Sukses

5 Mitos tentang Pilek pada Anak yang Ternyata Keliru, Orang Tua Wajib Tahu

Anak mudah pilek. Orangtua perlu tahu tentang mitos pilek yang ternyata keliru ini.

Liputan6.com, Jakarta Anak-anak di bawah usia 3 tahun rentang pilek. Rata-rata anak akan mengalami enam hingga delapan kali pilek dalam setahun. Banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya adalah tangan kotor. 

Anak-anak dan orangtua sering mengabaikan penyakit ini, virus cenderung bersarang di tangan, pakaian, dan mainan mereka - di mana virus itu dapat hidup selama 30 menit. Ketika anak lain menyentuh mainan yang terinfeksi dan kemudian menggosok hidung atau matanya, dia bisa terjangkit virus tersebut.

Namun, mengalami pilek untuk anak kecil ternyata dapat melindungi anak-anak di kemudian hari. Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang sering menderita pilek di prasekolah, anak-anak tersebut akan lebih sedikit mengalami pilek selama tahun-tahun di sekolah.

Ini terjadi karena sistem kekebalan mereka telah belajar mengenali dan melawan virus. Dan sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa bayi yang menderita lebih dari satu pilek sebelum ulang tahun pertama kemungkinan kecil terkena asma pada usia 7 tahun.

Penyakit pilek yang sering terjadi pada anak anak ini seiring berjalannya waktu terdapat sebuah mitos yang sebenarnya keliru. Berikut Liputan6.com lansir dari laman Parents, Selasa (9/4/2019)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Mitos Tentang Pilek yang Ternyata Keliru

1. Antibiotik akan membantu anak mengatasi flu 

Hal ini ternyata keliru. Karena pilek disebabkan oleh virus, mereka tidak dapat diobati dengan antibiotik, yang hanya membunuh bakteri.

2. Ingus hijau berarti anak menderita infeksi sinus

Ketika anak mengalami pilek dan ingus yang keluar dari hidungnya berwarna hijau, orangtua seringkali panik. Pasalnya ingus hijau dipercaya bahwa anak sedang terinfeksi sinus. Tapi ternyata tidak. Pilek biasanya melewati fase ketika sekresi hidung kekuningan atau kehijauan. Dan itu wajar.

3. Kelaparan mempermudah kedinginan

Penting bagi anak untuk makan agar tubuhnya tetap kuat dan membantunya melawan infeksi. Namun, jangan khawatir, jika anak tidak punya nafsu makan selama satu atau dua hari. Pastikan dia terus minum. "Jika dia demam dan pilek, mudah baginya mengalami dehidrasi," kata Dr. Carol J. Baker, MD, seorang profesor pediatri di Baylor College of Medicine di Houston.

4. Anak tidak boleh batuk

Batuk sebenarnya adalah mekanisme perlindungan yang membersihkan lendir dari saluran pernapasan anak. Hindari memberinya penghilang batuk kecuali jika secara khusus direkomendasikan oleh dokter.

5. Herbal, vitamin, dan mineral mencegah penyakit

Para peneliti telah menguji vitamin C, echinacea, dan seng secara ketat dan hasilnya mengecewakan. Faktanya, satu penelitian baru-baru ini menemukan bahwa beberapa anak yang mengonsumsi seng memiliki efek samping yang tidak menyenangkan, seperti mual, diare, dan iritasi tenggorokan.

3 dari 4 halaman

Gejala-Gejala Penyakit yang Biasa Menyerang Anak

Pilek biasanya berlangsung selama 6 hingga 14 hari — lebih lama daripada yang diperkirakan banyak orang tua. "Mereka paling menular selama tiga hari pertama dari gejala, tetapi masih bisa masuk angin dari seseorang yang sudah mengalaminya selama dua minggu," kata David Jaffe, MD, direktur obat darurat di Rumah Sakit Anak St. Louis.

1. Gejalan Sakit Tenggorokan

Seringkali pertanda pilek, ini berlangsung sekitar 5 hingga 9 hari.

2. Gejala Pilek

Dimulai pada hari ke 2 atau 3. Berlangsung selama 10 hari pada 30 persen anak-anak, 14 hari dalam 20 persen. Hari 2 atau 3. Berlangsung selama 10 hari pada 30 persen anak-anak, 14 hari dalam 20 persen.

4. Gejala Batuk

Mulai sekitar pertengahan demam dan mengalami batuk hingga tiga minggu.

5. Gejala Demam

Setengah dari anak-anak memiliki suhu 101 hingga 103 derajat F selama dua atau tiga hari pertama. Hubungi dokter anak jika demamnya lebih lama.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah Pilek pada Anak

1. Cuci Tangan

Cara termudah untuk masuk angin adalah dengan terkena virus yang bersarang ditangan dan kemudian menyentuh hidung atau mata.

2. Menutupi Mulut Saat Bersin

Jutaan kuman demam dikeluarkan ke udara setiap bersin.

3. Berselimut Ketika Cuaca Dingin

Anda bisa masuk angin karena kedinginan.

4. Jangan Menciumnya Saat Sakit

Kuman dingin dari mulut Anda dapat menginfeksi orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.