Sukses

6 Manfaat Markisa Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bantu Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Markisa termasuk salah satu buah yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Hal ini karena ragam manfaat Markisa untuk tubuh. Beberapa produsen minuman seperti sirup dan minuman kemasan, memanfaatkan markisa sebagai produk unggulannya.

Selain karena manfaat Markisa yang cukup banyak, hal ini juga tidak lepas dari rasanya yang sangat khas. Buah yang memanfaatkan bijinya untuk dikonsumsi ini, memiliki rasa asam dan berpadu dengan rasa manis yang tentunya memberikan sensasi yang sangat menyegarkan.

Buah markisa yang sering dilihat di Indonesia adalah buah markisa ungu dan buah markisa kuning. Biasanya buah markisa ungu lebih enak dan aromanya lebih wangi daripada markisa kuning. Sedangkan markisa kuning rasanya lebih asam dibandingkan dengan markisa ungu.

Markisa merupakan buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan karena memiliki banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan tubuh kamu. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/4/2019) ragam manfaat Markisa bagi kesehatan.

2 dari 7 halaman

1. Sumber Serat

Buah markisa mempunyai kandungan serat yang tinggi. Satu buah markisa mengandung serat larut sekitar 2 gram. Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, sehingga saluran pencernaan seperti usus jadi bersih dan terhindar dari sembelit. Selain itu, manfaat markisa juga bisa dijadikan obat pencahar ringan.

Banyak orang yang lebih suka mengonsumsi markisa dalam bentuk jus, padahal bila dimakan secara langsung akan memberikan gizi tambahan buat kamu. Karena kandungan markisa tanpa biji akan menurunkan seratnya menjadi 0,5 gram per cangkir dan jumlah protein turun di bawah 1 gram.

3 dari 7 halaman

2. Mengandung Banyak Antioksidan

Dalam melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas, tubuh membutuhkan antioksidan.  Nah, markisa mengandung banyak antioksidan tersebut. Tidak hanya itu, manfaat markisa juga kaya akan vitamin C, beta-karoten, dan polifenol yang berfungsi untuk melindungi tubuh agar terhindar dari peradangan kronis, penyakit jantung dan kanker

Dengan konsumsi satu markisa dalam sehari, maka kamu telah mencukupi kebutuhan vitamin c untuk tubuhmu selama sehari tersebut. Selain itu, mengonsumsi markisa mampu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan mencegah penuaan dini.

4 dari 7 halaman

3. Mencegah Infeksi

Dengan kandungan vitamin C yang memiliki antioksidan dalam buah markisa ini, dapat membantu tubuh mencegah dan melawan penyakit serta infeksi.

Selain itu, manfaat Markisa juga dapat mempercepat penyembuhan luka dengan melakukan perbaikan jaringan tubuh.

5 dari 7 halaman

4. Membantu Tidur Nyenyak dan Mengatasi Insomnia

Manfaat jus markisa memiliki efek menenangkan saraf sehingga mampu merelaksasikan pikiran Anda. Hal semacam ini tentunya sangat membantu para penderita insomnia atau mereka yang tidak bisa tidur pulas.

Oleh karenanya, segelas jus markisa sebelum tidur bisa membuat para penderita insomnia tidur lebih nyenyak. Hal ini sangat berguna bagi kamu yang selalu kesulitan untuk tidur pada malam hari.

6 dari 7 halaman

5. Meredakan Asma

Manfaat markisa lainnya bisa meredakan serangan asma. Pasalnya, markisa mengandung vitamin C yang membantu dalam memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma.

Hal ini membuktikan bahwa kandungan vitamin C di dalam buah markisa sangatlah bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Penelitian terbaru telah menunjukkan jika buah markisa adalah obat mujarab untuk para penderita asma.

7 dari 7 halaman

6. Menurunkan berat badan

Rendahnya kalori dari Buah markisa, yaitu 97 kalori per 100 gram, membuatnya dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain itu, buah markisa juga kaya akan karbohidrat dan gula alami, yang memmbuatnya mampu menurunkan kolesterol dan mempercepat proses pemulihan tubuh dengan memenuhi asupan energi akibat berolahraga.