Sukses

7 Fungsi Vitamin E untuk Kesehatan Tubuh, Tak Cuma Buat Kulit

Liputan6.com, Jakarta Vitamin E merupakan salah satu jenis vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh. Selama ini, fungsi vitamin E dikenal untuk merawat dan mengatasi berbagai masalah kulit.

Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan kulit, ternyata vitamin E memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh lainnya. Beberapa diantaranya adalah untuk kesehatan pembuluh darah dan sistem daya tahan tubuh.

Vitamin E merupakan nutrisi yang penting untuk menunjang kinerja dari banyak organ tubuh. Zat ini juga mempunyai efek antioksidan yang bisa memperlambat sel-sel tubuh dari kerusakan. Vitamin E biasanya dikonsumsi untuk mengobati atau mencegah kekurangan vitamin E. Ya, orang-orang dengan penyakit tertentu mungkin memerlukan vitamin E tambahan.

2 dari 6 halaman

Cara Mengonsumsi Vitamin E

Vitamin ini memang hanya dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan saja. Baik itu dalam kondisi kekurangan ataupun ingin melengkapi porsi vitamin di dalam tubuh. Nah, bagi Anda yang sedang dianjurkan atau diwajibkan untuk mengonsumsi vitamin E, Anda perlu memperhatikan instruksi yang tertera di label atau yang telah disesuaikan dengan resep dokter.

Jangan konsumsi vitamin E dengan dosis yang lebih kecil atau lebih banyak atau lebih lama dari yang telah direkomendasikan. Perlu diketahui juga bahwa, vitamin E ini akan bekerja lebih jika dikonsumsi bersama makanan.

Anda bisa menggunakan gelas ukur yang disediakan, sendok ukur, atau cangkir obat yang telah disediakan. Jika Anda tidak memiliki alat untuk mengukur dosis obat, maka mintalah pada apoteker dimana Anda mendapatkan vitamin E tersebut.

Perlu diperhatikan juga, kalau kebutuhan vitamin E seseorang akan meningkat seiring bertambahnya usia. Maka dari itu, Anda perlu untuk mengikuti instruksi dokter dan ahli kesehatan Anda. Saat Anda dalam kondisi membutuhkan operasi atau prosedur medis, Anda perlu memberi tahu dokter bedah kalau Anda sedang mengonsumsi vitamin E. Jika dalam kondisi ini, Anda perlu berhenti konsumsi vitamin E untuk beberapa waktu.

3 dari 6 halaman

Fungsi Vitamin E untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin E ini merupakan jenis vitamin yang mudah larut dalam lemak dan mempunyai efek antioksidan. Fungsi vitamin E ini penting untuk perkembangan tubuh manusia. Vitamin ini berpengaruh penting dalam kekuatan sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan sel, kesehatan mata, dan kesehatan kulit.

Vitamin E ini sangat mudah ditemukan pada banyak makanan seperti sayuran berdaun hijau, minyak nabati, daging sapi, margarin, daging unggas, telur, buah-buahan, kacang-kacangan, dan sereal yang difortifikasi. Selain vitamin E yang berasal dari alam, terdapat juga suplemen vitamin E untuk mengatasi masalah defisiensi vitamin E atau pencegahan penyakit tertentu, seperti masalah pencernaan.

Sebagai vitamin yang dikenal untuk membuat kulit lebih sehat atau untuk mengatasi berbagai kondisi yang berkaitan dengan kulit, ternyata vitamin E memiliki fungsi lainnya yang lebih banyak. Berikut Liputan6.com, Minggu (7/4/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa fungsi vitamin E untuk kesehatan tubuh.

4 dari 6 halaman

Mampu Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Fungsi Saraf

Fungsi vitamin E juga untuk membantu menghambat agregasi trombosit pada darah. Hal ini berkaitan dengan aktivitas saraf dan fungsi saraf dalam tubuh. Dengan kata lain, vitamin E bisa membantu menjaga fungsi dan kesehatan saraf.

Mampu Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Tidak hanya tokoferol, vitamin E juga mengandung senyawa tokotinerol. Penelitian menunjukkan bahwa fungsi anti-inflamasi pada tokotrienol berkontribusi terhadap pencegahan penyakit Alzheimer. Fungsi vitamin E juga berperan dalam memperlambat kehilangan memori dan penurunan fungsi otak. Konsumsi vitamin E yang dibarengi dengan vitamin C juga dapat mengurangi risiko demensia.

Menunjang Kesehatan Mata

Selain untuk melindungi sel dan meningkatkan imunitas tubuh, vitamin E juga bisa menjaga kesehatan mata untuk waktu yang lama. Hasil penelitian dari Department of Epidemology and Health Statistics yang dilakukan oleh Qingdao University Medical College menemukan bahwa asupan vitamin E dan tingkat serum tokoferol yang tinggi mampu menurunkan risiko penyakit katarak pada mata orang berusia lanjut.

 

5 dari 6 halaman

Menyembuhkan Luka Hingga Menjaga Keseimbangan Hormon

Menyembuhkan Luka

Fungsi vitamin E juga memiliki efek yang baik ketika seseorang mengalami luka. Vitamin E berfungsi untuk menyembuhkan luka dengan cepat dan meregenerasi jaringan ekstra sel yang rusak atau hilang.

Menjaga Keseimbangan Hormon

Fungsi vitamin E lainnya adalah untuk keseimbangan sistem endokrin dan saraf karena mampu menyeimbangkan sistem hormon. Beberapa gejala hormon yang tidak seimbang antara lain kenaikan berat badan, sakit perut akibat menstruasi, infeksi saluran kemih, hingga alergi dan kecemasan berlebih. Konsumsi buah-buahan dan sayuran kaya vitamin E bisa mencegah munculnya keluhan-keluhan di atas.

6 dari 6 halaman

Menjaga Kualitas Antioksidan Hingga Mengatur Aktivitas Enzim

Kualitas Antioksidan

Fungsi vitamin E yang paling besar adalah kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Dikombinasikan dengan oksigen, antioksidan ini sangat ampuh menghancurkan radikal bebas. Maka tidak heran, kalau vitamin E digunakan untuk kesehatan kulit dari serangan radikal bebas sinar matahari.

Mengatur Aktivitas Enzim

Vitamin E juga membantu tubuh mengatur aktivitas enzim, salah satunya yang berkaitan dengan pertumbuhan otot polos. Zat dalam vitamin E mengatur pertumbuhan otot polos agar tidak merugikan tubuh.

Loading