Sukses

6 Fungsi Limpa dan Begini Jadinya Jika Manusia Hidup Tanpanya

Limpa yang identik dengan organ kecil yang lunak dan berwarna ungu.

Liputan6.com, Jakarta Fungsi limpa pada manusia, ternyata begitu beragam. Limpa adalah salah satu organ kecil pada tubuh manusia yang memiliki banyak sekali fungsi penting untuk tubuh manusia. Terletak tepat di bawah tulang rusuk sebelah kiri, atau di bagian kiri atas perut, limpa umumnya berukuran sebesar kepalan tangan.

Tapi dalam kondisi tertentu, limpa bisa mengalami pembengkakan yang disebut dengan Splenomegali. Bila telah begitu, limpa yang memiliki peran sangat penting untuk sistem imunitas ini fungsinya bisa terganggu.

Limpa yang identik dengan organ kecil yang lunak dan berwarna ungu ini bila terganggu akan membuat tubuh rentan terkena infeksi. Oleh karena itu, dengan fungsi limpa yang sangat berguna bagi kesehatan tubuhmu.

Sudah seharusnya kamu mengerti tentang apa itu limpa dan apa saja penyakit serta pengobatan yang dapat dilakukan terhadapnya. Seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (5/4/2019), berikut fungsi limpa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi Limpa pada Manusia

Fungsi limpa seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh atau untuk sistem imunitas. Selain itu, ada beberapa fungsi limpa yang perlu kamu ketahui:

1. Membersihkan sel darah merah yang tua dan juga rusak

Trombosit atau sel darah merah di dalam tubuh manusia tidak bertahan selamanya. Ada beberapa bagian dari trombosit atau sel darah merah ini yang mengalami kerusakan, tua dan bahkan telah mati.

Sel darah merah yang telah rusak, tua maupun yang telah mati ini nantinya harus dibuang dan dibersihkan, agar tidak menganggu siklus peredaran darah di dalam tubuh manusia.

Fungsi limpa akan terlibat di sini, dalam membersihkan atau menghancurkan sel darah merah yang telah mengalami kerusakan. Dengan menyimpan beberapa zat penting seperti zat besi di dalam tubuh, limpa akan menghancurkan sel darah merah yang telah mengalami kerusakan tersebut.

2. Melakukan proses penyaringan darah

Fungsi limpa lainnya adalah melakukan proses penyaringan pada darah yang mengalir di dalam tubuh manusia. Ketika darah mengalami hambatan atau kotor, maka limpa akan menyaring darah tersebut, sehingga nantinya darah akan menjadi bersih dan dapat diedarkan ke seluruh tubuh.

Ketika limpa seseorang mengalami gangguan ataupun kerusakan, makan fungsi limpa yang sangat penting dalam penyaringan darah ini juga akan ikut terganggu. Oleh karena itu, hal ini akan mempengaruhi proses penyaringan darah di dalam tubuh kamu.

3. Menyimpan cadangan darah

Masih pada peredaran darah, fungsi darah juga penting dalam menyimpan cadangan darah, selain melakukan penyaringan dan menghancurkan sel darah merah yang sudah rusak.

Cadangan darah ini nantinya memiliki peran yang sangat vital ketika kamu mengalami kekurangan darah, misalnya ketika terluka dan mengalami pendarahan.

Ketika kamu mengalami pendarahan, maka cadangan darah di dalam limpa ini akan membantu menggantikan sementara darah yang keluar akibat pendarahan tersebut.

3 dari 4 halaman

Fungsi Limpa pada Manusia

4. Menghasilkan Sel Darah Putih

Fungsi limpa yang keempat adalah sebagai penghasil sel darah putih atau leukosit. Sel darah putih ini berperan dalam membantu meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Sel darah putih ini termasuk jenis sel darah yang sangat penting bagi tubuh kamu. Oleh karena itu, limpa sebagai penghasil sel darah putih ini juga sangat penting bagi tubuh.

Dengan fungsi limpa yang berjalan baik, makan akan membantu produksi sel darah putih dalam tubuh manusia untuk berjalan baik dan lebih optimal.

5. Bagian dari Sistem Kekebalan Tubuh

Fungsi limpa yang kelima adalah sebagai bagaian dari sistem kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh kita selain dihasilkan oleh asupan makanan, asupan gizi dan asupan vitamain, juga berasal dari sel darah putih.

Dimana sel darah putih tersebut dihasilkan oleh limpa. Oleh karena itu, fungsi limpa sangat penting dalam menjaga kekebalan tubuh manusia.

Ketika limpa memproduksi sel darah putih dengan optimal, maka secara otomatis hal tersebut akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh kamu. Dengan meningkatkan kekebalam tubuh ini, fungsi limpa sangat penting dalam mencegah serangan berbagai macam penyakit pada manusia.

6. Memproduksi antibodi

Produksi antibodi ini lebih berkaitan dengan produksi sel darah putih pada limpa. Antibodi lah yang mempu menangkal kuman, bakteri dan juga virus penyebab penyakit dalam tubuh manusia.

Oleh karena itu, fungsi antibodi ini sangat vital bagi kesehatan manusia. Maka dari itu, dengan produksi yang optimal, limpa akan membantu untuk memproduksi antibodi.

Dengan produksi antibodi ini, nantinya tidak akan menyebabkan tubuh menjadi sakit dan mengalami gangguan kesehatan akibat serangan bakteri dan juga virus.

4 dari 4 halaman

Hidup Tanpa Limpa?

Bila seseorang tidak memiliki limpa dalam tubuhnya, ia tetap bisa hidup, walaupun limpa memiliki peranan yang sangat penting terhadap sistem kekebalan tubuh.

Hal ini kadang terjadi karena beberapa kondisi kesehatan yang mengharuskan seseorang untuk hidup tanpa limpanya. Karena bila limpa yang tidak sehat dibiarkan, akan memicu anemia, lebam atau penderahan, bahkan meningkatkan risiko infeksi dan perkembangan sel kanker yang dapat mengancam nyawa.

Bila seseorang tidak lagi memiliki limpa, makan semua fungsi limpa akan diserahkan ke hati. Karena itulah seseorang dapat hidup tanpa limpa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini