Sukses

Fungsi Server pada Komputer, Dilengkapi Jenis-Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Fungsi server pada komputer pada umumnya adalah melayani dan bertanggung jawab penuh terhadap permintaan data dari komputer lain dengan atau komputer klien. Kemudian fungsi server pada komputer lainnya adalah mengatur hak akses kedalam sebuah jaringan yang bisa digunakan oleh komputer klien tersebut. Masih banyak fungsi server pada komputer yang lainnya. 

Namun sebelum menuju ke fungsi server lainnya, kamu perlu mengetahui apa itu komputer server dan komputer klien lebih lengkap agar bisa membedakan diantara keduanya. Selain pengertian kamu juga perlu tahu tujuan dan manfaat adanya komputer server dan lain sebagainya.

Komputer server adalah sebuah komputer yang menyediakan berbagai macam data, dokumen dan hal lainnya yang dibutuhkan komputer klien. Komputer klien membutuhkan komputer server untuk terhubung dalam sebuah jaringan atau untuk meminta data yang terdapat pada server.

Komputer server juga merupakan tempat yang berisi berbagai data informasi, dimana server ini juga memiliki tugas utama untuk memberikan sebuah layanan bagi para klien yang terhubung dengannya. Fungsi server pada komputer juga berbeda-beda tergantung pada jenisnya dan kegunaanya. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai komputer server dari fungsi server hingga manfaatnya yang sudah Liputan6.com rangkum, Jumat (5/4/2019).

2 dari 4 halaman

Jenis Komputer Server

1. Proxy server

Proxy server adalah sebuah server yang dapat berfungsi sebagai gerbang antara komputer lainnya untuk melakukan permintaan menggunakan jaringan lokal dan jaringan luar atau internet.

2. Telnet server

Berfungsi untuk mengatur komputer dengan melakukan log in dan log oyt pada komputer host.

3. Virtual server

Virtual server berfungsi membuat sejumlah server fisik seolah-olah seperti menjadi beberapa server.

4. Web server

Berfungsi menyimpan konten atau file pada website dan berkomunikasi menggunakan HTTP.

5. FTP server

Mengatur transfer data dalam sebuah jaringan.

6. Aplikasi server

Berfungsi mengolah perintah yang diberikan oleh klien dan menghubungkan dengan database.

7. Mail server

Menyimpan berbagai macam surat elektronik.

8. News server

Mendistribusikan berbagai macam berita melalui jaringan berita.

Masih banyak lagi jenis server yang ada, dan juga dengan fungsi yang berbeda-beda, tergantung dari kegunaannya.

3 dari 4 halaman

Fungsi Server pada Komputer

Server pada komputer memang memiliki berbagai jenis dan juga berbagai manfaat yang berbeda-beda setiap jenisnya, namun pada umumnya, server pada komputer memiliki fungsi utama dan umum. Berikut ini adalah fungsi server pada komputer secara umum.

1. Melayani dan bertanggung jawab penuh terhadap permintaan data dari komputer klien.

Komputer klien yang sudah terhubung dengan komputer server dapat mengakses data yang ada di komputer server sesuai ijin dari komputer server. Mungkin tidak semua data bisa di akses komputer klien, karena untuk mengakses data ini juga perlu persetujuan dari komputer server.

2. Pusat sebuah jaringan komputer.

Komputer server berfungsi sebagai pusat sebuah jaringan komputer yang mana komputer server yang sudah terhubung dengan komputer klien mampu mengirimkan dan menerima sebuah data yang dibutuhkan.

3. Bertanggung jawab mengatur lalu lintas data.

Komputer server juga menjadi perangkat yang bertanggungjawab untuk mengatur lalu lintas jaringan. Fungsi ini memudahkan komputer klien untuk tetap terhubung ke internet lewat proxy server.

4. Menjadi pusat data dan file dalam satu database.

Fungsi server pada komputer juga akan menjadi sebuah pusat penyimpanan data base berupa file, dokumen, foto, vodeo, audio, hingga aplikasi, yang bisa di akses oleh komputer klien yang sudah terhubung.

5. Mengatur hak akses jaringan komputer.

Komputer server juga mengatur dan memberikan hak akses kepada komputer klien yang terhubung. Server bisa memutuskan akses, memberikan akses, membatasi akses, hingga menambah akses komputer klien untuk mengambil data yang disimpan di data base komputer server.

4 dari 4 halaman

Manfaat Komputer Server

Menggunakan komputer server akan memudahkan pengaturan jaringan hingga pembagian data keberbagai jaringan yang sudah terhubung. Komputer server bisanya akan digunakan di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan penyimpanan data besar atau membutuhkan data base yang cukup besar. Kemudian data base itu bisa di akses oleh klien atau komputer yang sudah terhubung dengan jaringan tersebut.

Dengan adanya komputer server juga mempermudah pekerjaan dalam hal mencetak sebuah dokumen atau file, sehingga sebuah perusahaan tidak memerlukan alat cetak di setiap komputernya, hanya membutuhkan satu alat pencetak yang terhubung ke komputer server saja.

Itulah beberapa informasi mengenai fungsi server pada komputer hingga manfaatnya. Penggunaan komputer server memang cukup banyak manfaat dan fungsinya, namun ada kekurangan jika saja komputer server mengalami kerusakan atau kendala atau bahkan terkena virus maka jaringan akan terganggu.

Bisa juga jika terjadi kerusakan atau terkena virus pada komputer server yang menyebabkan file di data base hilang, maka tidak ada backup dari komputer klien.

Loading