Sukses

4 Fungsi Spinner Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental, Bantu Tingkatkan Memori Otak

Fungsi spinner dapat mengatasi rasa cemas berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta Spinner atau lebih dikenal dengan fidget spinner adalah mainan tangan yang sempat viral beberapa tahun lalu. Saking boomingnya, spinner seakan sudah menjadi barang wajib bagi anak anak kala itu.

Secara harfiah, fidget spinner bisa diterjemahkan sebagai pemutar kecemasan. Hal ini dapat juga menjadi fungsi spinner secara umum bagi pemakainya.

Memainkan spinner cukup dengan memegang bagian tengah spinner. Ketika kamu memutarkan bagian sisi-sisinya, maka spinner akan terus berputar dalam waktu yang lama, kecuali kamu menghentikannya duluan.

Tetapi spinner ternyata bukanlah permainan yang tidak memiliki fungsi atau manfaat. Ada beberapa pejelasan dan fungsi spinner yang bisa kamu dapatkan untuk kesehatan tubuh dan mental seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penjelasan Tentang Spinner

Mainan yang booming dengan begitu cepat dan hilang juga dengan begitu cepat ini dipromosikan sebagai permainan yang bermanfaat untuk otang orang yang memiliki riwayat ADHD (Attention Deficit Hiperacticity Disorder), kecemasan berlebihan dan autisme.

Fungsi spinner ini selain membantu penderita ADHD, penderita cemas berlebihan, dan autisme juga menambah konsentrasi dan mengeluarkan kreativitas yang ada di dalam diri manusia. Tetapi fungsi spinner tersebut dianggap para ahli sebagai klaim yang terlalu berlebihan.

Mark Rapport, seorang Psikolog Klinis di University of Central Florida yang mempelajari tentang manfaat dari gerakan untuk pengalihan perhatian pada penderita ADHD, menyatakan bahwa fungsi spinner cenderung sebagai distraksi atau pengalih perhatian bagi penderita ADHD, cemas berlebihan dan autisme tersebut.

Selain itu, banyak juga pengamat lainnya telah mempelajari apakah fungsi spinner benar-benar seperti yang telah disebutkan produsennya ketika promosi. Karena tidak ada penelitian yang secara khusus menyatakan bahwa fungsi spinner benar benar seperti yang telah disebutkan, para pengamat menyatakan bahwa fungsi spinner seperti yang telah diklaim produsennya merupakan hal yang tak berdasar.

Terlepas dari itu, banyak juga orang orang yang menyatakan bahwa fungsi spinner memang ada pada peningkatan fokus atau konsentrasi pada anak. Hal ini disebabkan karena banyak anak pada zaman sekarang yang tidak fokus karena multitasking.

3 dari 5 halaman

Fungsi Spinner

1. Menghilangkan Kebiasaan Ketika Cemas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menilik pengertiannya secara harfiah, fidget spinner merupakan permainan yang dapat mengatasi perasaan cemas, atau setidaknya mengalihkannya.

Biasanya seseorang secara tidak sadar menggerakkan tangannya atau jemarinya ketika sedang merasa cemas, gelisah, bosan, was was, atau perasaan buruk lainnya. Ketika kamu mengalami stres, biasanya respon tubuh adalah dengan menggoyangkan kaki atau menggigit jari, serta menggerakkan tangan untuk menurunkan kadar stres.

Selain itu, menggigit jari merupakan hal yang sangat tidak sehat. Biasanya hal hal seperti menggigit kuku, merokok, makan berlebihan, maupun minum kopi yang terkadang memberikan dampak buruk, dapat kamu cegah dan atasi dengan fungsi spinner ini.

Oleh karena itu, fungsi spinner adalah untuk menghilangkan, mengatasi atau mengalihkan perasaan perasaan buruk tersebut ke dalam permainan ini. Sehingga kamu tidak perlu lagi memutar pena dengan tangan, maupun menggigit jari, karena spinner telah menggantikan hal hal tersebut.

4 dari 5 halaman

Meningkatkan Konsentrasi dan Kreativitas

2. Meningkatkan konsentrasi atau fokus

Sedangkan fungsi spinner yang kedua adalah mengikatkan konsentrasi dan fokus. Dengan gerakan spinner yang terus menerus berputar, dapat membuat kamu berkonsentrasi dan waspada dengan sekitar.

Ketika kamu perlu terjaga untuk membuat tugas, padahal kamu sangat mengantuk, fungsi spinner akan membantu kamu tetap fokus dengan kerjaan. Oleh akrena itu, fungsi spinner adalah untuk meningkatkan konsentrasi kamu dan membuatmu lebih memperhatikan lingkungan sekitar.

3. Meningkatkan memori dan kreativitas

Selain itu, fungsi spinner juga bisa kita dapatkan untuk meningkatkan memori dan kreativitas. Selain itu hal ini juga menyebabkan menurunnya tingkat kortisol dan menurunkan hormon stres.

Hal ini terjadi karena setelah dapat berkonsentrasi dan fokus, pikiran kamu menjadi lega dan bebas dari beban beban yang sebelumnya kamu rasakan. Hal itu memicu dalam meningkatnya memori dan peningkatan dalam proses kreatif seseorang.

5 dari 5 halaman

Fungsi Spinner Lainnya

4. Menghilangkan Kebosanan

Banyak tempat yang memerlukan kamu untuk mengantre atau menunggu lama. Sebut saja ketika menunggu panggilan dari dokter, menunggu bus, atau sedang dalam perjalanan jauh. Hal ini tentu saja akan membuatmu bosan dan memerlukan suatu distraksi atau pengalih kebosanan tersebut.

Disinilah fungsi spinner juga muncul. Dengan memainkan spinner, kamu tidak akan mengganggun orang orang di sekitar. Selain itu memainkannya sangatlah mudah dan tanpa usaha yang banyak pula, menyebabkan hal ini sangat efektif dimainkan ketika sedang bosan atau tidak melakukan apapun.

Walaupun terdapat beberapa fungsi spinner bagi tubuh dan kesehatan kamu, tetapi hal-hal tersebut masih banyak dipertanyakan. Banyak ahli yang melihat fungsi dan manfaat yang telah disebutkan tersebut merupakan hal yang telalu dibesar-besarkan. Banyak juga yang mengatakan kalau pendapat tersebut tidak berdasar karena belum adanya penelitian yang membuktikannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.