Sukses

Sosok Aminah Cendrakasih, Pemeran Mak Nyak dalam Film Si Doel The Movie

Liputan6.com, Jakarta Pada Jumat (5/4/2019) bertempat di Studio 6 Emtek City diselenggarakan Indonesia Box Office Award (IBOMA) 2019 untuk memberikan perhargaan bagi insan industri perfilman Indonesia. Banyak kategori yang ada pada IBOMA 2019. Namun ada satu kategori yang menyita perhatian yakni kategori Perhargaan Spesial Juri Karya. Kategori ini memang besifat spesial untuk menghargai aktor/aktris yang mendedikasikan hidupnya untuk film.

Penghargaan pada IBOMA 2019 tersebut diberikan kepada aktris senior bernama Aminah Cendrakasih. Dipilihnya Aminah Cendrakasih bukan tanpa alasan. Aminah Cendrakasih masih bermain film meskipun kondisinya tidak memungkinan. Aminah Cendrakasih kini sudah tidak bisa melihat karena penyakit glukoma. Aminah hanya mampu berbaring saja. Meskipun kondisinya seperti itu, Aminah tetap berkarya dengan ikut syuting Si Doel The Movie.

Menurut salah satu perwakilan juri di atas panggung IBOMA 2019 yakni Reza Rahardian, Aminah Cendrakasih sangat layak dapatkan IBOMA 2019. "Ibu Aminah Cendrakasih sangat mendedikasikan hidupnya buat film Indonesia. Di usia senjanya Aminah Cendrakasih dengan kondisinya saat ini masih tetap berkarya," kata Reza Rahadian.

Penasaran seperti apa kiprah Aminah Cendrakasih dalam industri perfilman Tanah Air? Berikut Liputan6.com, Minggu (7/4/2019) telah terangkum dari berbagai sumber fakta menarik tentang aktris senior Aminah Cendrakasih.

2 dari 7 halaman

Debut Aminah Cendrakasih di Industri Film

Aminah Cendrakasih adalah aktris senior yang telah malang melintang di dunia perfilman. Aktris yang sering dipanggil Emak ini terjun ke dunia film sejak tahun 1951. Pada tahun tersebut, Aminah Cendrakasih bermain dalam film Rindu. Rindu ialah film yang disutradai Iksan Lahardi dan pada film tersebut Aminah mengawali debut karir diperfilman Indonesia.

Pada film Rindu, Aminah Cendrakasih hanya menjadi pemeran pembantu saja. Namun setelah film Rindu tersebut banyak tawaran film yang masuk kepadanya.

3 dari 7 halaman

Jumlah Film & Acara TV

Dari tahun 1951 hingga sekarang, diperkirakan Emak sudah membintangi 100 karya lebih. Namun ada 11 karya Emak yang boleh dibilang karya terbaik. Karya terbaik tersebut berupa film dan acara TV. Berikut daftarnya:

1958 : Tjambuk Api

1976 : Oma Irama Penasaran

1976 : Gitar Tua Oma Irama

1977 : Sinyo Adi

1978 : Betty Bencong Slebor

1982 : Perempuan Bergairah

1986 : AIDS Phobia

1986 : Atas Boleh Bawah Boleh

1994 - 2006 : Si Doel Anak Sekolahan

2011 : Si Doel Anak Pinggiran

2018 : Si Doel The Movie

4 dari 7 halaman

Penyanyi di Pentas Sandiwara

Sebelum namanya melambung di dunia perfilman Indonesia, Aminah Cendrakasih dulunya ialah penyanyi. Suara merdu Aminah dapat ditemukan di pentas sandiwara pada tahun 1955. Pada tahun tersebut bakat Aminah di dunia tarik suara mulai terlihat.

Setelah sebelumnya belum mendapat peran utama, pada tahun 1955 perlahan Aminah mendapatkan peran utama. Debutnya sebagai peran utama dapat disaksikan pada film Gambang Semarang. Dalam film tersebut ia beradu akting dengan Lies Noor.

5 dari 7 halaman

Pencetus film Si Doel The Movie

Sinetron Si Doel Anak Sekolahan memang menjadi sinetron favorit pada zaman dahulu. 12 Tahun mampu bertahan di dunia acara TV, membuat sinetron tersebut patut di apresiasi. Melihat sinetron legenda tersebut laris manis pada zamannya, akhir tahun 2018 Si Doel The Movie dimunculkan lagi.

Menariknya, pencetus film Si Doel The Movie ialah Aminah Cendrakasih. Walaupun Emak sudah terbaring lemah di kasur, namun tetap saja memberikan ide sehingga film Si Doel The Movie lahir. 

6 dari 7 halaman

Masih Semangat Syuting

Seperti diketahui, Emak menderita Glukoma. Glukoma merupakan penyakit dengan kondisi tekanan pada mata berada di atas batas normal. Efeknya kini Emak sudah tidak bisa melihat. Meskipun kondisinya seperti itu, Emak tetap saja ingin berkarya di dunia perfilman Indonesia.

Emak begitu semangat mengikuti syuting Film Si Doel The Movie yang tayang pada 2 Agustus 2018. Emak berakting dengan berbaring ditempat tidur saja. Berkat dedikasi emak di dunia film, rasa-rasanya penghargaan Spesial Juri Karya dalam IBOMA 2019 untuk sosoknya sangat pantas diraihnya. 

Menanggapi perhargaan ini, emak sangat berterimakasih kepada panitia. "Emak tetap semangat syuting, makasih buat juri IBOMA yang memberikan penghargaan buat emak" kata Aminah Cendrakasih.

7 dari 7 halaman

Prestasi Aminah Cendrakasih

Berkat kemampuan aktingnya yang memukau, Aminah Cendrakasih berhasil masuk nominasi di sejumlah ajang penghargaan untuk insan perfilman. Tak cuma itu, ia juga berhasil memboyong sejumlah penghargaan.  Adapun penghargaan yang pernah diraih Aminah adalah sebagai berikut.

- Lifetime Achievement Silet Awards 2017 atas dedikasinya di dunia hiburan

-  Perhargaan Spesial Juri Karya IBOMA 2019