Sukses

5 Wisata Pasuruan yang Pas untuk Liburan, dari Pantai sampai Pegunungan

Liputan6.com, Jakarta Wisata Pasuruan bisa menjadi alternatif tempat berlibur ketika pergi ke Jawa Timur, atau sedang berada di dekat Surabaya. Pasuruan adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Kota Surabaya. 

Wilayah Pasuruan terbagi ke dalam dua pemerintahan, yaitu Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan. Wilayahnya berada di dataran rendah dan di kelilingi oleh beberapa pegunungan. Dikarenakan letak geografisnya, Pasuruan menjadi kawasan pertanian dan perdagangan sejak periode klasik Indonesia.

Wisata Pasuruan memiliki berbagai jenis, dari wisata alam, wisata pantai, wisata sejarah, hingga wisata kuliner dan belanja. Beberapa tempat wisata Pasuruan yang cukup terkenal dan sering dikunjungi wisatawan adalah Kawasan Wisata Gunung Bromo. Mungkin kamu tidak tahu bahwa ternyata sebagian wilayah Gunung Bromo juga berada di daerah Kabupaten Pasuruan.

Selain itu masih banyak wisata Pasuruan yang sangat menarik, seperti air terjun atau coban, beberapa pantai dengan pasir putih, taman, perkebunan, dan candi hingga peninggalan sejarah. Untuk lebih jelasnya, berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa informasi mengenai wisata Pasuruan yang cukup terkenal dan bisa kamu datangi, Rabu (3/4/2019). Yuk kunjungi wisata Pasuruan!

2 dari 6 halaman

1. Pesona Pantai di Pasuruan

Pasuruan memiliki beberapa pantai yang cukup menakjubkan. Beberapa pantai memiliki pasir putih dan ada juga pantai yang bisa digunakan untuk menyaksikan matahari tenggelam. Salah satu contoh pantai dengan hamparan pasir putih di Pasuruan adalah Pantai Penunggul.

Wisata Pasuruan satu ini menyajikan pemandangan laut dan pantai dengan pasir putih dan juga hutan bakau yang lokasinya berada di Desa Penunggul, Kecamatan Nguling, Kabupaten Pasuruan.

Kemudian ada juga Pantai Lekok. Di sini kamu bisa menikmati matahari terbenam saat sore hari yang kecantikannya tidak kalah dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Selain itu, di Pantai Lekok juga sering diadakan acara pertunjukan rakyat.

3 dari 6 halaman

2. Air Terjun atau Coban di Pasuruan

Dikarenakan wilayahnya berada di dataran tinggi dan pegunungan, maka tidak salah jika wisata Pasuruan juga terkenal dengan air terjun atau cobannya. Beberapa air terjun yang terkenal di Pasuruan adalah Air Terjun Coban Cemoro Gading, Air Terjun Sumber Nyonya, Air Terjun Kakek Bodo, Air Terjun Gumandar, Air Terjun Coban Baung, Air Terjun Rambut Moyo, Air Terjun Putuk Truno, Air Terjun Alap-alap, Air Terjun Tundo Pitu, dan masih banyak lagi.

Air terjun yang ada di Pasuruan ini tersebar di beberapa wilayah yang ada di Kabupaten Pasuruan. Semua air terjunnya memiliki keindahan masing-masing. Jika kamu pecinta air terjun, maka kamu harus mendatangi semua air terjun yang ada di Pasuruan.

4 dari 6 halaman

3. Candi di Pasuruan

Terdapat dua candi yang cukup terkenal di Pasuruan. Dua candi itu adalah Candi Jawi, Candi Belahan, dan Candi Gunung Gangsir. Candi Jawi adalah sebuah objek wisata pasuruan yang terkenal dan dibangun pada abad ke-13 yakni pada masa pemerintahan Kertanegara yang juga merupakan raja terakhir saat memerintah kerajaan Singasari. Lokasi dari Candi Jawi berada di Desa Tretes, Pandaan, Prigen, Jawa Timur.

Selanjutnya ada Candi Gunung Gangsir. Candi ini juga sering disebut dengan Candi Kebon. Lokasinya berada di Desa Kebon Candi, Gunung Gangsir, Beji, Pasuruan.

5 dari 6 halaman

4. Perkebunan di Pasuruan

Dikenal dengan perkebunan dan pertaniannya, banyak wisata Pasuruan yang menyuguhkan wisata perkebunan, alam dan juga wisata edukasi mengenai tanaman, buah-buahan hingga tanaman hias. Beberapa wisata perkebunan di Pasuruan yang terkenal adalah Kebun Raya Purwodadi, Perkebunan Apel Krisna, Condido Argo Herbal, Bukit Flora, dan masih banyak lagi.

Bukit Flora adalah wisata Pasuruan yang menyuguhkan berbagai macam jenis bunga dan tanaman yang indah dan pastinya bisa memanjakan mata. Jika kamu ingin melihat perkebunan bunga lainnya, kamu bisa mendatangi Condido Argo Herbal. Di sini juga terdapat berbagai jenis bunga yang menawan.

6 dari 6 halaman

5. Wisata Keluarga di Pasuruan

Selain wisata alam dan wisata sejarah, di Pasuruan juga terdapat wisata yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga hingga teman-temanmu. Beberapa wisata Pasuruan yang cocok dikunjungi bersama keluarga adalah Saygon Waterpark, Sawahe Pak Budi, The Taman Dayu, Alun-alun Pasuruan, Taman Pakuncen, dan masih banyak lagi.

Di The Taman Dayu kamu bisa melakukan kegiatan berupa outbond, camping, hingga bermain golf. The Taman Dayu terletak di Jalan Raya Surabaya-Malang Nomor 16, Karang Jati, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Jika kamu ingin berwisata air dan berenang, kamu juga bisa mengunjungi Saygon Waterpark yang berada di Desa Pucangsari, Sengon, Purwosari, Jawa Timur.

Beberapa wisata Pasuruan di atas bisa kamu kunjungi bersama keluarga, teman, hingga pasanganmu. Masih banyak lagi wisata yang ada di Pasuruan dan pastinya menarik dan wajib kamu kunjungi ketika berada di Pasuruan.

Loading