Sukses

10 Manfaat Kulit Pisang untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kulit pisang ternyata sangat banyak, baik untuk kesehatan, kecantikan, ataupun untuk yang lainnya. Kulit pisang sering kali dibuang karena dianggap tidak bermanfaat dan hanya menjadi limbah sampah organik saja. Namun jika diolah dengan benar, kandungan dalam kulit pisang ternyata memiliki manfaat yang cukup besar. 

Pisang adalah buah yang digemari oleh banyak orang karena rasanya dan mudah ditemui di berbagai tempat. Rasanya yang cenderung manis membuat pisang banyak yang menyukainya. Selain rasa pisang yang enak, kandungan nutrisi dalam buah pisang juga cukup banyak dan baik untuk tubuh kita.

Buah pisang sangat tinggi kandungan nutrisinya. Pisang mengandung provitamin A, vitamin B, tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6. Kandungan-kandungan yang terdapat dalam pisang ini sangat bagus untuk memberikan energi pada tubuh.

Terkadang pisang juga digunakan sebagai makanan atau buah-buahan untuk melakukan program diet, dan bahkan sering di konsumsi oleh para atlet sebelum melakukan olahraga karena kandungannya yang banyak dan memberikan energi yang cukup baik.

Kita sering kali membuang kulit pisang setelah memakan buah pisang tanpa mengetahui bahwa ternyata menfaat kulit pisang itu sangat beragam. Kuit pisang bisa diolah atau digunakan secara langsung untuk dimanfaatkan bagi tubuh kita. Salah satu contohnya adalah untuk memutihkan gigi.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com sudah merangkum beberapa informasi mengenai manfaat kulit pisang yang perlu kamu ketahui, Selasa (9/4/2019).

2 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Pisang untuk Atasi Jerawat hingga Kurangi Kerutan

1. Mengatasi Jerawat.

Jangan buang kulit pisang yang kamu punya atau setelah memakan buahnya. Karena ternyata kulit pisang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat yang muncul di wajah.

Caranya cukup mudah, hanya dengan mengaplikasikan kulit pisang pada bagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama kurang lebih lima menit. Lakukan secara teratur agar hasilnya lebih maksimal.

2. Mengurangi Kerutan.

Manfaat kulit pisang selanjutnya ternyata bisa digunakan untuk mengurangi kerutan yang ada di wajah. Cara memanfaatkan kulit pisang untuk mengurangi kerutan adalah dengan membuat masker dari kulit pisang dengan tambahan sedikit madu.

Kamu cukup mengambil bagian dalam dari kulit pisang kemudian haluskan dan campur dengan satu sendok teh madu. Aplikasikan masker ini ke wajahmu dan diamkan selama kurang lebih 15 menit.

3. Membuat Wajah Lebih Bersinar.

Kamu bisa membuat wajahmu lebih bersinar atau lebih berseri-seri menggunakan kulit pisang. Caranya, gosokkan bagian dalam kulit pisang ke wajah setiap sebelum tidur. Diamkan semalaman dan bilas keesokan harinya. Usahakan bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini setiap hari, agar hasil lebih maksimal.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Pisang untuk Mengangkat Sel Mati hingga Putihkan Gigi

4. Mengangkat Sel Kulit Mati.

Manfaat kulit pisang selanjutnya adalah bisa mengangkat sel kulit mati pada wajah. Caranya kamu bisa membuat makser dari kulit pisang yang sudah di haluskan kemudian oleskan keseluruh permukaan kulit dan diamkan selama 10-15 menit. Basuh dengan air bersih, dan lakukan kegiatan ini setiap hari untuk hasil yang lebih maksimal.

5. Menghilangkan Mata Panda

Ternyata kulit pisang juga bisa digunakan untuk menghilangkan mata panda. Caranya dengan menyiapkan kulit pisang dan gel lidah buaya. Ambil bagian dalam kulit pisang, dan daging lidah buaya. Campurkan kedua bahan ini lalu oleskan di sekitar mata dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih.

6. Memutihkan Gigi

Siapa sih yang tidak ingin memiliki gigi yang bersih dan putih bersinar? manfaat kulit pisang selanjutnya ternyata bisa digunakan untuk memutihkan gigi yang berwarna kuning agar terlihat lebih cerah.

Caranya dengan menggososk kulit pisang setiap hari selama satu minggu dan diamkan selama satu menit setelah menggosoknya. Kemudian bersihkan gigi seperti seperti biasa menggunakan sikat gigi dan pasta gigi.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Pisang untuk Kesehatan

7. Menurunkan Kolesterol

Kuit pisang memiliki kadar serat yang cukup tinggi dan serat yang tinggi pada makanan bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh. Maka dari itu, konsumsi kulit pisang bisa menurunkan kolesterol dalam tubuh kita.

8. Pembentukan Otot

Manfaat kulit pisang yang jarang diketahui oleh sebagain besar orang adalah bisa membentuk otot. Kandungan kalium dan elektrolit dalam kulit pisang ternyata bisa memberikan kontribusi yang baik pada pembentukan otot, metabolisme karbohidrat, dan mengatur asam basa di tubuh manusia.

9. Mencegah Kanker

Kulit pisang kaya akan antioksidan dan terdiri dari senyawa yang melindungi sel dari ancaman mutasi, yang bisa menyebabkan tumor dan kanker. Namun masih perlu adanya peneltian lebih lanjut akan manfaat kulit pisang untuk mencegah kanker dan tumor.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.

Kandungan serat yang tinggi pada kulit pisang bisa membantu menciptakan bakteri probiotik di usus besar. Hal ini akan menyebabkan proses detoksifikasi tubuh berjalan lebih lancar dan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik.

Itulah beberapa manfaat kulit pisang yang ternyata jika diolah dengan benar bisa bermanfaat untuk kecantikan dan juga menjaga kesehatan tubuh. Namun perlu diperhatikan, karena kulit pisang berada di luar sering kali terdapat kotoran hingga zat pestisida yang berbahaya.

Jadi sebelum mengkonsumsi atau mengolah kulit pisang sebaiknya untuk mencuci terlebih dahulu dan memilih kulit pisang yang bersih dan tidak busuk.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cowok Ini Rela Makan di Tempat Pembuangan Sampah, Alasannya Bikin Geleng Kepala
Artikel Selanjutnya
Kreasi Netizen Sandingkan Warna Busana Zayn Malik dengan Bungkus Minuman Ini Kocak