Sukses

Tak Perlu Panik, Ini Cara Mudah Kembalikan Data yang Terhapus di Flashdisk

Cara mudah mengembalikan data yang hilang di falshdisk.

Liputan6.com, Jakarta Barang-barang elektronik yang mampu menyimpan file, pasti rentan mengalami rusak dan error. Beberapa contoh barang elektronik penyimpanan file ini adalah komputer, laptop, harddisk, flashdisk, dan lain sebagainya. Ya, pasti Anda sudah tidak heran lagi kan dengan terjadinya kerusakan atau bahakan error pada barang elektronik Anda.

Nah, salah satu barang yang sangat rentan mengalami kerusakan dan error ini adalah flashdisk. Hampir semua orang memiliki benda kecil yang bisa menyimpan banyak data atau file ini. Flashdisk banyak digunakan oleh para pekerja kantoran atau bahkan pelajar. Karena memang mereka ini yang memiliki banyak keperluan dalam hal menyimpan data atau file.

Biasanya flashdisk dijadikan tempat penyimpanan sementara file berupa dokumen soft file, video, musik, dan lain sebagainya yang telah atau ingin dipindahkan dari atau ke komputer atau laptop. Oleh karena itu, Anda perlu menjaga kesehatan flashdisk dengan rutin, seperti melakukan scan virus dan malware untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Seperti yang dijelaskan di atas tadi, kalau flashdisk juga sangat rentan mengalami kerusakan. Banyak sekali jenis kerusakan yang bisa terjadi pada flashdisk ini, Kerusakan yang biasa terjadi seperti file yang rusak, komponen flashdisk yang rusak, file hilang, dan masih banyak penyebab kerusakan lainnya. Penyebab kerusakannya pun juga beraneka ragam, ada yang rusak karena malware, antivirus, dan lain sebagainya.

Namun bagaimana kalau flashdisk Anda sudah terlanjur rusak dan semua filenya menjadi hilang? Memang masih menjadi permasalahan yang yang masih belum diketahui solusinya. Tapi sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, saat ini sudah ada beberapa cara yang diketahui mampu mengembalikan file yang hilang di flashdisk. Berikut Liputan6.com, Kamis (4/4/2019) telah mengulas dari berbagai sumber, cara mengembalikan data yang hilang di flashdisk.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengembalikan Data yang Hilang di Flashdisk

Memang, pada perangkat falshdisk sendiri tidak memiliki pengaturan khusus untuk bisa mengembalikan data yang sudah hilang. Oleh karena itu, di sini Anda perlu menyiapkan beberapa perangkat pihak ketiga untuk membantu mengembalikan data yang hilang.

3 dari 3 halaman

Software Recuva

Melalui software ini, Anda akan dibantu untuk mencari file yang ingin diselamatkan dan menampilkan hasilnya denga n sangat detail. Begini caranya:

- Masukkan flashdisk Anda ke komputer atau laptop.

- Download software Recuva di situs resminya atau bisa juga mendownload software yang sudah di crack.

- Kemudian install software tersebut.

- Setelah install, buka software. Pada bagian awalnya, Anda akan disuguhi dengan jenis file apa yang ingin dikembalikan. Di sini aka nada banyak file, pilih ‘All Files’. Kemudian klik ‘Next’.

- Pada pilihan ‘File Location’, pilih ‘In A Spesific Location’ > ‘Browse’ dan pilih ‘Drive USB Flashdisk’ kemudian klik 'Next'.

- Pada tampilan selanjutnya, centang pilihan ‘Enable Deep Scan’, setelah itu klik ‘Start’.

- Tunggu beberapa saat hingga software Recuva ini melakukan scan pada flashdisk.

- Jika sudah selesai, maka akan tampil file berwarna hijau, kuning, dan merah. File hijau berarti bisa dikembalikan lagi, kuning berarti bisa dikembalikan namun kemungkinan file rusak, dan merah berarti file sudah tidak bisa dikembalikan lagi.

- Untuk mengembalikan file, centang pada kotak yang sudah disediakan, kemudian klik ‘Recover’.

Perlu diketahui bahwa, tidak semua file yang sudah terhapus bisa dikembalikan secara sempurna. Terdapat file yang bisa dikembalikan namun rusak, ada juga yang tidak bisa dikembalikan sama sekali. Untuk memperbesar peluang keberhasilan ini, pastikan Anda untuk segera mungkin melakukan recovery sesaat setelah menyadari file tersebit hilang.

Hal ini karena jika sector tempat penyimpanan file yang hilang tersebut terisi dengan file lain, maka peluang untuk bisa dikembalikan sangat kecil. Jadi, perlu dipastikan untuk sesegera mungkin melakukan recovery dengan cara di atas, saat sadar file Anda hilang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini