Sukses

Lempar Koin Keberuntungan Sebelum Masuk ke Pesawat, Pria Ini Ditahan 10 Hari

Pria itu menjelaskan bahwa dia bertindak atas saran ibu mertuanya.

Liputan6.com, Jakarta Terjadi lagi, seorang pelancong di China ditahan oleh pihak berwajib karena melempar koin sebelum naik pesawat. Usut punya usut, alasan orang itu melempar koin adalah sebagai simbol doa keberuntungan.

Insiden terbaru ini terjadi pada hari Selasa, (2/4/2019) di Bandara Internasional Tianhe Wuhan, China. Rekaman kamera pengintai yang diposting online menunjukkan seorang pria berjaket merah terlihat melempar koin dari celah di garbarata sebelum melangkah ke pesawat.

Untungnya aksi pria berusia 31 tahun itu diketahui oleh petugas bandara. Pria bermarga Xia itu lalu ditahan. Petugas pun segera menyelidiki landasan pacu untuk mencari koin yang dilemparkan oleh pria itu. Dalam pencarian ditemukan tiga koin. Akibat ulah pria tersebut, penerbangan Hainan Airlines menuju Urumqi mengalami delay selama 30 menit.

Berikut kisah lengkap pria yang melempar koin sebelum masuk ke dalam pesawat yang Liputan6.com, Senin (8/4/2019) lansir dari shanghai.ist.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Saran dari Sang Mertua

Xia bepergian dengan istrinya dan anak perempuan mereka yang berumur empat bulan. Saat ditanyai, Xia mengatakan kepada polisi bahwa melempar koin sebelum naik ke pesawat merupakan ide dari ibu mertuanya.  Ibu mertuanya percaya bahwa tindakan itu akan membuat perjalanan mereka  aman dan lancar. 

Saat tiba di bandara, Xia hanya memiliki satu koin satu yuan, lalu pergi ke toko untuk mendapatkan lebih banyak uang koin, dengan alasan bahwa satu koin tidak akan cukup untuk memastikan keselamatan mereka.

Xia juga menambahkan bahwa dia tidak percaya bahwa melempar koin di terminal akan efektif, jadi dia menunggu sampai dia mendapat kesempatan di garbarata.

Atas perbuatannya tersebut, akhirnya Xia ditahan selama 10 hari. Tidak jelas apakah dia akan menghadapi hukuman tambahan. Sementara istri dan putrinya diperbolehkan untuk pergi ke Urumqi dan pesawat mereka mendarat dengan selamat.

3 dari 3 halaman

Sudah 6 Kali Kejadian Seperti Ini

Kejadian melempar koin ini, setidaknya sudah enam kali terjadi di Tiongkok dalam dua tahun terakhir.

Insiden pertama terjadi pada Juni 2017 ketika seorang anak berusia 80 tahun melemparkan uang koin di bandara Pudong Shanghai "berdoa untuk penerbangan yang aman," tutur wanita itu. Hal ini menyebabkan penerbangan harus ditunda selama lima jam dan kerusakan mesin pesawat senilai 1 juta yuan. Terlepas dari biaya ganti rugi yang besar, wanita itu tidak didakwa dengan kejahatan apa pun karena usianya yang sudah lanjut.

Beberapa bulan kemudian, seorang nenek berusia 76 tahun melemparkan koin ke dalam mesin saat dalam penerbangan Lucky Air dari kota Anqing, Anhui ke Kunming. Wanita itu ditahan tetapi tidak pernah dituntut.

Kemudian, di bandara Anqing pada bulan Januari lalu, penerbangan China Eastern Airlines terpaksa ditunda ketika pekerja menemukan dua koin tergeletak di tanah dekat mesin pesawat . Ketika ditanyai, tidak ada penumpang yang mengakuinya.

Bagi kamu yang mau naik pesawat, jangan pernah melempar koin ya. Hal ini sangat berbahaya karena koin tersebut bisa masuk ke mesin pesawat dan membahayakan keselamatan penumpang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.