Sukses

4 Inovasi Canggih Selamatkan Lingkungan Ini Bikin Kagum

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang sering bertanya-tanya tentang apa yang bisa dilakukan untuk membantu menyelamatkan planet ini. Ternyata, untuk menyelamatkan lingkungan tidaklah sulit karena upaya terkecil dapat memberikan sebuah perubahan.

Hal paling kecil yang bisa dilakukan adalah dengan membuang sampah pada tempatnya, mengklasifikasikan sampah sesuai jenisnya agas mudah untuk diolah.

Selain itu, plastik adalah limbah yang paling sulit terurai dengan alami di alam, maka dari itu, kurangi penggunaan plastik dan selalu buanh sampahnya pada tempatnya.

Ibu pertiwi sedang berjuang, dan planet ini membutuhkan uluran tangan manusia dari sebelumnya. Untungnya beberapa negara telah melakukan sebuah inovasi untuk membantu selamatkan lingkungan.

Berikut inovasi-inovasi canggih untuk bantu selamatkan lingkungan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/4/2019).

2 dari 5 halaman

Koran yang Bisa Ditanam

Meskipun saat ini kebanyakan orang cenderung menggunakan sumber informasi digital lebih sering daripada tradisional yaitu berupa koran, namun masih banyak kertas yang terbuang setiap harinya.

Untuk mengatasi masalah ini, seorang perancang Jepang bernama Yoshinaka Ono menemukan kertas "Hijau 100%" yang dapat terbiodegradasi dan mengandung biji tanaman. Konsen ini diadopsi oleh The Mainichi Newspaper.

Apabila koran ini dikubur dan disiram air diatasnya, nantinya akan tumbuh semak semak hijau yang indah.

3 dari 5 halaman

Mesin Hadiah Botol

Saat ini mesin pengolah botol plastik dan alumunium sudah banyak ditemukan di negara-negara yang ramah lingkungan. Mesin ini dapat ditemukan di Toko Ikea Inggris, Supermarket Jerman dan masih banyak lagi.

Namun ada ide kreatif untuk mendorong masyarakat menggunakan mesin tersebut, bagi masyarakat yang memasukan botol plastik maupun alumunium ke mesin tersebut, akan menerima uang atau kredit yang dimasukan dalam kartu untuk pembayaran kereta bawah tanah yang ada di Istanbul, dan Beijing.

4 dari 5 halaman

Peralatan Makan Berbahan Alpukat

Ketika membutuhkan peralatan makan dan sedotan, pilihan yang ramah lingkungan adalah menggunakan alat yang dapat digunakan kembali. Namun ada beberapa hal yang mengharuskan peralatan tersebut hanya sekali pakai, dan disitulah inovasi ini berguna.

Perusahaan Meksiko Biofase memproduksi pisau, garpu, sendok dan sedotan dari bioplastik yang berasal dari alpukat, yang membuatnya ramah lingkungan dan dapat diuraikan kembali oleh lingkungan.

5 dari 5 halaman

Berbagi Cangkir Kopi

Sebagian besar masyarakat sangat menyukai kopi, terutama meminumnya dalam perjalanan kerja atau saat memulai harinya. Tahukah kamu bahwa gelas dan wadah sekali pakai merupakan 50% dari semua bahan yang dikumpulkan di tong sampah jalanan Kanada.

The Canadian Cup Share Program (CUPPY) adalah program untuk mengurangi sampah sekali pakai dengan menawarkan akses tanpa batas ke cangkir yang dapat digunakan kembali hanya dengan Rp 70 Ribu per tahun.

Prosesnya sangat sederhana, kamu membayar uang untuk bergabung dalam program ini, kemudian memesan di kedai kopi dan membawa pergi cangkirnya. Nanti setelah habis, cangkir tersebut bisa kamu kembalikan ke seluruh toko atau kafe yang ikut dalam program tersebut.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Inovasi Kocak Soal Otomotif Ini Kreatif Sekaligus Bikin Tepuk Jidat
Artikel Selanjutnya
6 Inovasi Nyeleneh ala Anak-Anak Ini Bikin Geleng Kepala