Sukses

9 Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaik yang Wajib Dikunjungi, Banyak Wisata Air

Tempat wisata di Pekanbaru menawarkan pengalaman yang seru.

Liputan6.com, Jakarta Pekanbaru merupakan ibukota sekaligus menjadi kota terbesar di Riau yang sangat terkenal dengan cadangan minyak dan perkebunan kelapa sawitnya. Tidak heran, saat mendengar dan mengetahui sepintas tentang kota ini, terbayangkan kalau kota ini penuh dengan perkebunan dan tidak memiliki tempat wisata yang seru untuk dikunjungi.

Memang, Pekanbaru terkenal dengan julukan kota perdagangan dan jasa di Riau. Namun siapa sangka, kalau ternyata Pekanbaru memiliki banyak destinasi tempat wisata yang menarik dan seru untuk dikunjungi. Tempat wisata di Pekanbaru juga sudah cukup lengkap, loh. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata budayanya.

Nah, buat Anda yang berencana berlibur ke Pekanbaru dan sekitarnya, sempatkanlah untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata di Pekanbaru ini. Kalau masih bingung, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/4/2019) rekomendasi tempat wisata di Pekanbaru yang wajib Anda kunjungi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Pekanbaru

Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, kalau isi kota Pekanbaru didominasi dengan perkebunan sawit dan memiliki cadangan minyak yang melimpah. Namun ternyata, di tempat wisata di Pekanbaru terdapat wisata air yang tentunya sangat menyegarkan. Ada apa saja? Berikut ulasannya.

Sungai Kampar

Buat kamu yang memiliki hobi berselancar, bisa cobain ke tempat wisata di Pekanbaru yang satu ini. Namanya adalah sungai Kampar. Jangan kaget, ternyata kamu juga bisa berselancar di sungai. Adanya gelombang pasang surut atau ombak dikenal secara lokal sebagai Bono, yang bergegas dengan suara menderu keras pada kecepatan 40 kilometer per jam.

Gelombang di sungai ini memiliki sifat yang berbeda dengan laut terbuka. Ini dikarenakan kekuatan gelombang yang melaju, arus yang bergegas ke hulu akan menyebabkan gelombang dari kedua sisi kiri setelah memukul kedua tanggul sungai.

Danau Lembah Sari

Meski merupakan salah satu kota modern di Sumatera, namun keasrian dan kealamian kotanya masih terus dijaga. Salah satunya adalah dengan adanya danau buatan di tengah kota, yaitu Danau Lembah Sari. Suasana danau yang tenang, hijau, dan luas menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke sini. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini adalah saat matahari terbenam. Anda akan diberikan pemandangan yang sangat indah.

Air Terjun Aek Mertua

Air terjun Aek Mertua ini diambil dari bahasa daerah salah satu suku di Riau, yaitu suku Batak Mandailing yang memiliki arti air bertuah. Penggunaan bahasa dari suku Batak Mandiling ini karena di daerah tersebut mayoritas dihuni oleh suku Batak Mandailing. Jadi penggunaan nama air terjun ini diambil memakai bahasa suku Batak Mandailing.

Air terjun ini menjadi layak untuk dikunjungi karena terdapat tiga tingkatan. Nah, di setiap tingkatannya ini memiliki ukuran dan ketinggian yang berbeda-beda. Ketinggian tersebut berkisar antara 15 meter hingga yang paling atas mencapai 40 meter. Adanya keunikan serta keistimewaan dari air terjun ini, membuat wisatawan menyebut air terjun ini dengan sebutan air terjun Tangga Seribu.

 

3 dari 4 halaman

Wisata Air yang Menyegarkan

Air Terjun Batu Dinding

Tempat wisata di Pekanbaru yang selanjutnya adalah air terjun batu dinding. Tempat wisata air terjun ini terdapat di Kampar Kiri yang memiliki sejuta keindahan, keunikan, serta keistimewaan tersendiri karena di sekitar area ini terdapat beberapa objek dan tempat wisata lainnya seperti tempat wisata Tugu Equator atau Tugu Khatulistiwa dan tempat wisata bersejarah Istana Kerajaan Guning Sahilan.

Air Terjun Guruh Gemurai

Selain air terjun Aek Mertua, di Pekanbaru juga ada air terjun Guruh Gemurai. Tidak kalah populer dengan air terjun Aek Mertua. Air terjun Guruh Gemurai ini juga memiliki keunikan, yaitu memiliki dua aliran dan air terjun ini memiliki suara yang bergumuruh. Nah, bagi Anda yang berkunjung ke Pekanbaru, sempatkan untuk mengunjungi air terjun ini. Karena selain air terjun, Anda juga akan disajikan pemandangan di sekitar yang sangat menarik.

Air Terjun Batang Kapas

Air terjun batang kapas ini memiliki ketinggian sekitar 150 meter. Nah, untuk mencapai ke air terjun ini membutuhkan perjuangan yang ekstra. Letaknya cukup jauh dari Pekanbaru, Anda perlu menempuh jarak sekitar tiga jam setengah terlebih dahulu. Namun saat Anda tiba di lokasi air terjun ini, Anda akan melihat sebuah keajaiban alam yang sangat keren dan menakjubkan.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Pekanbaru Lainnya yang Wajib Dikunjungi

Istana Siak Sri Indrapura

Pekanbaru merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki rekam jejak budaya Melayu. Salah satunya adalah Istana Siak Sri Indrapura ini. Istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak yang konon adalah salah satu kesultanan kuat di Semenanjang Malaya.

Di sini Anda bisa menikmati gaya arsitekturnya yang indah dan benda-benda peninggalan Kesultanan Siak. Salah satunya adalah alat music tradisional yang bernama komet, yang hanya ada dua di dunia.

Masjid Agung An Nur

Masjid Agung An Nur ini merupakan masjid termegah di Pekanbaru. Masjid ini didesain dengan gaya ala Melayu, Arab, Turki, dan India yang membuat bangunan masjid ini nampak eksotis dan megah. Masjid ini disebut-sebut sebagai Taj Mahal-nya Pekanbaru. Selain megahnya bangunan masjid, di depan masjid ini juga terdapat kolam yang menambah keindahan.

Selain menjadi rumah ibadah, masjid ini menjadi salah satu tempat wisata di Pekanbaru yang banyak dikunjungi. Apalagi saat memasuki bulan Ramadhan, kawasan masjid ini dijadikan lokasi untuk ngabuburit dan dipenuhi oleh pedagang makanan dan pakaian.

Perpustakaan Soeman H.S

Perpustakaan ini bisa menjadi alternatif Anda untuk menghabiskan waktu berlibur di Pekanbaru. Perpustakaan dengan kesan modern dan futuristik ini memiliki desain bangunanan yang megah dan unik. Tidak hanya digunakan untuk mencari dan membaca buku. Di dini Anda bisa membaca berbagai macam arsip sejarah dan aneka koleksi buku. Selain itu, dari lantai atas gedung Anda bisa memandang kota Pekanbaru dari ketinggian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini