Sukses

5 Cara Menghilangkan Karat yang Membandel, Mudah dan Aman

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan karat ternyata tak begitu sulit. Benda berbahan logam sering kali mengalami karat pada permukaannya. Karat merupakan hasil dari reaksi kimia yang disebut korosi. Besi atau logam yang berkarat bersifat rapuh, mudah larut, dan bercampur dengan logam lain, serta bersifat racun.

Karat dapat terjadi pada peralatan, perabot luar ruang, mobil atau apa pun yang terbuat dari logam. Jika Anda membiarkannya, pengaratan akan menimbulkan korosi parah dan menghancurkan objek. Itulah mengapa Anda harus tahu cara menghilangkan karat agar tidak semakin parah proses korosinya.

Benda logam mudah berkarat dan menggunakannya bisa menghasilkan dampak buruk bagi kesehatan. Benda-benda logam sehari-hari seperti pisau, gunting, dan pisau dapat berkarat karena terkena uap air dan air. Meski saat ini sudah banyak ditemukan perabotan tumah tangga dengan bahan stainless steal atau anti karat.

Ada beberapa cara menghilangkan karat yang dapat dilakukan dengan mudah. Cara menghilangkan karat ini cukup sederhana dan menggunakan bahan yang mudah untuk ditemukan.

Jika Anda membersihkan pisau atau benda tajam lainnya, pastikan untuk mengenakan sarung tangan pelindung dan lakukan kegiatan ini pada permukaan yang rata. Seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, berikut cara menghilangkan karat, Jumat (5/4/2019).

 

2 dari 7 halaman

Cuka

Cuka putih adalah bahan yang efektif untuk menghilangkan karat dari benda berbahan logam. Anda dapat menggunakan cuka putih untuk menghilangkan karat secara permanen. Cara menghilangkan karat juga cukup mudah.

Untuk mengatasi benda-benda dengan karat yang signifikan, rendam alat logam Anda yang berkarat dalam mangkuk cuka dan biarkan semalaman. Setelah direndam dengan baik, angkat logam dari rendaman cuka dan gosok karat dengan sikat baja atau sikat kawat.

Jika ada beberapa titik karat yang tersisa, ulangi proses dan rendam objek lebih lama. Setelah semua karat dihilangkan, bersihkan dengan sabun dan air dan keringkan sampai bersih.

3 dari 7 halaman

Baking Soda

Baking soda bekerja dengan baik pada benda-benda dengan karat ringan atau yang terbuat dari logam tipis. Cara menghilangkan karat dengan baking soda adalah dengan mencampurkan air dan baking soda hingga membentuk pasta kental dan oleskan pada benda berkarat tersebut.

Pastikan bahwa bintik-bintik berkarat tertutup dengan baik. Biarkan pasta menempel pada objek selama satu jam atau lebih. Gunakan sikat kawat untuk menggosok benda dan menghilangkan karat. Bilas pasta dengan air dan keringkan sampai bersih.

4 dari 7 halaman

Lemon dan Garam

Asam dalam lemon adalah pembersih karat alami yang terkenal. Anda juga akan membutuhkan garam untuk membuatnya bekerja. Teknik ini menggabungkan keasaman lemon dengan abrasivitas garam untuk mengatasi bintik-bintik karat kecil. Tutupi bagian yang berkarat dengan garam lalu peras jus lemon di atas lapisan garam.

Biarkan campuran garam dan lemon selama sekitar dua jam. Gosok objek dengan kulit lemon, atau jika bintik-bintiknya membandel, gunakan sikat kawat. Bilas sisa lemon, garam, dan karat, dan keringkan sampai bersih.

Anda juga bisa menggunakan jus lemon untuk menghilangkan noda karat dari kain. Taruh jus lemon pada noda karat dan kemudian taburkan krim tartar ke atas jus. Gosokkan larutan dan biarkan di atas sampai noda karat hilang. Beberapa noda mungkin akan sulit hilang, tetapi dengan waktu 15 hingga 30 menit akan bekerja dengan baik menghapus noda tersebut. Bilas dengan air bersih dan rendam air berlebih dengan handuk.

5 dari 7 halaman

Sabun Pencuci Piring dan Kentan

Untuk logam polos tanpa relief atau motif, Anda dapat menggunakan sabun cuci piring dan kentang biasa untuk menghilangkan karat. Kentang mengandung asam oksalat, yang membantu memecah karat. Trik kentang ini sangat berguna dan tidak beracun. Anda dapat menggunakannya untuk menghilangkan karat dari loyang, pisau, dan peralatan rumah tangga lainnya.

Iris kentang menjadi dua dan tutupi bagian yang dipotong dengan sabun cuci piring. Gosok bagian yang berkarat dengan kentang untuk menghilangkan karat. Bilas dan keringkan dengan baik.

6 dari 7 halaman

Asam Sitrat

Cara menghilangkan karat yang paling ampuh adalah mengguakan larutan asam. Salah satu larutan asam adalah asam sitrat. Asam sitrat dapat ditemukan di toko makanan kesehatan dan di lorong kue beberapa supermarket. Asam sitrat bekerja ajaib ketika menghilangkan karat.

Campurkan air hangat dengan asam sitrat, rendam benda berkarat selama 30 menit sampai 1 jam. Setelah terendam, karat akan mulai melunak, gosok permukaan benda berkarat dengan sikat atau sabut untuk menghilangkan residu karat. Lakukan berulang jika karat membandel.

7 dari 7 halaman

Cara Mencegah Karat

Setelah mengetahui cara menghilangkan karat di atas, mungkin Anda tak perlu khawatir lagi benda-benda Anda berkarat. Namun, Ada baiknya untuk menghindari proses pengaratan itu sendiri.

Air adalah penyebab utama berkarat, jadi kunci untuk menghindari pengaratan adalah menjaga benda tetap bersih dan kering. Misalnya, pisau harus dicuci dan dikeringkan sesegera mungkin setelah digunakan. Simpan benda-benda logam, termasuk alat, di area kering dengan kelembaban rendah. Anda juga dapat melakukan pelapisan pada logam dengan cara mengecatnya. Dengan begitu pengaratan akan dapat dihindari.

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tempat Wisata di Jakarta Barat, Banyak Peninggalan Sejarah
Artikel Selanjutnya
8 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Cocok untuk Liburan Keluarga