Sukses

9 Makanan Khas Korea yang Biasanya Ada di Serial Drama, Wajib Dicoba

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Korea beberapa waktu ini menjadi sajian favorit hampir seluruh orang di Indonesia. Bagaimana tidak, minat masyarakat Indonesia sedang tinggi-tingginya terhadap K-Pop dan drama Korea.

Seperti yang telah diketahui, gaya hidup dari Korea Selatan lebih mudah diterima daripada Korea Utara. Hal ini dikarenakan kebebasan yang berbeda dari masing-masing negara tersebut.

Maka sudah tidak heran lagi beberapa gaya hidup orang-orang Korea Selatan banyak diikuti oleh orang Indonesia. Tidak hanya fashion dan musiknya saja yang banyak diikuti, Makanan Khas Korea juga sangat diminati para pecinta artis-artis Korea Selatan ini. Kebanyakan makanan khas Korea yang paling banyak digemari oleh para pecinta Korea karena sering muncul di drama-drama Korea.

Mulai dari jajanan pinggir jalan, hingga makanan tradisional. Mungkin kamu yang belum atau baru saja mulai tertarik dengan makanan khas Korea ini, belum terlalu banyak mengenal ragam makanannya. Tenang saja, kali ini Liputan6.com telah merangkum beberapa makanan khas Korea dari berbagai sumber, Kamis (4/4/2019).

2 dari 4 halaman

Kimbab, Bibimbap dan Kimchi

Kimbab

Kalau Jepang punya Sushi, begitu juga dengan Korea yang memiliki Kimbab. Makanan khas Korea ini merupakan hidangan yang terbuat dari nasi dan bahan-bahan seperti timun, wortel, dan daging ayam atau ikan yang telah diiris-iris tipis yang digulung di dalam gim atau rumput laut kering. Penyajiannya sama dengan sushi, yaitu dengan dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Biasanya, orang Kora menjadikan kimbab ini sebagao bekal makan siang.

Bibimbap

Nah, kalau makanan khas Korea ini merupakan salah satu makanan tradisionalnya. Bibimbap atau nasi campur ini disajikan dengan semangkuk nasi putih hangat yang ditambahkan dengan namul dan gochujang, kecap, atau doenjang di atasnya. Semakin populernya makanan ini, maka sudah banyak orang yang mengkreasikannya dengan berbagai olahan makanan lain seperti sosis dan keju.

Kimchi

Bagi kamu yang baru saja ingin mendalami dunia per-Korea-an, baik itu dari segi pakaian, drama, film, bahkan makanan, pasti sudah tidak asing dengan makanan ini. Kimchi merupakan salah satu makanan khas Korea yang berbahan dasar sayuran. Bedanya sajian sayuran ini dengan yang lainnya, kimchi menggunakan sayuran yang difermentasi dengan bumbu khas.

Sampai hal ini menghasilkan rasa yang pedas dan asam. Bagi orang Korea, rasanya kurang sempurna jika saat makan tidak ada kimchi. Karena memang, makanan khas Korea ini benar-benar menjadi pelengkap dan hampir selalu disajikan dengan berbagai makanan di restoran yang ada di Korea.

3 dari 4 halaman

Tteokbokki, Gyoza dan Jjajangmyeon

Tteokbokki

Tteokbokki atau biasa juga disebut kue beras ini merupakan makanan khas Korea yang dibuat dari garae-tteok berukuran kecil yang disebut tteokmyeon atau umumnya tteok-bokki-tteok. Kue beras ini dimasak dengan fish cakes, telur rebus, dan daun bawang yang disajikan dengan kuah pedas yang sangat nikmat. Kalau ingin makin nikmat lagi, kamu bisa menambahkan lelehan keju di atasnya.

Gyoza

Dumpling identik dengan sajian yang dikukus. Namun berbeda dengan makanan khas Korea yang satu ini. Gyoza khas Korea ini disajikan dengan digoreng. Tidak berbeda jauh dengan dumpling pada umumnya. Isian dari dumpling ini berupa daging atau ikan cincang dan sayuran seperti wortel atau daun bawang.

Jjajangmyeon

Makanan khas Korea yang satu ini sudah sangat populer. Ciri khas dari sajiana mie ala Korea ini adalah adanya saus kedelai hitam yang menjadikan mie ini berwarna hitam. Selain itu, mie hitam ini biasanya disajikan dengan beberapa jenis sayuran dan potongan daging.

4 dari 4 halaman

Jjamppong, Eomuk Guk dan Miyeok Guk

Jjamppong

Hidangan makanan Korea lainnya berupa mie adalah jjamppong. Jjamppong ini disajikan dengan banyak sekali jenis makanan laut seperti kerang, udang, cumi, gurita, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga daging dan sayuran di dalamnya. Kebanyakan jjamppong ini disajikan dengan rasa pedas, namun ada juga yang rasanya tidak pedas.

 

Eomuk Guk

Kalau di Jepang terdapat street food yang sangat terkenal, yaitu odeng. Sama halnya di Korea, juga memiliki street food yang wajib dicoba yaitu eomuk guk. Makanan ini terbuat dari ikan seperti baksi ikan atau goreng-gorengan ikan yang dicampur dengan tepung kemudian digoreng atau direbus dan disajikan dengan kuah sup hangat.

Miyeok Guk

Miyeok Guk atau dalam bahasa Indonesianya adalah sup rumput laut. Sup ini berisikan rumput laut dan kaldu daging atau ayam. Selain itu, di dalamnya juga terdapat berbagai macam bumbu-bumbu yang sangat khas. Biasanya, di Korea Selatan menyajikan sup rumput laut ini untuk orang yang sedang berulangtahun dengan harapan agar orang tersebut bisa berumur panjang.