Sukses

Tak Sengaja Tabrak Ayam, Bocah Ini Pergi ke RS dan Gunakan Uang Tabungannya

Kisah bocah yang tak sengaja tabrak anak ayam ini viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan anak kecil sangat sulit diajarkan tentang tanggungjawab. Mereka biasanya tidak terlalu pikir panjang dengan apapun jenis perbuatannya. Namun, nampaknya hal ini tidak berlaku bagi bocah asal Sairang, Mizoram, India ini.

Bocah 6 tahun bernama Derek C Lalchhanhima baru-baru ini menggemparkan media sosial dengan aksinya yang mengharukan. Dikutip Liputan6.com dari akun Facebook Sanga Says, Jumat (5/4/2019), Derek yang saat itu tengah asyik bersepeda tidak sengaja menabrak anak ayam milik tetangganya.

Karena merasa bersalah, akhirnya Derek membawa anak ayam tersebut ke rumah sakit untuk diobati. Sesampainya di rumah sakit, ia menyerahkan semua uang tabungannya dengan harapan anak ayam malang itu bisa disembuhkan. Berikut kisah bocah 6 tahun itu yang bikin haru banyak orang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tuai Banyak pujian

Sayangnya, anak ayam yang ia tabrak sudah tak tertolong nyawanya. Meski demikian, aksinya itu mendapat banyak pujian dari pengguna Facebook. Pasalnya, alih-alih lempar batu sembunyi tangan, bocah 6 tahun itu justru mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Alhasil, unggahan di Facebook tersebut hingga kini telah dibagikan 89 ribu kali dan meraup 11 ribu komentar. Hampir seluruh komentar memuji kedewasaan Derek di usianya yang masih muda.

“Dia sangat menggemaskan. Dan apa yang dia lakukan tidak bisa dijabarkan dengan kata-kata,” tulis Balambika Krishnakumar.

“Anak kecil dengan hati yang besar! Aku salut dengan hati dan niatnya yang suci, dan caranya belajar tanggungjawab sejak dini!” imbuh Si Dee.

Dan akun Dharma Rio yang menuliskan, “Karakter terbaik.. Orangtuanya harus bangga kepadanya.. Menggemaskan,”

3 dari 3 halaman

Diberi penghargaan dari sekolahnya

Wajah Derek yang ketakutan itu berhasil diabadikan oleh seorang suster yang bekerja di pusat kesehatan rumah sakit. Derek yang mengenakan kaus berwarna biru menggenggam anak ayam yang ia tabrak di tangan kirinya. Sedangkan, ia membawa sejumlah uang di tangan kanannya.

Meski tidak tertolong, aksi Derek menuai penghargaan dari sekolahnya. Bocah lugu ini dibalut selendang khusus dan juga piagam penghargaan serta bunga di tangannya.

Selendang tersebut merupakan sebuah tradisi yang biasa dilakukan masyarakat di Mizo, India. Tradisi ini biasanya dilakukan dalam berbagai hal, salah satunya untuk mengapresiasi mereka yang telah menunjukkan keberanian luar biasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini