Sukses

5 Aplikasi Bacaan Terbaik di Android untuk Anak, Kampanye Baca Sejak Dini

Liputan6.com, Jakarta Kini, banyak anak yang telah memiliki gadget atau smartphone. Mereka biasanya memakai gadget tersebut hanya untuk bermain game. 

Kadang orang tua mungkin membelikan gadget tersebut supaya bisa menghubungi anaknya secara langsung bila sedang tidak di dekatnya. Tapi dibutuhkan juga pengawasan dari orang tua bagaimana si anak memakai gadgetnya.

Daripada hanya memakai gadget buat bermain game, ponsel anak bisa diisi aplikasi-aplikasi yang bermanfaat untuk belajar. Salah satunya adalah aplikasi bacaan. Aplikasi ini dapat menunjang anak untuk membaca secara langsung melalui gadgetnya.

Sayangnya aplikasi-aplikasi ini belum ada yang berbahasa Indonesia. Tetapi sisi positifnya adalah, anak dapat belajar membaca sekaligus belajar berbahasa Inggris dari dasar.

Oleh karena itu, inilah beberapa aplikasi android yang menyediakan e-book bacaan anak, yang dapat membuat anak memiliki hobi membaca sejak dini seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/4/2019).

2 dari 6 halaman

1. Starfall Learn to Read

Starfall Learn to Read merupakan aplikasi untuk belajar membaca dan mengeja. Tetapi tidak hanya itu, disini juga disediakan banyak e-book untuk bahan bacaan anak anak.

Situs edukasi untuk anak-anak ini memiliki cerita rakyat, cerita fiksi, non-fiksi, hingga mitos mitos Yunani dan cerita fabel.

Mereka banyak membuat aplikasi untuk membantu pengajaran kepada anak-anak. Ada juga Fitur AutoRead yang dapat membantu anak untuk dapat membaca lebih baik.

3 dari 6 halaman

2. Epic! Unlimited Books for Kids

Ribuan e-book tersedia di aplikasi Epic! ini. Judul judul top seperti, Batman vs Catwoman dan Narnia dapat kamu temukan di aplikasi ini. Selain itu, kamu akan mendapatkan hadiah bila terus membaca dan perkembanganmu bagus dari aplikasi ini.   

Aplikasi ini menjadi aplikasi e-book untuk anak-anak yang paling direkomendasikan. Hal itu disebabkan oleh dalam aplikasi ini, terdapat banyak pilihan buku yang bisa dibaca.

Untuk satu bulan pertama, kamu bisa mendapatkan dan membaca buku-buku e-book tersebut secara gratis. Sayangnya setelah itu harus berlangganan dengan harga sekitar Rp100 ribu per bulannya.

4 dari 6 halaman

3. National Geographic Kids

Aplikasi yang mungkin paling terkenal disini adalah National Geographic Kids ini. Karena memang National Geographic tidak hanya tersedia buat anak saja, tapi juga sudah terkenal dengan majalah National Geographic yang telah beredar dimana-mana termasuk Indonesia.

Oleh karena itu, aplikasi ini mungkin lebih dipercaya karena memang dibuat oleh para professional di bidangnya. Isi dari aplikasi ini bisa dipastikan adalah tentang hal hal seputar hewan yang sangat menarik bagi anak anak.

5 dari 6 halaman

4. FarFaria

FarFaria akan membantu anak untuk hobi membaca. Bagaimana tidak, banyak sekali cerita cerita anak yang disediakan di FarFaria ini.

Cerita cerita seperti Rapunzel, Cinderella, Frankenstein, Putri Salju, Peter Pan dan lain sebagainya, dapat kamu baca di aplikasi ini.

Namun, tentu saja layaknya aplikasi aplikasi berkualitas lainnya, untuk mengakses aplikasi ini secara lengkap, diwajibkan untuk berlangganan terlebih dahulu.

6 dari 6 halaman

5. Fairy Tales – Children’s Books, Stories, and Games

Aplikasi ini dipenuhi dengan cerita cerita klasik. Walaupun begitu, narasi yang dibawakan di aplikasi ini dalam bacaannya sangatlah mudah dipahami, terutama oleh anak anak.

Bacaan bacaan di aplikasi ini tidak hanya memberikan hiburan ataupun hal hal menakjubkan lainnya, tetapi juga memiliki pengajaran moral yang bagus.

Setelah cerita selesai juga aka nada kuis-kuis yang membuat anak lebih mengerti dengan isi cerita yang telah dibacanya. Secara teratur aplikasi ini juga menambah koleksi koleksi bacaannya, sehingga kamu tidak perlu takut akan kehabisan bacaan dari aplikasi ini.