Sukses

4 Fakta Tentang Sukhoi SU-30, Pesawat Tempur Canggih Milik TNI

Liputan6.com, Jakarta Salah satu aset penting milik negara yang difungsikan sebagai alat pertahanan ialah pesawat tempur. Pesawat tempur akan menjaga kedaulatan negara di wilayah udara. Pentingnya pesawat tempur membuat Indonesia harus memiliki transportasi udara tersebut. Hal itu terwujud TNI memiliki pesawat tempur canggih dengan nama Sukhoi SU 30

Sukhoi Su-30 atau yang memiliki kode NATO: Flanker-C ialah pesawat tempur yang dikembangkan oleh Sukhoi Rusia. Pesawat tempur ini dibuat pada tahun 1996. Istimewanya pesawat tempur Sukhoi Su-30 ialah efektif dipakai sebagai pesawat serang darat. Kemampuan Sukhoi Su-30 bahkan bisa disandingan dengan F/A-18E/F Super Hornet dan F-15E Strike Eagle dari Amerika Serikat.

Keistimewaan pesawat tempur Sukhoi Su-30 bahkan sudah dicoba hari Jumat (5/04/2019) di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Pesawat tempur canggih ini dicoba oleh KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa dan KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji sebagai bentuk wing penghormatan atas kerja sama 3 matra TNI.

Terlansir dari Liputan6.com. Jumat (5/04/2019) telah merangkum dari berbagai sumber fakta-fakta yang musti diketahui tentang pesawat tempur canggil milik TNI Sukhoi SU-30 sebagai berikut.

 

2 dari 5 halaman

1. Dirancang oleh Uni Soviet

Pesawat Sukhoi SU-30 adalah bentuk peswat pengembangan dari pesawat tempur Sukhoi SU-27. Peswat tempur SU-27 adalah pesawat tempur produksi awalnya dikerjakan oleh Uni Soviet. Lalu dirancang oleh Biro Desain Sukhoi.

Tujuan diproduksinya pesawat Sukhoi SU-27 ialah sebagai saingan utama generasi baru pesawat tempur Amerika Serikat (yaitu F-14 Tomcat, F-15 Eagle, F-16 Fighting Falcon, dan F/A-18 Hornet). 

Selanjutnya Sukhoi SU-27 kemudian dikembangkan menjadi model awal pembentukan Sukhoi SU-30. Sukhoi SU-30 ini merupakan pesawat yang sangat canggih dan multifungsi.

Dibilang multifungsi karena pesawat tempur ini mampu lakukan serangan darat dan presisi serangan jarak-jauh yang sama hebatnya dengan F-15E Eagles. 

3 dari 5 halaman

2. Sukhoi SU-30 Memiliki Sistem Radiolocation

TNI wajib berbangga karena memiliki pesawat tempur canggih bernama Sukhoi S-30. Kecanggihan pesawat tempur ini terbukti karena dilengkapi sistem radiolocation. Sistem radiolocation adalah sistem untuk mendeteksi keberadaan musuh. 

Sistem radiolocation bisa membuat pesawat tempur ini mengetahui dan mampu melacak hingga 10 target dalam waktu bersamaan. Dengan sistem ini, bisa dibilang Sukhoi S-30 merupakan pesawat tempur yang cocok sebagai pemimpin saat tempur.

4 dari 5 halaman

3.India, Tiongkok, Malaysia dan Indonesia Miliki Sukhoi SU-30

Sukhoi SU-30 dikembangkan oleh negara Rusia. Sehingga Rusia menjadi negara pengguna utama pesawat tempur yang canggih ini. Selan pengguna utama terdapat pengguna lain. Pengguna lain antara lain negara India, Tiongkok, Malaysia dan Indonesia.

Adanya negara Indonesia sebagai pemakai pesawat tempur ini tentu sangat membanggakan. TNI AD kini memiliki senjata udara yang mematikan dan siap jaga wilayah udara NKRI. Dengan memiliki pesawat ini, TNI AD akan bisa rasakan terbang dengan kecepatan maksimal 2.120 km/jam.

5 dari 5 halaman

4. Harga Satuan Pesawat Sukhoi SU-30

Pesawat tempur yang terbang perdana tahun 1989 nyatanya memiliki harga pesawat tempur yang tidaklah murah. Sukhoi SU-30 dihargai satuannya yakni 45 juta dollar amerika. Apabila angka tersebut dikonversikan ke mata uang indonesia maka setara dengan Rp 635 miliar.

Harga fantastis yang berbanding lurus dengan kemampuan canggihnya. Dengan dijaga pesawat tempur Sukhoi SU-30 maka wilayah udara indonesia bisa dipastikan aman.

Loading