Sukses

4 Fakta Kesaksian Nanik S Deyang di Persidangan Ratna Sarumpaet

Kesaksian Nanik S Deyang dalam persidangan dibantah oleh Ratna Sarumpaet.

Liputan6.com, Jakarta Jaksa penuntut Umum menghadirkan empat orang saksi di sidang lanjutan kasus penyebaran berita bohong atau hoaks yang melibatkan terdakwa Ratna Sarumpaet. Salah satunya adalah Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Nanik S Deyang. Sidang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (2/4/2019).

Dalam persidangan tersebut, terdakwa Ratna Sarumpaet bersitegang Nanik S Deyang. Ratna tidak terima dengan keterangan yang disampaikan Nanik saat bersaksi di persidangan.

Nanik S Deyang dihadirkan sebagai saksi atas kasus penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet. 

Berikut rangkuman fakta kesaksian Nanik S Deyang di persidangan Ratna Sarumpaet yang Liputan6.com himpun dari berbagai sumber, Kamis (4/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta Kesaksian Nanik S Deyang

1. Nanik S Deyang merupakan salah satu saksi.

Sidang lanjutan kasus dugaan penyebaran hoaks Ratna Sarumpaetkembali digelar hari ini, Selasa (2/4/2019). Sidang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Pada sidang Ratna Sarumpaet kali ini, Jaksa penuntut Umum menghadirkan empat orang saksi. Mereka adalah Waketum BPN Prabowo-Sandi atau Ketua Yayasan Merah Putih (YMP) Nanik Sudaryati, Ahmad Rubangi, Saharudin, dan Makmur Julianto alias Pele.

2. Alasan Nanik S Deyang mengunggah foto Ratna Sarumpaet di Facebook.

Dalam persidangan tersebut, Nanik S Deyang menjelaskan, keinginan memposting di Facebook karena ikut-ikutan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli zon. Sebab menurut Fadli banyak orang yang menganggap kabar penganiayaan hoaks.

"Semula ada Pak Fadli Zon. Katanya ini di luar ada yang bilang hoax, ini nggak hoax kan," ucap Nanik.

Nanik menjelaskan, Fadli pun membuat cuitan dengan menyertakan foto.

"Ah masa bohong terus difoto, terus saya twit ya mbak," ucap Nanik menirukan suara Fadli zon.

Dirinya pun meniru Fadli. Nanik juga memfoto dan kemudian memposting di facebook.

"Saya kemudian berdiri, saya bilang mbak aku foto ya," ucap Nanik.

 

3 dari 3 halaman

Kesaksian Nanik S Deyang Dibantah Ratna

3. Bantahan Ratna Terhadap Kesaksian Ratna S Daeyang

Ratna Sarumpaet bersitegang dengan Nanik S Deyang. Ratna tidak terima dengan keterangan yang disampaikan Nanik kala bersaksi di persidangan.

Ratna menjelaskan, ada tiga hal yang sangat prinsip. Fadli tidak bertemu dengannya dalam konteks selfie dan twit pada malam pertemuan di Lapangan Polo. Lalu, soal izin Nanik memposting cerita penganiayaan di akun facebook.

"Dia bilang saya kasih izin untuk dia menyiarkan di Facebook. Padahal itu tidak ada. Dan tidak mungkin saya mengizinkan itu, dia bilang saja tidak," terang Ratna.

"Sebenarnya terlalu banyak bunga-bunga saja jadi sangat dramatis. Seolah dia menjadi pembelanya Prabowo yang sangat luar biasa. Itu tidak seperti itu," timpa Ratna lagi.

4. Nanik S Deyang Hapus Foto.

Belakangan Nanik menghapus postingannya tersebut. Sebab kabar tersebut bohong.

"Saya menghapus semua postingan itu karena bohong," terang Nanik S Deyang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini