Sukses

6 Penyebab Darah Rendah yang Perlu Diketahui, Berikut Cara Mengatasinya

Penyebab darah rendah yang sering di abaikan adalah kurangnya asupan cairan dalam tubuh

Liputan6.com, Jakarta Penyebab darah rendah yang dapat menyerang manusia adalah salah satunya karena anemia. Anemia adalah kondisi kekurangan darah, dan membuat hemoglobin di dalam tubuh berada dalam jumlah di bawah angka normal. 

Penyebab darah rendah lainnya seperti dehidrasi, mengkonsumsi obat-obatan, hingga sedang mengalami kehamilan juga bisa membuat darah rendah semakin parah jika tidak diatasi dengan cepat dan tepat.

Darah rendah merupakan kondisi tekanan darah yang dihasilkan ketika jantung memompa darah keseluruh arteri darah dalam tubuh tidak sesuai ukuran normal, atau kurang dari ukuran normalnya.

Tekanan darah yang normal ukurannya 120/88 mm Hg. Sedangkan untuk ukuran tekanan darah rendah berada pada ukuran sistoliknya atau angka pertamanya 90 dan angka kedua atau distoliknya berada pada ukuran sekitar 60.

Tekanan darah setiap manusia berbeda-beda dan setiap waktunya juga tidak selalu sama, atau selalu berubah-ubah tergantung dari kondisinya. Perubahan tekanan darah secara tiba-tiba kaan menyebabkan pusing, hingga pingsan.

Tekanan darah rendah dapat menyebabkan pusing yang hebat dikarenakan otak gagal menerima aliran darah yang cukup. Penyebab darah rendah setiap orang juga berbeda-beda. Untuk mengetahui penyebab darah rendah, berikut ini Liputan6.com sudah merangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Darah Rendah

1. Cuaca

Penyebab darah rendah yang pertama bisa terjadi kepada manusia adalah karena cuaca atau suhu yang terjadi disekitar. Biasanya cuaca udara yang lebih panas bisa menjadi faktor penyebab darah rendah pada seseorang.

Darah rendah juga akan menyerang jika kamu sering melakukan aktifitas di bawah sinar matahari. Hal ini menyebabkan suhu tubuhmu meningkat dan tekanan darah menurun.

2. Sedang Hamil

Pada masa kehamilan, peredaran darah dalam tubuh berkembang sangat cepat, berbeda dengan kondisi normal atau ketika sedang tidak hamil. Hal ini terjadi karena terdapat perubahan hormonal yang menyebabkan pembuluh darah membesar, dan tekanan darah menurun.

Biasanya tekanan darah mulai turun pada awal kehamilan. Maka dari itu, seorang ibu yang sedang hamil untuk rutin mengecek tekanan darahnya agar mengetahui perkembangan kesehatannya.

3. Penyakit Jantung

Penyebab darah rendah berikutnya adalah penyakit jantung. Orang yang menderita penyakit jantung memang mudah terserang kondisi darah rendah. Hal ini disebabkan oleh darah yang tidak dapat dipompa baik oleh jantung yang bermasalah, sehingga terjadi penurunan tekanan darah.

Otot jantung yang lemah juga bisa beresiko membuat darah rendah. Penyebab dari otot jantung yang lemah adalah serangan jantung atau infeksi virus tertentu.

3 dari 5 halaman

Penyebab Darah Rendah

4. Dehidrasi

Dehidrasi adalah penyebab darah rendah yang sering kita abaikan. Karena tubuh manusia terutama darah komposisi utamanya adalah air, maka ketika air didalam tubuh tidak terpenuhi maka volume darah juga akan mengalami penurunan yang bisa menjadi faktor penyebab darah rendah.

Gejala darah rendah yang disebabkan dehidrasi biasanya penderita akan mengalami pusing dan lemas, hingga pingsan.

5. Sedang Mengkonsumsi Obat

Beberapa jenis obat-obatan memang memiliki efek yang bisa menjadi penyebab darah rendah. Beberapa obat yang dapat mempengaruhi antara lain adalah alpha bloker, beta bloker, dan antidepresan.

Jika kamu mengalami darah rendah setelah mengkonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya segeralah untuk berhenti mengkonsumsinya dan konsultasikan ke dokter.

6. Anemia

Sudah dijelaskan sebelumnya, anemia adalah kondisi di mana seseorang mengalami kekurangan darah di mana hemoglobin di dalam tubuh berada dalam jumlah yang tidak normal.

Anemia juga bisa disebabkan karena pendarahan yang terjadi dibagian tubuh tertentu.

4 dari 5 halaman

Mengatasi Darah Rendah

Darah randah pada umumnya bisa diatasi dengan melakukan beberapa hal berikut yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam sodium.

2. Jangan berdiri atau beraktifitas secara berlebihan, atau istirahatlah.

3. Banyak mengkonsumsi air putih.

4. Kurangi minum-minuman yang beralkohol.

5. Periksa obat-obatan yang sedang kamu konsumsi.

6. Konsumsi obat-obatan untuk mengurangi efek darah rendah.

7. Periksakan diri ke dokter.

5 dari 5 halaman

Mencegah Darah Rendah

Agar tekanan darah selalu normal dan kamu tidak mengalami darah rendah, beberapa cara berikut bisa kamu lakukan agar terhindar dari penyakit darah rendah.

1. Melakukan diet seimbang.

2. Banyak minum.

3. Hindari kondisi yang menyebabkan kamu kepanasan.

4. Hindari mengkonsumsi alkohol.

5. Banyak bergerak atau berolahraga.

6. Istirahat setiap kali merasa lelah.

7. Mandi dengan air hangat dan dingin secara berlebihan.

8. Menjaga konsumsi atau asupan sodium.

9. Sarapan.

Itulah beberapa informasi mengenai darah rendah dari penyebabnya hingga cara mencegahnya agar kamu tidak mengalaminya. Darah rendah bisa menyebabkan penyakit serius yang bisa berbahaya bagi kesehatanmu, maka dari itu budayakan pola hidup yang sehat dan banyaklah berolahraga.

Periksalah tekanan darah secara rutin, untuk mengetahui pakah kamu mengalami darah rendah atau darah tinggi, sehingga kamu bisa lebih waspada dan menghindari hal-hal yang bisa memperburuknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.