Sukses

Wisata Kuliner Cirebon yang Terkenal dengan Cita Rasa yang Tak Tertandingi

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Cirebon wajib kamu cicipi dan tidak akan kalah dengan kuliner-kuliner yang ada di daerah lain. Berbagai macam wisata kuliner Cirebon seperti Nasi Jamblang, Empal Gentong, Mie Koclok, dan masih banyak lagi harus kamu cicipi ketika berada di Cirebon.

Selain tempat wisata yang cukup banyak di Cirebon, ternyata kulinernya juga tidak kalah banyak. Seperti yang disebutkan di atas, dan masih banyak lagi wisata kuliner Cirebon yang menggugah selera dan menggoyang lidah penikmatnya.

Cirebon juga memiliki wisata kuliner yang khas dan jarang ditemui di luar daerah kecuali saat kamu berkunjung ke Cirebon. Kuliner-kulinernya juga bisa kamu temui di berbagai tempat khususnya di Cirebon. Dari pagi hari hingga malam hari, bahkan 24 jam, wisata kuliner Cirebon tidak akan pernah habis dan beragam pilihannya.

Untuk lebih lengkap apa saja wisata kuliner Cirebon yang sudah terkenal dengan cita rasa yang khas dan juga dapat menggugah selera, berikut ini Liputan6.com merangkum wisata kuliner Cirebon yang bisa kamu cicipi dari beberapa sumber, Rabu (3/4/2019). Yuk kunjungi wisata kuliner Cirebon!

2 dari 7 halaman

1. Nasi Jamblang

Wisata kuliner Cirebon yang pertama dan wajib hukumnya kamu cicipi saat berada di sini adalah Nasi Jamblang. Makanan khas Cirebon ini sudah tidak asing lagi bagi para wisatawan yang berkunjung ke Cirebon.

Nasi Jamblang adalah makanan yang terdiri dari nasi dengan beragam ikan, baik itu cumi-cumi hitam, gorengan otak sapi, kentang yang di sate, telur asin, dan beberapa lauk lainnya. Yang membedakan, Nasi Jamblang disuguhkan menggunakan alas daun jati. Daun jati inilah yang membuat aroma khas dan menambah kenikmatan Nasi Jamblang.

3 dari 7 halaman

2. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot juga merupakan kuliner khas Cirebon yang sudah cukup terkenal, bahkan sampai di luar daerah Cirebon. Tahu Gejrot sendiri dibuat dari tahu pong atau tahu kosong yang dipotong-potong kecil, kemudian diguyur dengan kuah cuka dan kombinasi cabai dan bumbu-bumbu lainnya.

Tahu Gejrot sangat khas dengan rasanya yang asam manis pedas. Jika kamu ingin menikmati Tahu Gejrot, tidak perlu susah-susah untuk mencarinya karena Tahu Gejrot banyak dijual di jalan-jalan Cirebon, pasar, tempat wisata, hingga di sentra oleh-oleh khas Cirebon.

4 dari 7 halaman

3. Empal Gentong

Empal Gentong adalah kuliner Cirebon yang terbuat dari potongan daging dengan beberapa jeroan sapi yang direbus dengan bumbu khas di dalam sebuah gentong. Rasa dari Empal Gentong adalah gurih sedikit pedas dengan campuran rempah-rempah dan bumbu yang khas.

Aroma dari kuah Empal Gentong juga sangat khas dan siapapun yang menciumnya akan tergoda. Empal Gentong cukup mudah ditemukan di sepanjang Jalan Raya Plered, Cirebon. Kamu bisa menikmati Empal Gentong untuk sarapan hingga makan malam.

5 dari 7 halaman

4. Empal Asam

Wisata kuliner Cirebon yang satu ini cukup mirip dengan Empal Gentong. Bedanya Empal Asam dan Empal Gentong adalah pada kuahnya. Empal Asam memiliki kuah yang bening, sedangkan Empal Gentong memiliki kuah yang lebih kuning karena campuran santan dan rempah. Bahan utama Empal Asam adalah kaldu dan belimbing wuluh. Sudah kebayangkan rasanya Empal Asam?

Empal Asam memiliki rasa yang cukup asam tapi segar karena perpaduan kaldu dan belimbing wuluhnya. Belimbing wuluh inilah yang membuat Empal Asam memiliki rasa yang cukup asam. Namun jangan khawatir dengan rasanya. Empal Asam juga sangat cocok dinikmati untuk sarapan, hingga makan malam.

6 dari 7 halaman

5. Docang

Wisata kuliner cirebon berikutnya adalah Docang. Docang adalah makanan khas Cirebon dengan bahan lontong, dicampur daun singkong, tauge, parutan kelapa, kerupuk, dan sambal docang yang khas. Setelah itu campuran-campuran di atas di siram dengan kuah panas yang sudah diolah dan dibumbui dengan rempah-rempah pilihan dan tempe oncom.

Docang memiliki rasa yang gurih, segar, dan rasa pedas dari sambalnya. Sama seperti kuliner Cirebon sebelumnya, Docang bisa dinikmati untuk sarapan hingga makan malam.

7 dari 7 halaman

6. Nasi Lengko

Ciri khas utama dari Nasi Lengko adalah pada daun kucai yang ditaburi di atas nasi. Kemudian Nasi Lengko juga akan ditambah kecap lokal yang khas dengan rasa yang menakjubkan. Selain itu, Nasi Lengko juga dilengkapi dengan potongan gorengan tahu, tempe, dan ditambah dengan potongan timun. Nasi Lengko juga akan lebih nikmat ketika ditambah sambal kacang dan kerupuk.

Jika masih kurang, kamu juga bisa menambahkan sate kambing untuk lauknya. Sudah kebayang betapa enaknya kuliner Cirebon yang satu ini?

Beberapa kuliner di atas adalah sebagian dari wisata kuliner Cirebon yang cukup terkenal dan wajib kamu cicipi. Masih banyak kuliner lainnya yang juga menarik, dan tidak kalah nikmat. Jika kamu ke Cirebon, luangkanlah waktu untuk mencicipi salah satu wisata kuliner Cirebon.

Loading