Sukses

6 Salad Versi Kearifan Lokal Asli Indonesia, Enggak Kalah Sama Luar Negeri

Salad asli Indonesia dikombinasikan dengan bumbu-bumbu khas daerah membuatnya bertambah lezat.

Liputan6.com, Jakarta Salad merupakan racikan makanan yang terdiri dari sayur dan buah yang bisa menjadi alternatif makanan sehari hari. Biasanya salad dikonsumsi orang orang yang sedang dalam program diet dan mengurangi konsumsi karbohidrat.

Salad lebih terkenal sebagai makanan yang berasal dari budaya luar negeri, yang akhirnya menjadi sering juga dikonsumsi di Indonesia. Racikan sayur dan buah ini memang sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Tetapi, sebenarnya di Indonesia pun telah ada budaya untuk memakan racikan sayur dan buah ini. Bahkan dengan menambahkan bumbu-bumbu khas Indonesia untuk menambahkan kelezatannya.

Oleh karena itu, wajib untuk kamu mengetahui tentang salad yang telah dimiliki Indonesia, yang rasa dan kualitasnya enggak kalah sama salad dari luar negeri seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pecel dan Lotek

1. Pecel

Salad pertama yang asli Indonesia tidak lain tidak bukan adalah pecel. Tentu salad yang satu ini sudah terkenal seantero Indonesia.

Pecel merupakan salad yang berisi sayuran sayuran yang telah direbus terlebih dahulu, kemudian diberi kuah saus kacang. Biasanya sayur sayuran yang terdapat dalam pecel adalah tauge, sayur bayam, kangkung, mentimun, dan sayuran lainnya.

Biasanya selain sayur sayuran, di dalam pecel juga ada lontong ataupun nasi. Jadi sesuai pilihan kamu, apakah sedang ingin memakan nasi, ataupun pakai lontong saja.

2. Lotek

Lotek sebenarnya hampir sama dengan pecel, menggunakan sayuran yang telah direbus dan kuah saus kacang. Tetapi bedanya adalah lotek bisa terasa lebih manis maupun lebih pedas.

Hal ini karena lotek yang menggunakan gula merah dan cabe rawit dalam pembuatan bumbu saus kacangnya. Uniknya, kamu bisa meminta berapa cabe rawit yang diinginkan, dan seberapa banyak gula merah yang diinginkan. Tergantung kamu mau lotek yang manis maupun yang pedas.

3 dari 4 halaman

Gado-Gado dan Karedok

3. Gado gado

Lagi-lagi kita bertemu dengan salad yang hampir sama bentuk dan rasanya. Gado gado memang persis seperti pecel maupun lotek. Menggunakan sayur sayuran yang telah direbus dan kuah saus kacang sebagai bahan utamanya.

Perbedaan yang paling tampak antara gado gado dengan pecel ataupun lotek adalah diberikannya tambahan telur dan kentang rebus pada gado gado. Kadang, ada juga gado gado yang sayur sayurannya diolah dan disajikan secara mentah.

4. Karedok

Karedok merupakan salad dengan sayur sayuran yang disajikan masih mentah, sehingga salad ini tersa menyegarkan ketika kita mengonsumsinya.

Karedok merupakan makanan khas dari Jawa Barat. Masih sama dengan salad Indonesia lainnya, karedok juga disajikan dengan kuah saus kacang, tentunya dengan cita rasa yang khas.

4 dari 4 halaman

Rujak Cingur dan Urap

5. Rujak cingur

Rujak cingur ini merupakan salad yang memiliki bahan dasar sayur sayuran dan buah buahan. Salad lokal ini biasanya berisikan buah nanas, bengkoang, manga muda, jambu, dan buah lainnya.

Rujak cingur yang berasal dari daerah Jawa Timur ini juga memakai kuah saus kacang sebagai kuahnya. Bedanya, kuah rujak cingur lebih kental dari kuah-kuah salad Indonesia lainnya.

6. Urap atau Trancam

Urap atau trancam memiliki cita rasa yang berbeda dari salad lainnya. Dengan menggunakan berbagai jenis sayuran mentah dan bumbu berupa parutan kelapa dengan ciri khas Indonesia, membuat urap memiliki rasa yang berbeda dengan salad lainnya.

Urap atau trancam ini tidak seperti salad lainnya yang berkuah. Urap bertekstur kering dan tidak berkuah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.