Sukses

5 Manfaat Senyum Sepanjang Hari yang Jarang Disadari, Tingkatkan Imunitas Tubuh

Ternyata senyum sepanjang hari bisa membuat awet muda juga.

Liputan6.com, Jakarta Manusia dapat merasakan berbagai perasaan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari marah, senang, bingung, cemas, terkejut, dan lain sebagainya. Berbagai macam perasaan yang manusia rasakan akan diekspresikan juga dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah senang atau bahagia. Biasanya orang akan mengekspresikan perasaan senang dalam bentuk senyuman.

Selain untuk mengekspresikan perasaan senang, senyum juga bisa menandakan atau mengekspresikan perasaan lainnya seperti malu, terharu, dan lain sebagainya. Bahkan adakalanya orang tersenyum karena marah atau jengkel.

Senyum bisa dilakukan setiap hari dan sepanjang waktu. Hal ini dapat dilakukan jika memang suasana hati yang sedang kamu rasakan juga memungkinkan dirimu untuk tersenyum. Selain itu senyum bisa digunakan untuk menunjukkan ekspresi, juga sering digunakan untuk menunjukkan keramahan kepada orang lain.

Senyum sepanjang hari kepada orang lain atau saat melakukan sesuatu, sebenarnya memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan dan memberikan dampak positif bagi diri sendiri bahkan orang lain. Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/4/2019) tentang manfaat senyum sepanjang hari yang ternyata baik untuk kesehatan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Memperbaiki Mood

Manfaat yang pertama akan kamu dapat dari tersenyum adalah, kamu bisa memperbaiki mood yang sedang kamu alami. Jika kamu tersenyum, perasaan damai akan muncul dan efek bahagia akan tercipta dari senyuman itu. Meskipun banyak masalah atau pekerjaan sedang menumpuk, cobalah untuk tersenyum. Walaupun masalah atau pekerjaan itu tidak akan selesai karena tersenyum saja, namun dengan tersenyum kamu bisa lebih rileks dan merasa tersemangati dan menjadikan moodmu lebih baik lagi.

3 dari 6 halaman

2. Mengurangi Stres

Manfaat senyum selanjutnya hampir sama dengan sebelumnya. Tersenyum dapat kamu lakukan untuk mengurangi stres karena tekanan-tekanan yang sedang terjadi dikehidupanmu. Mulai dari pekerjaan, masalah kantor, dan lain sebagainya. Cobalah untuk tersenyum, maka otak akan merasa rileks dan stres akan teratasi. Meskipun tidak sepenuhnya hilang, setidaknua stres akan berkurang dan kamu akan menjadi lebih baik lagi.

4 dari 6 halaman

3. Membuat Penampilan Lebih Menarik

Tersenyum bukan hanya bisa membuat perasaan menjadi lebih bahagia lagi, namun manfaat senyum juga bisa membuat penampilanmu menjadi lebih segar dan lebih bersahabat ketika orang lain melihatmu. Bayangkan saja jika kamu melihat seseorang yang selalu murung atau terlihat marah, kamu pasti juga akan menganggap orang itu menjadi tidak menarik dan kurang bersahabat. Maka dari itu tersenyumlah, terlebih saat bertemu dengan orang lain, maka orang lain akan senang melihatnya. Aura positif juga akan terpancar dari wajahmu yang selalu tersenyum itu.

5 dari 6 halaman

4. Terlihat Lebih Muda

Ternyata tersenyum adalah salah satu obat mujarab yang bisa kamu gunakan untuk terlihat lebih muda. Dari pada menggunakan obat  anti penuaan atau lain sebagainya, cobalah untuk tersenyum. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa jika kamu tersenyum, maka aura positif akan terpancarkan dan membuat penampilanmu menjadi lebih menarik lagi. Kemudian otot-otot yang digunakan untuk tersenyum bisa membantu mengangkat wajah sehingga membuat seseorang tampak lebih muda.

6 dari 6 halaman

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selain terlihat lebih muda, manfaat senyum sepanjang hari juga bisa membuat sistem imun atau sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik lagi. Ketika kamu tersenyum, maka sistem kekebalan tubuh akan berfungsi dengan baik karena otak merespon hal-hal yang positif yang kemudian menyalurkannya keseluruh tubuh termasuk ke sistem kekebalan tubuh yang ada di dalam tubuh manusia. Tersenyum juga akan membuat kamu menajadi lebih rilex dan tidak mudah terserang penyakit.

Masih banyak lagi manfaat senyum sepanjang hari yang bisa kamu dapatkan jika mempraktikkannya. Tersenyum dengan perasaan bangga adalah hal yang positif dan bisa mempengaruhi orang-orang sekitar sehingga orang lain juga akan ikut tersenyum. Jika semua orang mudah tersenyum, maka hidup akan lebih bahagia dan aura positif akan selalu terpancarkan dan memberikan semangat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.