Sukses

Fenomena Alam Langka Ini Indah Banget, Ada yang di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Di dunia ini alam sering memunculkan fenomena yang unik dan membuat manusia terkagum-kagum melihatnya. Fenomena alam ini tercipta dari berbagai hal mulai dari karena suhu, pantulan sinar matahari, hingga sebuah tekanan yang terjadi. 

Fenomena alam juga terkadang hanya terjadi selama sekali dalam kurun waktu yang cukup lama, bisa bertahun-tahun, ratusan tahun, atau bahkan hanya terjadi satu kali saja seumur hidup.

Berbagai fenomena alam yang indah dan langka juga membuktikan kekuasaan tuhan yang begitu hebat dalam menciptakan alam semesta beserta isinya. Fenomena alam langka juga sangat sulit di temui, dan bahkan bisa saja ditemukan pada saat tidak kamu duga. Beberapa fenomena alam juga bisa ditemukan di satu temoat tertentu.

Meskipun fenomena alam yang kadang terjadi itu memberikan pemandangan yang indah dan menakjubkan, ada juga beberapa fenomena alam yang patut diwaspadai jika itu muncul secara tiba-tiba.

Berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa fenomena alam yang indah, dan jarang terjadi dilansir dari Herbeauty, Jumat (5/4/2019).

2 dari 9 halaman

1. Gelembung Metana Beku

Fenomena alam yang indah dan pernah terjadi adalah gelembung metana beku di danau Abraham di Alberta, Kanada. Gelembung beku ini muncul ketika sesuatu seperti daun, serangga, atau hewan terjatuh ke danau yang kemudian mati dan dimakan oleh bakteri yang menghasilkan gas metana.

Gas metana inilah yang membuat fenomena alam ini menjadi indah dan membuat danau di Abraham terlihat sangat cantik saat membeku.

Perlu diperhatikan juga, bahwa gas metana adalah salah satu gas yang cukup berbahaya jika terkena api, dan bisa menyebabkan kebakaran atau meledak.

3 dari 9 halaman

2. Lautan Berbintang

Lautan berbintang atau sea of stars adakah fenomena alam yang pernah terjadi di Maladewa di Pulau Vaadhoo. Kamu bisa melihat cahaya indah yang keluar di bibir pantai dan membuat pemandangan seperti di film-film fiksi.

Cahaya ini sebenarnya terbentuk karena fitoplankton yang bercahaya dan memunculkan efek ini.

4 dari 9 halaman

3. Aurora

Siapa sih yang tidak tahu aurora. Auroro atau yang lebih sering dikenal dengan cahaya dari utara adalah tampilan cahaya alami yang terjadi di langit di dataran tinggi. Aurora terbentuk karena proton dan elektron, hingga medan magnet dan cahaya matahari.

Aurora adalah salah satu fenomena alam yang sering terjadi di Kutub Utara. Jadi jika ingin menikmati aurora kamu bisa pergi ke sana.

5 dari 9 halaman

4. Awan Lentikular

Awan lentikular pernah terjadi di Indonesia. Awan ini berbentuk seperti lensa atau piringan dan ada juga yang menyebutnya berbentuk seperti pesawat luar angkasa. Sebenarnya awan lentikular adalah sebuah awan yang terbentuk diatas gunung karena gangguan aliran udara dan suhu rendah.

Di Indonesia awan lentikular pernah terjadi di puncak Gunung Lawu, Gunung Ungaran, dan beberapa gunung lain di Indonesia.

6 dari 9 halaman

5. Bunga Beku

Bunga beku bukanlah sebuah bunga yang membeku karena udara dingin, melainkan sebuah es yang membeku berbentuk menyerupai bunga. Fenomena ini sering terjadi di dataran tinggi yang memiliki suhu dingin yang ekstrim. Biasanya bisa ditemukan di atas danau, ranting pohon, rumput, hingga tanah.

7 dari 9 halaman

6. Pilar Cahaya

Pilar cahaya adalah fenomena alam yang indah dan jarang terjadi. Pilar cahaya akan berbentuk seperti sebuah pilar yang turun dari atas langit dalam bentuk cahaya. Cahaya ini bisa berasal dari matahari, bulan, bahkan lampu jalan atau benda buatan manusia lainnya yang pantulannya terkena partikel es kecil di udara.

8 dari 9 halaman

7. Pelangi Api

Pelangi api adalah sebuah ungkapan saja untuk fenomena alam yang satu ini. Fenomena alam ini memunculkan pelangi namun berbentuk seperti api yang ada di atas langit. Pelangi api tercipta karena pantulan cahaya dalam kristal kecil yang berada di awan cirrostratus atau cirrus.

9 dari 9 halaman

8. Awan Mammatus

Fenomena alam ini sering dikaitkan dengan badai yang akan terjadi. Awan Mammatus berbentuk menyerupai bulatan-bulatan atau kantung awan yang berada di langit dengan warna yang cukup menyeramkan. Kantung awan ini terbentuk karena udara dingin yang tenggelam kedasar awan.

Itulah beberapa fenomena alam yang indah dan beberapa ada yang jarang terjadi. Mungkin fenomena ini bisa terlihat indah namun juga bisa menandakan akan terjadinya sebuah badai yang berbahaya.

Loading