Sukses

6 Wisata Ambarawa dengan Spot Foto Menarik, Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Ambarawa merupakan salah satu alternatif yang bisa dikunjungi bagi Anda yang tinggal di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya. Ambarawa merupakan sebuah kecamatan yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Siapa sangka, walaupun merupakan salah satu kecamatan dari ibukota Semarang, Ambarawa menyimpan sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan. 

Banyak wisata Ambarawa tersembunyi, yang masih banyak belum diketahui oleh orang-orang. Padahal terdapat banyak sekalai wisata Ambarawa dengan keindahan dan tempat keren di sini. Ya, Ambarawa memiliki banyak spot objek wisata yang keren. Mulai dari situs bersejarah hingga spot foto yang kekinian.

Nah, buat Anda yang tinggal di daerah Jawa Tengah dan sekitarnya, bisa banget menjadikan spot wisata Ambarawa ini untuk berlibur. Tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Berikut Liputan6.com, Kamis (4/4/2019) telah merangkum dari berbagai sumber tempat wisata Ambarawa yang wajib Anda kunjungi.

2 dari 4 halaman

Peninggalan Sejarah di Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa

Pada zaman dahulu kala, Ambarwa merupakan sebuah kota militer. Hal ini membuat Raja Willem I menugaskan anak buahnya untuk membuat sebuah stasiun di Ambarawa. Ya, pada masa kolonial Belanda ini, stasiun ini difungsikan sebagai pengangkut tentara Belanda ke Semarang. Setelah Belanda tidak lagi berkuasa, tempat ini dialihfungsikan menjadi sebuah museum kereta api.

Di dalam museum kereta api ini, pengunjung dapat melihat-lihat koleksi lokomotif kereta api dan juga peralatan komunikasinya yang masih sangat kuno. Wisata Ambarawa yang satu ini bisa berinteraksi langsung dengan keretanya. Dalam artian, pengunjung bisa menikmati kereta wisatanya dengan rute Ambarawa – Bedono serta Ambarawa – Tuntang. Pada jalur kereta api rute Ambarawa – Bedono akan melewati rel bergerigi. Nah, di Indonesia sendiri rel bergerigi hanya ada di Sawahlunto dan Ambarawa saja.

Monumen Palagan Ambarawa

Dahulu, daerah Ambarawa sempat terjadi sebuah pertempuran hebat. Tepatnya berlangsung pada tanggal 12 Desember – 15 Desember 1945. Nah, kejadian pertempuran ini dikenal dengan Palagan Ambarawa. Nah, sebagai bentuk apresiasi untuk mengenang pertempuran tersebut, dibuatlah monument besar dengan nama Palagan Ambarawa.

Tempat wisata Ambarawa ini sudah cukup terkenal di Ambarawa. Hal ini dibuktikan karena banyaknya pengunjung yang berdatangan setiap waktunya. Saat berkunjung ke sini, Anda akan disuguhkan dengan koleksi-koleksi yang terkait dengan pertempuran saat itu seperti senjata perang, seragam tentara Indonesia dan juga Jepang.

Salah satu koleksi yang paling menarik minat pengunjung untuk melihatnya yaitu sebuah pesawat Mustang milik Belanda yang berhasil ditembak dan jatuh ke Rawa Pening.

 

Benteng Pendem Ambarawa

Tidak hanya museum kereta api, tempat peninggalan sejarah dengan spot foto yang menarik juga bisa dijumpai di Benteng Fort Williem I atau yang biasa dikenal dengan Benteng Pendem Ambarawa. Dulunya, benteng ini dijadikan keperluan perang layaknya benteng-benteng pada umumnya.

Namun, sejak tahun 2003 benteng ini difungsikan sebagai lapas. Beberapa bagian benteng di sekitar tempat ini bahkan dijadikan sebagai tempat tinggal. Serunya, Anda bisa menikmati benteng ini untuk berswafoto. Karena pengunjung tetap diizinkan untuk berjalan mengitari benteng ini untuk sekedar berfoto-foto dan melihat-lihat suasana tempo dulu.

3 dari 4 halaman

Wisata Air di Ambarawa

 

Kampoeng Rawa

Salah satu tempat wisata Ambarawa yang punya spot menarik adalah Kampoeng Rawa. Tempat wisata Ambarawa ini wajib banget dikunjungi, jika tidak maka sangatlah rugi. Di sini Anda akan disuguhkan pemandangan danau dan di atasnya terdapat rumah makan yang bisa dikunjungi.

Fasilitas yang ada di Kampoeng Rawa ini juga cukup banyak. Terdapat restoran apung, pusat kerajinan serta tempat pemancingan. Dari sini Anda bisa melihat indahnya pemandangan gunung Merbabu dan Telomoyo. Makin lengkap lagi, di sini Anda akan merasakan sejuknya hawa dingin di sekitaran danau Rawa Pening.

Rawa Pening

Wisata Ambarawa yang satu ini sangat identik dengan kota Semarang. Rawa Pening merupakan sebuah danau yang memiliki luas sekitar 2.670 hektar. Danau ini sendiri terletak di antara empat kecamatan di kabupaten Semarang, yaitu Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru.

Rawa Pening menawarkan birunya air danau dengan dihiasi tanaman enceng gondok di setiap sudutnya. Banyaknya tanaman enceng gondok di setiap sudut danau dinilai sangat mengganggu kenyaman. Namun, oleh masyarakat setempat dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan agar.

Untuk dapat menuju ke tengah danau ini, Anda bisa menaiki pearhu motor yang bisa disewa di sana. Suasana makin tampak indah saat waktu matahari terbenam tiba. Cocok buat Anda yang suka mengoleksi foto landscape.

4 dari 4 halaman

Wisata Ambarawa Lainnya yang Perlu Dikunjungi

Gua Maria Kerep Ambarawa

Kalau Anda berkunjung ke Semarang, sempatkan untuk mengunjungi sebuah objek wisata yang terletak di Desa Kerep. Gua Maria Kerep Ambarawa ini fungsinya tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah. Melainkan tempat religi ini tidak hanya dikunjungi oleh umat katolik saja, namun umat lainnya seperti agama Kristen, islam, budha, hindu juga bisa mengunjunginya.

Di dalam tempat ini terdapat sebuah patung berukuran besar bernama patung Maria Lourdes. Biasanya banyak umat Katolik berkunjung dan berziarah ke Gua Maria ini pada hari Minggu. Jumlah pengunjung bahkan pernah mencapai 8 ribu orang.

Loading