Sukses

7 Aplikasi Mobile Gratis untuk Belajar Bahasa Asing dengan Mudah

Liputan6.com, Jakarta Bahasa adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda seperti menggunakan gerakan atau kata. Di dunia sendiri terdapat lebih dari 5.000 bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi dan berbicara.

Bahasa-bahasa asing ini beberapa ada yang menjadi bahasa internasional, dan ada pula yang hanya digunakan di daerah-daerah tertentu saja. Contohnya saja bahasa Jawa, yang hanya digunakan di sebagain besar wilayah di Indonesia. Kemudian ada bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional yang digunakan di berbagai negara.

Mengapa ada bahasa internasional dan bahasa nasional, hingga bahasa daerah? Dari ketiga bahasa tersebut pasti memiliki fungsinya masing-masing.

Bahasa internasional biasanya bisa digunakan di berbagai tempat dan setiap orang mempelajarinya, sehingga lebih mudah dalam berkomunikasi. Bahasa nasional biasanya hanya digunakan di satu wilayah saja seperti di suatu negara. Bahasa daerah ruang lingkupnya lebih kecil lagi, hanya digunakan di daerah-daerah tertentu saja.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa aplikasi mobile gratis yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa asing, Kamis (4/4/2019).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Aplikasi Mobile Gratis untuk Belajar Bahasa Asing

1. Memrise

Memrise adalah sebuah aplikasi mobile yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa asing. Ada 14 bahasa asing yang bisa kamu pelajari menggunakan aplikasi ini. Di antaranya Bahasa Prancis, Spanyol, Jerman, Inggris, Tionghoa, Jepang, Korea, Turki, Rusia, Italia, Potugis, Swedia, Norwegia, dan Denmark. Cukup banyak bukan?

Aplikasi Memrise memberikan pelajaran bahasa asing dengan cara yang menarik dan mudah dipahami dengan berbagai permainan ringan.

2. Mondly Languages

Mondly Languages adalah sebuah aplikasi mobile yang mengajarkan percakapan serta kosa kata yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat 32 bahasa di aplikasi ini yang bisa kamu pelajari.

Di antaranya adalah Inggris, Spanyol, Perancis, Jerman, Portugis, Italia, Russia, Inggris Amerika, Norwegia, Denmark, Swedia, Korea, Jepang, Cina, Arab, Belanda, Thailand, Yunani, Romania, Vietnam, Indonesia, Hindi, Yahudi, Polandia, Bulgaria, Ukraina, Ceko, Kroasia, Finlandia, Farsi, Hungaria, Thailand, Afrika, dan Turki.

3. Babbel

Di aplikasi Babbel kamu bisa mempelajari 14 bahasa yang berbeda, di antaranya adalah Spanyol, Prancis, Italia, Jerman dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga memberikan pembelajaran bahasa asing yang mudah dimengerti meskipun kamu memiliki kemampuan bahasa asing yang kurang baik.

Level kesulitan juga bisa kamu atur sesuai dengan kemampuanmu. Aplikasi ini sudah banyak di download oleh pengguna android dan cukup mendapatkan ranting yang baik.

4. Duolingo

Aplikasi mobile untuk belajar bahasa asing selanjutnya adalah Duolingo. Duolingo menawarkan fitur belajar bahasa asing lebih dari 10 bahasa. Selain itu metode pembelajaran yang diberikan juga cukup mudah dimengerti untuk kamu yang ingin memulai belajar bahasa asing.

Selain itu Duolingo juga akan merangkum perkembangan pembelajaranmu dalam bentuk grafik, sehingga kamu bisa mengetahui tingkat pengetahuanmu mengenai bahasa asing yang sudah kamu pelajari.

3 dari 3 halaman

Aplikasi Mobile Gratis untuk Belajar Bahasa Asing

5. Busuu

Selanjutnya ada aplikasi mobile Busuu. Di sini kamu bisa belajar vocab dan grammar dari aplikasi ini. Selain itu ada 12 bahasa asing lainnya yang bisa kamu pelajari. Kamu juga bisa melakukan percakapan dengan pengguna lain dari negara yang berbeda-beda.

Sangat menarik bukan? Selain belajar bahasa asing, kamu juga bisa menemukan teman baru dengan menggunakan aplikasi ini.

6. HiNative

HiNative memungkinkan kamu untuk belajar bahasa asing sangat banyak. Hampir lebih dari 100 bahasa asing bisa kamu pelajari di sini.

Cara yang digunakan juga menarik, kamu bisa merekam pertanyaan atau ucapanmu menggunakan bahasa asing yang kemudian akan direspon oleh pengguna lain dari negara pengguna bahasa tersebut.

Aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk mencari teman dari luar negeri. Selain itu, kamu juga bisa bertanya tips dan trik destinasi negara tujuanmu pada pengguna lain.

7. Tandem

Mirip dengan aplikasi-aplikasi belajar bahasa asing sebelumnya, Tandem juga bisa digunakan untuk mencari teman dari negara yang berbeda. Di sini kamu akan masuk dalam sebuah group dan bisa mengirim foto, video, dan suara.

Jangan takut untuk mulai bergabung di salah satu group yang ada di Tandem, karena akan ada penerjemah otomatis ketika kamu melakukan percakapan teks.

Itulah beberapa aplikasi mobile gratis yang bisa kamu gunakan untuk belajar bahasa asing. Tidak hanya bahasa Inggris saja, namun terdapat banyak bahasa asing lainnya yang bisa kamu pelajari menggunakan aplikasi-aplikasi di atas. Selamat mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.