Sukses

4 Bukti Kemasan Plastik Sangat Sulit Terurai, Ada Produk dari Tahun 80-an

Liputan6.com, Jakarta Bukan hal yang baru jika sampah plastik sulit terurai. Bahkan saat ini pun sudah ada berbagai fenomena yang cukup memprihatinkan terkait dengan sampah plastik. Mulai dari banyaknya hewan laut yang mati, hingga adanya tumpukan sampah di kutub utara.

Tentu saja fenomena tersebut bukan hanya terjadi di luar negeri. Di Indonesia pun masalah sampah cukup serius. Baru-baru ini seorang netizen di media sosial Twitter dengan akun @selfeeani, menemukan adanya sampah plastik yang masih utuh di bibir pantai.

Dilihat dari kemasan, sampah plastik kemasan makanan tersebut memiliki usia sekitar 19 tahun. Namun sampah plastik tersebut tetap utuh hanya warnanya saja yang memudar. Hal ini membuktikan jika memang sulitnya sampah plastik terurai meski puluhan tahun telah berlalu.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, ternyata bukan kali ini saja ditemukan sampah plastik yang telah berusia lebih dari 10 tahun. Berikut ini beberapa penemuan sampah plastik yang sulit terurai dari puluhan tahun lalu, Senin (8/4/2019).

2 dari 5 halaman

1. Bungkus minuman serbuk tahun 1990-an

Jika kamu termasuk dalam generaasi 90-an, tentu saja tak asing dengan bungkus minuman satu ini. Bungkus minuman satu ini ini ditemukan oleh netizen.

Foto tersebut pun diunggah pada akun Instagam @awreceh.id. Jika dilihat dari kemasannya, bungkus minuman ini sudah lama terkubur dalam tanah. Tentu ini juga sebagai bukti jika sampah plastik sulit terurai meski telah terkubur dalam tanah.

3 dari 5 halaman

2. Bungkus mie instan tahun 2000

Penemuan terbaru mengenai sampah plastik ini ialah bungkus mie instan. Bungkus mie instan ini ditemukan di bibir pantai oleh seorang netizen dan diunggah pada akun Twitter @selfeeani.

Jika dilihat dari bungkusnya, sampah plastik bungkus makanan ini memiliki usia 19 tahun. Karena pada bagian depan kemasan tertulis 55 tahun Dirgahayu Indonesiaku. Tentu saja hal ini cukup miris, karena selama bertahun-tahun sampah plastik ini hanyut di sungai namun tidak terurai.

4 dari 5 halaman

3. Bungkus mie instan tahun 1998

Selanjutnya ialah sampah plastik dari bungkus mie instan. Pada akun Instagram @mountainesia, ia mengunggah penemuan bungkus mie instan ini.

Sampah plastik tersebut pun sudah memiliki usia 18 tahun jika dilihat dari kemasannya. Meski sudah 18 tahun berlalu, sampah palstik yang terkubur dalam tanah pun tak terurai. Sampah plastik ini pun ditemukan di Gunung Salak, Jawa Barat.

5 dari 5 halaman

4. Kemasan shampo tahun 1980-an

Sampah plastik memang termasuk dalam sampah yang sulit terurai. Namun jika sudah lebih dari 30 tahun apakah masih tetap tak terurai?

Ternyata meski sudah berusia lebih dari 30 tahun, sampah plastik tetap sulit terurai. Hal ini bisa dilihat pada unggahan Instagram Story dari akun @denissa.pramesty.

Ia mengunggah sebuah penemuan sampah plastik kemasan shampo saat sedang membersihkan pantai dengan sebuah komunitas. Namun mirisnya, ia menemukan sampah kemasan shampo yang dikeluarkan tahun 1980-an. Tentu saja ini menjadi bukti jika sampah plastik memang sulit terurai.

Tragedi Kabut Asap
Loading
Artikel Selanjutnya
Unik, Perusahaan Ini Buat Inovasi Aspal dari Bahan Sampah Plastik
Artikel Selanjutnya
Kurangi Penggunaan Plastik, Pria Ini Bikin Botol dari Bambu