Sukses

10 Wisata Karanganyar dengan Alam yang Indah, Perbukitan hingga Air Terjun

Liputan6.com, Jakarta Wisata Karanganyar merupakan salah satu alternatif untuk berlibur bagi warga Jawa Tengah dan sekitarnya. Ya, Karanganyar merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang udaranya terkenal sejuk.

Selain itu, Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi yang memiliki segudang tempat atau objek wisata yang terdapat di setiap daerah dan banyak menarik perhatian para wisatawan.

Baik itu wisatawan asing maupun wisatawan dalam negeri. Jawa Tengah terdiri dari kabupaten dan 6 kota, hampir di setiap kabupaten memiliki tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi pada saat liburan tiba. Salah satu kabupaten yang memiliki tempat wisata menarik untuk dikunjungi yaitu kabupaten Karanganyar.

Kabupaten ini berlokasi dekat dengan kota Surakarta atau yang dikenal dengan kota Solo. Wisata Karanganyar memiliki keindahan alam yang luar biasa karena hampir sebagian wilayahnya terletak pada lereng Gunung Merapi, hal ini yang menyebabkan kondisi alamnya sangat segar. Selain kondisi alam yang segar, Karanganyar juga terkenal dengan tanaman hiasnya.

Nah, buat Anda yang ingin menikmati keindahan alam Karanganyar, bisa coba mengunjungi beberapa tempat wisata Karanganyar. Berikut Liputan6.com, Rabu (3/4/2019) telah mengulas beberapa tempat wisata Karanganyar yang wajib dikunjungi.

2 dari 4 halaman

Wisata Perbukitan di Karanganyar

Candi Cetho

Wisata Karanganyar yang sudah cukup terkenal adalah Candi Cetho. Objek wisata ini cukup menarik wisatawan untuk pergi bertamasya ke sini.

Merupakan sebuah candi peninggalan Hindu pada saat masa kejayaan kerajaan Majapahit. Di sini Anda akan menemukan keunikan serta keunggulan tersendiri dibandingkan dengan candi-candi lainnya.

Candi Cetho ini terletak di dusun Cetho, tepatnya di desa Gumeng, Kecamatan jenawi, Kabupaten Karanganyar. Di lokasi yang sama, Anda juga akan menemui petilasan Ki Ageng Krinciwesi yang menjadi ikon dari leluhur desa Cetho ini.

Agrowisata Sondokoro

Kalau Anda sedang berada di Kota Karanganyar, sempatkan untuk berkunjung ke tempat wisata ini. Wisata Karanganyar yang satu ini menyediakan berbagai fasilitas permainan yang dapat dinikmati oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Di sini, terdapat sebuah kereta tua yang bisa dinaiki untuk mengelilingi kawasan agrowisata Sondokoro. Selain itu, Anda juga bisa menikmati aneka wahana bermain lainnya seperti flying fox, waterboom, dan lain sebagainya.

Museum Purbakala Dayu

Kalau Anda ingin melihat bagaimana kehidupan manusia puba pada zaman dahulu kala, wisata Karanganyar yang satu ini bisa dijadikan pilihan. Museum ini terletak di desa Dayu, Kecamatan Kondangrejo, Karanganyar. Di lahan seluas 10.500 m2 ini Anda bisa belajar dan mengenal seputar sejarah manusia purba.

3 dari 4 halaman

Wisata Alam yang Cocok untuk Keluarga

Kebun Teh Kemuning

Wisata Karanganyar menarik untuk dikunjungi karena hamparan pohon teh yang tertata rapi dengan suasana alam yang menyegarkan. Wisata alam ini cocok dipilih bagi Anda yang ingin merefresh kembali pikiran dari segala macam kegiatan yang telah dijalankan.

Tidak hanya menikmati hamparan hijaunya pohon teh, di sini Anda juga bisa merasakan olahraga ekstrem seperti paralayang yang berada di sebuah bukit dekat kebun teh. Letaknya di bukit paralayang desa Segoro, Kemuning, Karanganyar.

