Levy ini, ternyata mendapat sambutan yang meriah dari kritikus film internasional.

Hari ini adalah jadwal penayangan secara serempak film DC Universe yang baru, yakni Shazam! di bioskop.

Dari film yang dirilis oleh DC sebelumnya, hampir semua film yang dirilis oleh DC dirasa sangat gelap secara tema. Namun Shazam ini hadir dengan cerita yang kocak. Banyak kritikus menilai Shazam! adalah tontonan superhero yang sangat menghibur dan sarat unsur komedi.

"Didukung oleh Zachary Levi yang tampil bak petasan dan sikap cuek layaknya Deadpool cilik, Shazam membawa ledakan dari komik yang tak tertahankan, dan bakal menerbitkan senyum di wajahmu yang sulit dilepas," tutur Peter Travers dari Rolling Stone.

Berikut 5 fakta menarik Shazam! yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (3/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5 Fakta Menarik Shazam

 

1. Awalnya Bernama Captain Marvel

Unik ya, dalam jeda satu bulan, ada dua Captain Marvel yang bakal tayang di bioskop. Loh kok bisa?

Ya, Carol Danvers bukan satu-satunya Captain Marvel yang datang ke layar lebar tahun ini. Jauh sebelum dipanggil Shazam, karakter ini bernama Captain Marvel dalam penampilan pertamanya di komik pada tahun 1939.

Namun, karakter itu keluar dari publikasi selama beberapa tahun dan pada saat dia kembali, Marvel Comics memiliki dan mematenkan nama Captain Marvel, jadilah namanya Shazam diadopsi.

 

2. Jalan Panjang menuju Layar Lebar

Penggemar Shazam akan ingat karakter kesayanganya ini mengalami kesulitan untuk sampai ke layar lebar.

Pembicaraan dimulai pada awal 2000-an. Beberapa penulis, sutradara, dan aktor yang terhubung dengan proyek selama bertahun-tahun, seperti William Goldman, Peter Segal, dan Dwayne Johnson. Namun, setiap kali proyek itu dimunculkan selalu menabrak ‘tembok’.

Akhirnya, setelah 19 tahun, Shazam akhirnya hadir di layar lebar. Bertepatan dengan zaman emas karakter komik di layar lebar.

 

 

3 dari 3 halaman

Fakta Menarik Shazam

3. Bukan Asli Lahir di DC

Meskipun merupakan salah satu karakter terkenal dari Komik DC, namun Shazam bukanlah asli dilahirkan dari publikasi DC Comics.

Adalah publikasi bernama Fawcett Comics yang menciptakannya. Saat itu ingin sekali membuat karakter untuk superhero sendiri untuk mengikuti jejak kesuksesan Superman. Dan Captain Marvel adalah jawaban untuk pesaing Man of Steel itu.

Namun, Captain Marvel mungkin agak terlalu mirip dengan Superman. Bisa ditebak DC Comics menuntut Fawcett karena pelanggaran hak cipta.

Fawcett Comics pun berhenti membuat Captain Marvel, sampai akhirnya DC Comics membeli hak cipta dan menggantinya menjadi Shazam.

 

4. Akronim Shazam

Dengan nama Captain Marvel diambil dari mereka, DC memiliki tugas yang tidak dapat disangkal untuk mencoba menjadikan Shazam nama yang tidak akan ditertawakan oleh penonton.

Awal kemunculannya, nama Shazam mendapatkan pro dan kontra, karena terdengar bodoh. Tapi sebetulnya tak sebodoh kedengarannya, karena “Shazam" memang memiliki arti yang sebenarnya sangat kuat.

"Shazam" mewakili enam dewa abadi yang memberi sang pahlawan kekuatannya: Solomon, Hercules, Atlas, Zeus, Achilles, dan Mercury.

 

5. Paling Kuat di DC Universe

Superman terlahir dari planet lain. Aquaman dan Wonder Woman berasal dari dunia lain kehidupan bumi. Namun, karakter yang satu ini adalah yang paling kuat di DC.

Kamu tentunya sudah bisa membayangkan kekuatan enam dewa yang disematkan kepada Billy Batson. Dari Solomon, Billy memiliki pengetahuan dan kecerdasan.

Dari sosok Hercules, ia memperoleh kekuatan seperti Superman, seperti menghancurkan baja hingga memindahkan planet. Stamina dari dewa Atlas sudah membuktikan bahwa ia kan jadi yang paling kuat jika bertarung dengan siapa pun.

Dari Zeus, ia memperoleh kekuatan untuk menahan semua serangan magis. Dari Achilles, ia berani dan tampil strategis. Terakhir, Mercury, ia memperoleh kecepatan manusia super, bahkan lebih cepat dari The Flash, koleganya di Justice League.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini