Sukses

8 Wisata Kuliner Jogja yang Wajib Dikunjungi, Cita Rasa Otentik Banget

Liputan6.com, Jakarta Wisata kuliner Jogja ada begitu beragam yang wajib dicicipi. Jogja selalu dipilih oleh wisatawan untuk dijadikan tempat menghabiskan waktu liburan. Bagaimana tidak, Jogja memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi oleh para wisatawan.

Tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar, Jogja juga sangat dikenal dengan kenaekaragaman tempat wisatanya. Jogja selalu ada saja mengembangkan tempat wisata baru guna menarik wisatawan untuk berkunjung.

Namun, tidak hanya tempat wisatanya saja yang selalu dikembangkan oleh pemerintah Jogja ini. Memiliki daya tarik yang sangat kuat, wisata kuliner Jogja juga tidak kalah menariknya untuk dikunjungi dan dicicipi.

Kurang lengkap rasanya untuk tidak mencoba makanan khas daerah tersebut. Kuliner yang ada di Jogja ini didominasi dengan masakan Jawa dan identik dengan rasanya yang serba manis. Maka tak heran juga, kalau di Jogja punya banyak tempat wisata kuliner yang menjadi tujuan para wisatawan untuk memanjakan lidahnya.

Buat Anda yang baru pertama kali ke Jogja atau ingin ke Jogja untuk yang kesekian kalinya, wajib banget cobain wisata kuliner Jogja. Anda yang masih bingung mau mencoba apa saja, berikut Liputan6.com, Selasa (9/4/2019) berikan rekomendasi wisata kuliner Jogja yang wajib dicobain.

2 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Jogja yang Murah

Angkringan KR

Sentra aneka angkringan yang bisa Anda kunjungi ada di daerah sekitar Kedaulatan Rakyat (KR). Salah satu angkringan yang cukup terkenal di Jogja adalah angkringan KR. Angkringan ini terletak di Jalan P. Mangkubumi, Gowongan, Jetis, Yogyakarta atau tepatnya berada di depan kantor Kedaulatan Rakyat.

Angkringan ini menyediakan makanan seperti angkringan pada umumnya yaitu nasi kucing, aneka sate, minuman hangat dan es serta gorengan. Harganya mulai Rp 1.000 saja. Biasanya angkringan hadir mulai sore dan malam hari. Salah satu angkringan di Jogja yang cukup terkenal adalah Angkringan KR.

Angkringan Lik Man

Jogja dikenal dengan kulinernya yang serba murah meriah. Salah satu wisata kuliner di Jogja murah-meriah ini adalah angkringan. Angkringan adalah kuliner yang dijajakan dengan sebuah gerobak dorong untuk menjual berbagai macam hidangan makanan dan minuman di pinggir jalan.

Wisata kuliner Jogja yang satu ini terkenal dengan kopi josnya yang dimiliki. Angkringan Lik Man ini terletak tidak jauh dari Maliboro atau tepatnya berada di Jalan Wongsodirjan, sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta. Angkringan yang satu ini tidak pernah sepi dari pengunjung, apalagi saat akhir pekan.

Kopi joss merupakan kuliner yang populer di Jogja. Kopi joss ini begitu istimewa karena disajikan dengan arang panas di dalam segelas kopinya. Kopi joss milik Lik Man sendiri sudah ada sejak 1967. Anda bisa mengunjungi Angkringan Lik Man mulai dari pukul 2 sore hingga 3 dini hari.

 

3 dari 5 halaman

Aneka Sate Klatak Wisata Kuliner Jogja

Sate Klatak Pak Pong

Wisata kuliner Jogja yang terkenal tidak hanya angkringannya saja, melainkan juga ada wisata kuliner Jogja dengan sajikan daging yang ditusuk atau sate. Namun ini bukan sate biasa pada umumnya. Hal yang unik dari sate ini adalah menggunakan jeruji besi dari velg sepeda. Ya, wisata kuliner Jogja ini dinamakan sate klatak.

Salah satu sate klatak yang sangat terkenal di Jogja adalah Sate Klatak Pak Pong. Wisata kuliner Jogja ini terletak di Jalan Imogiri Timur, Nomor 7, Wonokromo, Yogyakarta. Sate Klatak Pak Pong ini juga terkenal dengan harganya yang murah, hanya Rp 12.000 saja.

Seperti tempat wisata kuliner di Jogja lainnya, Sate Klatak Pak Pong juga tak pernah sepi pembeli. Jadi buat Anda harus sabar menunggu pesanan, ya. Sate Klatak Pak Pong ini buka pukul 9 pagi hingga 11.30 malam.