Lokasi perkebunan ini berdekatan denga beberapa komplek objek wisata Karanganyar lainnya seperti candi dan air terjun. Sehingga menjadikan rute perjalanan ini pas untuk dikunjungi satu-satu dalam satu waktu. Nikmati keindahan alam dari ketinggian dengan berwisata di komplek ini.

Kebun Stroberi Tawangmangu

Di wisata Karanganyar ini, Anda bisa menikmati stroberi langsung dari perkebunannya. Terletak di kecamatan Tawangmangu, Anda bisa memetik buah stroberi sendiri lalu memakannya langsung.

Selain itu, kebun yang berdiri di lahan seluas 2000 m2 ini juga memiliki latar belakang perbukitan yang indah, sehingga pengunjung bisa merasakan enaknya stroberri sambil menikmati pemandangan atau bahkan berswafoto.

4 dari 4 halaman

Wisata Air di Karanganyar

Air Terjun Jomog

Wisata Karanganyar ini masuk ke dalam tempat wisata yang dikelola baik oleh pemerintah setempat. Sebelum dikelola dan diberi fasilitas seperti sekarang ini, belum banyak orang yang mengetahui lokasi air terjun ini.

Namun setelah air terjun ini dikelola dengan baik dan diberi fasilitas yang memadai, menjadikan kompleks air terjun ini menjadi nyaman, bersih, dan menyenangkan.

Akses untuk menuju air terjun ini juga sudah mudah. Anda hanya perlu menuruni anak tangga yang tidak terlalu banyak, serta perlu melewati jembatan. Di sini Anda akan disuguhkan dengan kesejukan dari lereng Gunung Lawu yang sangat terasa dan membuat hati menjadi tenang.

Grojokan Sewu

Wisata Karanganyar ini merupakan air terjun yang terletak di Tawangmangu. Dinamakan Grojokan Sewu karena tinggi air terjun ini mencapai kurang lebih 1000 pecak kaki.

Pecak di sini artinya adalah telapak kaki, yang jika diukur memakai telapak kaki, air terjun ini mencapai 1000 pecak (telapak kaki). Namun sebenarnya tinggi dari air terjun ini kurang lebih hanya 80 meter.

Wisata Tubing Goasari Ngargoyoso

Kalau Anda ingin sedikit mengadu adrenalin dengan berwisata air, maka wisata Tubing Goasari Ngargoyoso ini sangat tepat dijadikan pilihan. Wisata Karanganyar ini merupakan tempat untuk melakukan rafting dengan menyusuri sungai di antara tebing. Untuk melakukan rafting ini, Anda akan dilengkapi dengan peralatan yang tentunya sangat aman dan sesuai dengan standar.

Di sini Anda kan disuguhkan jernihnya air dan tentunya akan memberikan nuansa sangat segar dan menyenangkan.

Air Terjun Pringgodani

Wisata Karanganyar yang satu ini masih belum banyak diketahui oleh orang. Karena memang lokasi ini masih belum dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Namun buat Anda yang ingin berkunjung ke sini, tetap masih bisa. Karena letaknya juga mudah dijangkau. Ya, letak air terjun dengan ketinggian 100 meter ini belokasi di Blumbangan. Di mana hanya berjarak 5 kilometer dari terminal Karanganyar.

Telaga Madirda

Keindahan alam Karanganyar lainnya dapat Anda nikmati dengan mengunjungi Telaga Madirda. Benar saja, di sini Anda akan disuguhkan dengan keindahan alamnya yang hanya dapat ditemui di kabupaten ini.

Wisata Karanganyar yang satu ini letaknya berada di Ngargoyoso, Karanganyar. Akses untuk menuju ke lokasi ini hanya bisa dilewati dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak kecil.

 

 

 

Loading