Sukses

5 Manfaat Jalan Tanpa Alas Kaki, Bisa Kurangi Risiko Penyakit Jantung

Liputan6.com, Jakarta Di zaman modern ini, sudah sangat sedikit orang yang beraktivitas tanpa alas kaki. Bahkan bisa dibilang, semua orang sekarang memakai alas kaki, terutama ketika di luar ruangan.

Bahkan sekarang ini, sebagian orang melakukan aktivitas di dalam rumah pun memakai sandal. Padahal berjalan tanpa menggunakan alas kaki memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Walaupun memang ada juga beberapa risiko buruk yang bisa kamu alami bila tidak menggunakan sepatu ataupun sandal. Akan tetapi kamu bisa melepas alas kaki tersebut di tempat tertentu untuk merasakan manfaatnya. Intinya adalah mengetahui di mana tempat yang tepat untuk melakukannya.

Untuk semakin membuatmu ingin menerapkan berjalan tanpa alas kaki, kamu perlu mengetahui beberapa manfaat berjalan tanpa alas kaki seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/4/2019).

2 dari 6 halaman

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Manfaat pertama yang dapat kamu rasakan dengan berjalan tanpa alas kaki adalah mengurangi risiko penyakit jantung. Bayangkan besarnya dampaknya, dengan hanya berjalan kaki kamu dapat mengurangi risiko terkena salah satu penyakit yang paling mematikan.

Hal ini ternyata disebabkan oleh manfaat berjalan tanpa alas kaki yang membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi tingkat kekentalan darah. Seringkali risiko penyakit jantung dikaitkan dengan tingkat kekentalan darah pada seseorang.

Jadi, kamu dapat menjalankan hidup sehat dengan berjalan tanpa alas kaki mulai dari sekarang. Hal terpentingya adalah, kamu harus berhati-hati dalam memilih tempat dan waktu yang tepat untuk melakukannya.

3 dari 6 halaman

2. Mengatasi Insomnia

Jika kamu seringkali mengalami insomnia, kamu harus mencoba berjalan tanpa alas kaki, terutama pada pagi hari. Dengan melakukannya, kamu dapat juga meningkatkan kualitas tidur kamu nantinya.

Hal ini juga disebabkan karena, berjalan tanpa alas kaki ini dapat meningkatkan relaksasi pada tubuh kamu. Hal ini nantinya yang dapat membentuk ulang pola tidur dan jam biologis manusia.

Bersentuhan dengan alam dapat meningkatkan kualitas tidur kamu, mengatasi insomnia, bahkan dapat mempebaiki jam biologis kamu, dan hal itu bisa dilakukan hanya dengan berjalan tanpa alas kaki.

4 dari 6 halaman

3. Meminimalkan Peradangan yang Terjadi Pada Tubuh

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dari berjalan tanpa alas kaki adalah dapat meminimalkan peradangan yang terjadi pada tubuh. Hal ini disebabkan karena ketika berjalan tanpa alas kaki, kamu dapat menikmati efek antioksidan melalui kaki yang bersentuhan langsung dengan permukaan bumi.

Dengan koneksi yang terjadi ketika kaki bersentuhan langsung dengan tubuh ini, dapat membantu mencegah terjadinya radikal bebas dalam tubuh kamu.

5 dari 6 halaman

4. Meningkatkan Postur

Berjalan tanpa alas kaki juga dapat memaksa tubuh untuk melatih dan memperkuat otot otot kecil yang terdapat di kaki. Dengan mengirimkan sinyal dari kaki ke otak, hal itu dapat meningkatkan postur dan keseimbangan tubuh kamu.

Selain itu, kamu juga pernah dengar tentang berjalan di atas batu, terutama batu untuk tujuan refleksi dapat membantu orang tua dalam meningkatkan keseimbangan dan kekuatan mereka.

6 dari 6 halaman

5. Meningkatkan Sirkulasi darah

Sejalan dengan manfaat pada poin pertama tadi, yaitu dapat mencegah risiko penyakit jantung, berjalan tanpa alas kaki dapat meningkatkan sirkulasi darah. Berjalan tanpa alas kaki seakan sama dengan melakukan olahraga.

Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya sirkulasi darah untuk kaki yang dilakukan dengan menggunakan otot tambahan. Hal ini jugalah yang nantinya dapat menyeimbangkan tubuh dan mengirim pesan ke otak.