Sukses

7 Wisata Banjarmasin, Mulai dari Wisata Alam hingga Pasar Terapung

Liputan6.com, Jakarta Berbagai macam wisata Banjarmasin terutama wisata alamnya, memiliki pemandangan yang menakjubkan dan memanjakan mata. Selain itu, di Banjarmasin juga banyak tempat wisata yang unik, menarik, dan pastinya bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi saat berada di sana.

Banjarmasin adalah sebuah kota di provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia. Kota yang memiliki julukan seribu sungai ini memiliki luas sekitar 98,46 kilometer persegi dan wilayahnya memiliki beberapa pulau kecil yang dipisahkan oleh sungai-sungai. Beberapa pulau itu di Banjarmasin antara lain adalah Pulau tatas, Pulau Kelayan, Pulau Rantauan Keliling, Pulau Insan, dan masih banyak lagi.

Letak geografisnya yang sebagian besar digenangi air sungai, membuat wisata Banjarmasin banyak yang berada di sungai dan tepian sungai. Salah satu yang menarik di wisata Banjarmasin adalah pasar terapung, berbagai wisata pulau, dan masih banyak lagi. Sungai juga menjadi wadah aktivitas utama masyarakat di sana.

Selain wisata Banjarmasin banyak menyuguhkan pemandangan alam dan wisata sungai, di Banjarmasin juga terdapat beberapa wisata sejarah, dari bangunan tua hingga peninggalan-peninggalan begas jajahan pada jaman dulu.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa informasi mengenai wisata Banjarmasin yang bisa kamu kunjungi dan nikmati saat berada di sana, Kamis (4/4/2019).

2 dari 8 halaman

1. Pasar Terapung

Wisata Banjarmasin yang pertama adalah pasar terapung. Pasar terapung di Banjarmasin sudah terkenal dan menjadi salah satu ikon andalan wisata Banjarmasin. Jika pasar pada umumnya berada di atas tanah, berbeda di Banjarmasin. Pasar di Banjarmasin ini terapung di atas air sungai dan dijual di atas kapal-kapal kecil.

Pasar terapung ini merupakan salah satu pasar tradisional yang sudah ada sejak jaman penjajahan hingga sampai saat ini masih beroprasi untuk mendukung perekonomian masyarakat dan untuk objek wisata. Aneka sayur, buah serta barang kebutuhan pokok lain dijual di atas perahu.

3 dari 8 halaman

2. Pulau Kembang

Pulau Kembang adalah wisata Banjarmasin selanjutnya yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga dan juga teman-temanmu. Lokasinya berada di Delta Sungai Barito. Pulau Kembang adalah sebuah pulau kecil di tengah sungai. Hal yang menarik dari sungai ini adalah terdapat sarang kera ekor panjang, beberapa jenis burung, dan masih banyak lagi.

Pulau Kembang juga menjadi kawasan hutan wisata yang ada di Banjarmasin. Wisata Banjarmasin yang satu ini selain unik karena terdapat banyak kera ekor panjang, juga sering digunakan untuk tempat melaksanakan adat yang ada di sana.

4 dari 8 halaman

3. Jembatan Barito

Jembatan Barito yang berada di Banjarmasin ini memiliki panjang kurang lebih 1 kilometer yang menghubungkan sisi barat dan sisi timur Sungai Barito. Jika kamu ingin ke Jempatan Barito, datanglah pada saat sore hari, karena pemandangan matahari terbenam di sana sangat menawan dan memukau.

Jembatan Barito juga tidak pernah sepi dikunjungi oleh wisatawan. Di sepanjang Sungai Barito di dekat jembatannya terdapat berbagai macam wisata kuliner khas Banjarmasin, yang siap dijajakan dan mengisi perut lapar dan menggoyang lidahmu.

5 dari 8 halaman

4. Pulau Birah-birahan

Wisata Banjarmasin yang satu ini terkenal dengan keindahan pantainya. Di sini kamu bisa menikmati pantai penuh ganggang, pantai tebing batu, dan terumbu karang. Pasir putih yang ada di Pulau Birah-birahan juga menambah keeksotikan pantai yang ada di sana.

Jika kamu beruntung, kamu juga bisa melihat lumba-lumba yang berenang di alam bebas. Untuk menuju ke Pulau Birah-birahan, kamu memerlukan perjuangan ekstra karena harus menyeberang dari Dermaga Kenyamukan dengan perahu nelayan selam kurang lebih 8 jam.

6 dari 8 halaman

5. Pantai Joras

Pantai Joras terletak di Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Banjarmasin. Pantai Joras adalah wisata Banjarmasin yang cocok untuk kamu kunjungi sebagai tempat untuk bersantai karena tergolong masih belum terlalu ramai pengunjungnya.

Di Pantai Joras juga terdapat hamparan pasir putih yang memukau dan indah. Selain itu, terdapat mercusuar yang bisa kamu naiki. Kamu juga bisa bermain air dan berenang di Pantai Joras karena ombak yang tidak terlalu besar dan tenang.

7 dari 8 halaman

6. Danau Biru Pangaron

Banjarmasin ternyata juga memiliki danau dengan air yang berwarna biru. Danau ini merupakan bekas tambang pasir yang kini menjadi destinasi wisata baru yang juga banyak pengunjungnya.

Lokasi tepatnya berada du Desa Sungkai, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar sekitar 100 kilometer dari Banjarmasin. Di kawasan danau ini kamu bisa menemukan tebing kapur putih yang menakjubkan dan pemandangan sekitar yang masih asri dan layak sekali kamu kunjungi.

8 dari 8 halaman

7. Pasar Intan Martapura

Setelah sibuk dengan wisata Banjarmasin, pastinya tidak lengkap jika tidak membeli oleh-oleh khas Banjarmasin. Pasar Intan Martapura bisa menjadi destinasi menarik untuk kamu kunjungi, karena di sini kamu bisa membeli berbagai macam oleh-oleh khas Banjarmasin seperti batu intan, kalung, gelang, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.

Beberapa tempat di atas hanyalah segelintir wisata Banjarmasin yang bisa kamu kunjungi saat berada di sana. Masih banyak lagi tempat-tempat yang menarik di Banjarmasin dan pastinya kamu tidak akan menyesal ketika datang kesana.