Sate Klatak Pak Bari

Masih di wilayah Wonokromo, Sate Klatak Pak Bari merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang cukup terkenal. Bagaimana tidak, wisata kuliner Jogja ini pernah dijadikan salah satu destinasi yang dikunjungi Cinta dan Rangga di film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2.

Sate Klatak Pak Bari terletak di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta. Sate Klatak Pak Bari buka pada pukuk 06.30 sore hingga pukul 1 dini hari.

4 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Jogja yang Khas

Gudeg Yu Djum

Salah satu wisata kulinet Jogja yang wajib disantap adalah gudeg. Menjadi makanan khas daerah ini, jadi Anda wajib mencoba sajian gudeg ini. Di Jogja sendiri, banyak tempat makan yang menghidangkan aneka gudeg.

Salah satu wisata kuliner Jogja yang terkenal dengan gudegnya adalah Gudeg Yu Djum. Gudeg Yu Djum memang sudah sangat terkenal oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jogja.

Bahkan Gudeg Yu Djum sudah memiliki cabang di beberapa titik kota Jogja.Gudeg Yu Djum dirintis oleh Alm. Djuwariah yang biasa dipanggil Yu Djum sejak 1950 silam. Pusat dari Gudeg Yu Djum terletak di Wijilan. Gudeg ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh dan aman untuk dibawa pulang.

Gudeg Mbah Lindu

Kalau Anda sudah pernah mencoba gudeg Yu Djum, mungkin bisa mencoba aneka sajian gudeg lainnya. Salah satu gudeg yang bisa Anda coba adalah Gudeg Mbah Lind. Gudeg ini merupakan salah satu gudeg legendaris di Indonesia.

Penjualnya, yaitu Mbah Lindu sudah menjajakan gudeg sejak masa penjajahan. Gudeg Mbah Lindu dapat Anda nikmati mulai dari jam 5 pagi hingga setengah 11 siang.Anda bisa menjumpai gudeg ini di depan Hotel Grace Yogyakarta, tak jauh dari kawasan Malioboro. Tak hanya menikmati gudeg, kamu juga dapat menikmati suasana Jogja di pagi hari

5 dari 5 halaman

Wisata Kuliner Jogja di Malam Hari

Bakmi Jawa Pak Pele

Kalau Anda ingin menikmati wisata kuliner Jogja di malam hari, Anda bisa cobain Bakmi Jawa Pak Pele. Ciri khas dari bakmi ini adalah penggunaan telur bebek sebagai campuran bakmi Jawa dan penggunaan ayam kampung sebagai bahan utama pembuat kaldu.

Meskipun menggunakan telur bebek, Anda tidak akan menemukan rasa amis dalam bakmi Jawa yang dipesan. Sajian Bakmi Jawa Pak Pele sangat lengkap. Mulai dari bakmi goreng, bakmi godhog (rebus), dan bakmi nyemek yang berkuah sedikit bisa dipilih sesuai selera.

Pilihan bakminya terdiri dari bakmi kuning ataupun bakmi bihun.Di warung bakmi Jawa Pak Pele ini Anda juga bisa memesan tambahan bagian ayam, seperti uritan atau jeroan. Jika ingin kemari, Anda bisa mengunjunginya di Pojok Tenggara Alun-Alun Utara, Panembahan, Keraton atau di Desa Sembungan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul. Untuk jam bukanya mulai dari 17.30 – 23.00 WIB.

Mi Ayam Grabyas

Wisata kuliner Jogja lainnya di malam hari yang perlu Anda cobain adalah Mi Ayam Grabyas. Kuliner malam khas Jogja yang satu ini sangat terkenal karena enak, unik, dan hanya buka pukul 00.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB.

Keunikan dari Mie Ayam Grabyas ini adalah penggunaan topping grabyas yang merupakan kulit ayam yang sudah digoreng kering. Lokasi Mi Ayam Grabyas ini terletak di Jalan Malioboro (depan Hotel Inna Garuda). Mie ayam ini ini dipatok dengan harga mulai dari Rp 13.000 per porsi. Lokasinya yang berada di Malioboro tentu saja membuat tempat makan ini tak pernah sepi pengunjung.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Syuting Variety Show, Ini 5 Potret Lee Seung Gi saat Jalan-jalan di Jogja
Artikel Selanjutnya
5 Tempat Wisata di Kota Jogja yang Bersejarah, Ada di Tengah Kota