Sukses

Desain Uang Rupiah Lawas Ini Keren Banget, Kamu Suka yang Mana?

Rupiah pada tahun 1960an memiliki desain yang simpel dan apik.

Liputan6.com, Jakarta Seiring perkembangan kehidupan manusia, sistem barter atau tukar menukar barang sudah sangat lama ditinggalkan, selanjutnya diganti dengan uang. Uang digunakan sebagai alat tukar atau alat pembayaran yang sah. Dengan alat pembayaran yang sah, maka orang hanya perlu menukarkan sejumlah uang untuk membeli kebutuhan yang mereka inginkan.

Di Indonesia, uang yang ada pada zaman dahulu sampai sekarang mempunyai banyak sekali perbedaan, karena pada zaman dahulu terdapat berbagai macam uang yang dikeluarkan oleh Belanda, Jepang dan Indonsia sendiri yang digunakan untuk bertransaksi meski penggunaannya dalam periode waktu yang berbeda.

Hingga akhirnya, pada Desember 1951 uang rupiah dinyatakan alat pembayaran yang berlaku di Indonesia. Mata uang inilah yang terus berkembang menjadi alat pembayaran yang diterima hingga kini. Dalam perjalanannya, desain uang rupiah terus mengalami perubahan.

Ada desain uang rupiah yang menarik, yaitu pada tahun 1960an. Desain uang rupiah ini adalah pecahan nominal sen yang baru-baru ini hangat diperbincangkan karena diunggah oleh akun Twitter @kenturama pada Selasa (2/4/2019). Meski memiliki desain yang simpel, namun desain uang rupiah ini sangat apik.

Berikut penampakan gambar desain uang rupiah dengan pecahan nominal sen pada tahun 1960an yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (4/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rupiah dengan Pecahan Sen Pada Tahun 1964

1. Pecahan Rupiah 1 Sen

2. Pecahan Rupiah 5 Sen

3. Pecahan Rupiah 10 Sen

3 dari 3 halaman

Desain uang Rupiah dengan Pecahan Sen Pada Tahun 1964

4. Pecahan Rupiah 25 Sen

5. Pecahan Rupiah 50 Sen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini