Sukses

7 Bagian Tubuh yang Penting Namun Sering Diremehkan

Bagian tubuh ini cukup terlihat tapi tidak banyak yang mengetahui fungsinya.

Liputan6.com, Jakarta Manusia memiliki bagian tubuh yang beragam dari kepala hingga kaki. Setiap bagiannya memiliki fungsi masing-masing dan saling berkaitan.

Jika saja salah satu dari bagian tubuh tidak ada atau tidak berfungsi, maka untuk melakukan aktivitas pasti akan sulit dan terganggu. Manusia diciptakan sangat sempurna oleh Tuhan. Seluruh bagian tubuh sangat penting dan sudah pas untuk manusia. 

 

Namun ternyata tidak semua bagian tubuh sudah diketahui manfaatnya secara jelas. Terkadang bagian tubuh ini juga sering dilupakan dan diacuhkan.

Beberapa bagian tubuh ini tidak terlalu kamu pikirkan fungsinya. Atau bahkan menganggapnya sebagai pelengkap atau bagian dari penyempurna penampilan saja.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum dari berbagai sumber tentang bagian tubuh yang jarang diperhatikan namun sangat berfungsi bagi tubuh manusia, Rabu (3/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagian Tubuh yang Penting Namun Sering Diremehkan

1. Tragus dan Antitragus pada Daun Telinga

Daun telinga adalah bagian telinga yang berada dekat dengan kepala. Fungsi utama dari daun telinga adalah untuk mengumpulkan suara.

Selain itu, daun telinga juga dapat memperbesar suara dan mengarahkannya ke saluran telinga. Sedangkan tragus adalah bagian kecil dari telinga yang juga penting.

Tragus menguatkan suara yang datang dari belakang kepala dengan mengirimkan getaran melalui tulang rawan menuju saluran telinga. Antitragus juga sama fungsinya dengan tragus. Antitragus juga berfungsi untuk menguatkan suara yang datang, namun dari depan kepala.

2. Glabella

Glabella ada bagian tubuh yang berada di daerah antara alis dan di atas hidung. Glabella sering digunakan dokter untuk mengukur turgo kulit atau derajat elastisitas kulit pada pasien yang mengalami dehidrasi. Selain itu glabella juga sering digunakan untuk mengukur tingkat refleks dari saraf.

3. Frenulum

Frenulum adalah sebuah lipatan kecil yang berada di rongga bibir atas dan lidah bagian bawah. Frenulum berfungsi untuk menompang bibir atas dan juga lidah. Frenulum juga berfungsi untuk mengendalikan arah gerakan lidah.

4. Kutikula Kuku

Kutikula kuku adalah lapisan kulit yang tebal dan mengeras di dasar kuku. Fungsi utamanya adalah untuk melindungi dari infeksi kuku, karena jaringan kuku baru akan terus-menerus terbentuk tepat dibawahnya. Kutikula kuku sebaiknya jangan dipotong karena dapat membuat bakteri mudah masuk dan menyebabkan kuku terinfeksi.

3 dari 3 halaman

Bagian Tubuh yang Penting Namun Sering Diremehkan

5. Filtrum

Filtrum adalah lekukan vertikal di bagian tengah bibir atas, yang umumnya terdapat pada sebagian besar mamalia. Filtrum pada kebanyakan mamalia adalah alur sempit yang mampu membawa uap air dari mulut ke rhinarium atau bantalan hidung melalui kapiler untuk menjaga hidung agar tetap basah.

Bantalan hidung yang basah mampu memerangkap partikel bau dengan lebih baik dibandingkan jika dalam kondisi kering, sehingga membantu dalam meningkatkan fungsi penciuman. Pada manusia dan kebanyakan primata, filtrum terletak memanjang di antara hidung dan bibir atas.

6. Jempol Kaki

Jempol kaki sangat berfungsi untuk manusia, karena bentuk dan lokasinya ini yang memungkinkan manusia berdiri tegak dalam waktu yang lama. Ukuran dan bentuknya juga membuat manusia dapat menahan banyak beban tanpa menyebabkan rasa sakit.

7. Tulang Hyoid

Tulang hyoid atau hyoid bone adalah tulang yang berbentuk mirip tapal kuda yang terletak di sekitar leher antara dagu dan kartilage thyroid. Tulang ini unik karena menjadi satu-satunya tulang di tubuh manusia yang tidak terhubung langsung ke tulang lainnya. Fungsinya untuk membantu gerakan lidah dan dalam menelan.

7 bagian tubuh di atas adalah bagian tubuh yang sering kita lewatkan dan mungkin kita tidak ketahui nama dan fungsinya. Setelah kamu mengetahui nama dan fungsinya, alangkah baiknya untuk menjaganya dan juga menghindarkannya dari cedera yang bisa berbahaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini