Sukses

7 Gunung Tertinggi dengan Pemandangan Indah di Dunia, Salah Satunya ada di Indonesia

Indonesia memiliki gunung tertinggi di dunia, yaitu Gunung Puncak Jaya di Papua.

Liputan6.com, Jakarta Kamu pencinta gunung, atau suka mendaki gunung? Di dunia ini ada berbagai macam gunung yang bisa kamu daki dan kamu takhlukan. Pemandangan di atas gunung memang dapat memanjakan mata dan juga pasti memberikan kesan yang berbeda bagi setiap orang.

Mendaki gunung adalah kegiatan olahraga yang cukup menantang dan butuh kekuatan dan tenaga yang banyak agar bisa menuju ke puncaknya. Kamu harus melewati jalan yang terjal, bahkan menyusuri bebatuan dengan kemiringan yang bisa membuat kamu terjatuh jika tidak berhati-hati.

Namun hasil dari jerih payah dari mendaki gunung adalah pemandangan yang disuguhkan di atas puncak gunung. Tidak bisa tergambambarkan jika kamu tidak melakukannya sendiri dan menyaksikan keindahan ciptaan tuhan secara langsung. Dari atas puncak gunung, kamu bisa melihat alam yang ada di sekitarnya dan merasakan luasnya dunia dari puncak gunung.

Gunung-gunung dengan puncak tertinggi dan memiliki pemandangan yang menakjubkan ini tersebar di seluruh penjuru dunia. Bahkan salah satu puncak tertinggi dunia berada di Indonesia.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com lansir dari Brainberries, Kamis (4/4/2019) beberapa gunung dengan puncak tertinggi di dunia dengan pemandangan yang menakjubkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Mauna Kea

Gunung tertinggi dengan pemandangan menakjubkan yang pertama adalah Mauna Kea. Mauna Kea adalah gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi dan lokasi berada di Kepulauan Hawai di Amerika Serikat. Mauna Kea memiliki ketinggian sekitar 4.205 meter, dan menjadi salah satu gunung berapi tertinggi di dunia. Jika diukur dari dasarnya yang terletak sekitar 5800 meter dibawah permukaan Samudera Pasifik gunung ini memiliki ketinggian 10 kilometer di atas permukaan laut.

3 dari 8 halaman

2. Mont Blanc

Mont Blanc adalah gunung tertinggi yang ada di Eropa Barat tepatnya di pegunungan Alpen Eropa. Tingginya sekitar 4.800 meter. Maunt Blanc terletak di sebagian wilayah Prancis dan wilayah Italia. Mont Blanc terkenal sebagai tempat untuk kegiatan olahraga mendaki gunung dan ski. Mont Blanc pertama kali didaki pada 8 Agustus 1786 oleh Jacques Balmat dan Michel Paccard; wanita pertama yang mencapai puncaknya adalah Marie Paradis pada 1808.

4 dari 8 halaman

3. Pico de Orizaba

Pico de Orizaba adalah gunung tertinggi di Meksiko dan tertinggi di Amerika Utara. Tinggi dari gunung ini adalah 5.636 meter. Gunung ini juga termasuk gunung berapi namun saat ini tidak aktif. Selain itu Pico de Orizaba juga memiliki puncak vulkanik tertinggi dan menjadi puncak vulkanik tertinggi kedua setelah Gunung Kilimanjaro di Afrika.

5 dari 8 halaman

4. Gunung Kilimanjaro

Gunung tertinggi dunia selanjutnya adalah Gunung Kilimanjaro yang berada di Afrika. Gunung ini memiliki puncak tinggi sekitar 5.900 meter diatas permukaan laut dan menjadi gunung terbesar di Afrika. Kilimanjaro adalah gunung api strato raksasa yang sekarang tidak aktif, namun memiliki fumarol yang mengeluarkan gas di kawah yang terletak di puncak utama Kibo.

6 dari 8 halaman

5. Gunung Everest

Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia. Puncak dari gunung ini menandakan perbatasan antara Nepal dan Tibet. Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 8.850 meter, walaupun terdapat variasi dari segi ukuran dari pemerintah Nepal maupun Tiongkok belum menetapkan secara jelas berapa ketinggian gunung ini.

7 dari 8 halaman

6. Gunung Chimborazo

Tinggi gunung Chimborazo adalah sekitar 6.310 meter. Gunung ini terletak di Ekuador dan menjadi gunung tertinggi kedua dunia setelah Gunung Everest. Gunung Chimborazo juga merupakan salah satu gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi.

8 dari 8 halaman

7. Puncak Jaya

Selanjutnya gunung tertinggi dunia ada di Indonesia yaitu Gunung Puncak Jaya. Puncak Jaya terdapat di Provinsi Papua, Indonesia. Puncak Jaya memiliki ketinggian sekitar 4.800 meter dan disekitarnya terdapat gletser tropika. Puncak Jaya adalah salah satu dari puncak tertinggi dunia.

Itulah beberapa gunung tertinggi di dunia yang bisa didaki dan memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Sebagian besar gunung-gunung tertinggi ini memiliki gletser atau bongkahan es yang menyelimutinya, namun tari tahun ketahun bongkahan es ini mencair karena pemanasan global yang terjadi di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.