Sukses

Menantang dan Indah, Ini 5 Wisata Alam Liar di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Liputan6.com, Jakarta Menjelajahi alam liar mungkin bukanlah suatu agenda wisata yang banyak digandrungi oleh sebagian orang. Namun bukan berarti berlibur menghabiskan waktu dengan berkunjung ke tempat wisata alam liar tidak menarik untuk dijelajahi.

Wisata alam liar memang identik dengan hutan-hutan yang berbahaya dan padang savana yang dikelilingi hewan buas atau predator merupakan pilihan yang sangat sulit. Tapi, buat kamu yang penasaran dengan wisata alam liar, ternyata Indonesia memiliki beberapa tempat wisata alam liar yang wajib kamu kunjungi.

Tidak hanya menikmati keindahan alam yang memikat, dengan mengunjungi tempat wisata alam liar kamu juga bakal menemukan hewan-hewan langka yang keberadaannya menuju punah. Jadi, mulai sekarang cobalah untuk mengunjungi tempat wisata alam liar ini untuk seumur hidupmu.

Berikut Liputan6.com, Selasa (9/4/2019) rangkum dari berbagai sumber beberapa tempat wisata alam liar yang bisa kamu kunjungi untuk liburan seru.

2 dari 6 halaman

Labuan Cermin

Kalimantan merupakan salah satu rumah bagi sejumlah hutan tertua di dunia di Indonesia. Kalau kamu mau menikmati berwisata ke alam liar, cobalah masuk ke dalam hutan Kalimantan ini. Di sini kamu bakal menemukan wisata alam liar terbaik yang memiliki pemandangan sangat indah. Ya, di salah satu hutan di Kalimantan Timur terdapat Danau Labuan Cermin. Danau yang memiliki air sebening kaca ini terletak di Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur.

Buat kamu yang penasaran sebening apa air yang ada di danau ini, langsung saja datang untuk melihat keindahan dan kejernihannya secara langsung. Rasakan langsung berjalan di bawah air dengan meniti akar pohon yang menjulur hingga ke tengah danau.

3 dari 6 halaman

Air Terjun Tembok Barak

Bergeser ke sisi timur Indonesia, yaitu Bali. Pulau ini sudah sangat terkenal dengan sejuta tempat wisatanya, apalagi dengan keindahan pantainya. Namun ternyata, tidak hanya pantai saja yang ada di pulau Dewata ini. Kamu bisa coba menikmati wisata alam liar yang tak kalah kerennya dengan wisata Bali lainnya. Kamu bisa mencoba mengunjungi wisata menarik lainnya seperti Air Terjun Tembok Barak.

Letak air terjun ini berada di Desa Sambangan, Singaraja. Air terjun ini tidak cukup tinggi dan airnya terlihat mengalir melalui dinding tebing yang berwarna kemerahan.

4 dari 6 halaman

Taman Nasional Way Kambas

Tempat wisata alam liar yang bisa kamu coba singahi adalah Taman Nasional Way Kambas. Di sini kamu bisa bertemu juga berinteraksi langsung dengan gajah. Way Kambas merupakan salah satu taman nasional tertua di Indonesia. Kamu bisa melihat gajah langsung di habitatnya. Tidak hanya melihatnya secara langsung, kamu juga bisa melakukan banyak kegiatan dengan salah satu hewan yang dilindungi ini.

Taman Nasional Way Kambas ini memiliki luas lahan sekitar 1.300 hektar dengan pemandangan alam yang sangat indah. Pepohonan dan padang rumput yang hijau bakal buat kamu nyaman berada di sini.

5 dari 6 halaman

Taman Nasional Tanjung Puting

Wisata alam liar selanjutnya datang dari tanah Borneo lagi, yaitu Taman Nasional Tanjung Puting. Di sini kamu bisa melihat keindahan Pulau Kalimantan yang dipenuhi dengan hutan ini. Kamu bisa menikmatinya dengan menyusuri sungai dan membelah hutan dengan menggunakan perahu yang telah disediakan di sana.

Taman Nasional Tanjung Puting ini masih memberikan panorama yang sangat alami, berasa di Hutan Amazon. Tidak hanya melihat hamparan hutan, di sini kamu juga bisa menyaksikan orangutan yang mulai punah di habitatnya ini secara langsung.

6 dari 6 halaman

Pulau Komodo

Pulau Komodo merupakan salah satu tempat wisata alam liar yang paling digemari oleh wisatawan. Pulau Komodo ini terletak di Nusa Tenggara Timur yang termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Di sini kamu bakal menemukan reptile purbakala yang berukuran besar dan masih berkembang biak dengan baik hingga saat ini.

Di sini komodo dibiarkan bebas berkeliaran demu tetap melestarikan keberadaannya. Selain bisa melihat komodo, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata lainnya yang enggak kalah keren seperti Pulau Pink atau menyelam di lautan yang indah.

Loading