Sukses

6 Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang gemar mengonsumsi buah pepaya. Selain karena bisa menyegarkan, buah ini juga mudah didapatkan dan murah. 

Tidak hanya itu, buah pepaya juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan manusia. Bahkan biji buah pepaya pun memiliki manfaat yang tak kalah pentingnya.

Bisa dibilang, semua bagian dari buah pepaya, baik itu daging buahnya maupun bijinya bisa dimakan dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu. Padahal, banyak buah lainnya yang bijinya tidak boleh dimakan karena akan berpengaruh buruk terhadap tubuh.

Bila kamu gemar mengonsumsi buah pepaya, jangan sampai kamu melewatkan manfaat biji pepaya tersebut seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/4/2019).

2 dari 7 halaman

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat biji pepaya yang pertama adalah menjaga kesehatan pencernaan. Sama dengan daging buahnya, biji pepaya juga merupakan sumber serta yang baik untuk tubuh.

Sedangkan asupan serat memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan penceranaan. Hal ini menyebabkan pencernaan kamu menjadi lancar. Selain itu kamu juga dapat terhindar dari sembelit. Enzim pencernaan dalam jumlah yang bersar terkandung di dalam manfaat biji pepaya merupakan faktor utama dalam mengatasi masalah pencernaan.

Manfaat biji pepaya yang kamu konsumsi juga dapat menghindari penyakit seperti radang usus, hingga menurunkan gejala wasir. Bahkan dalam pepaya yang belum matang sekalipun terdapat enzim papain yang sangat penting untuk pencernaan protein.

3 dari 7 halaman

2. Mencegah Kanker

Selain menjaga kesehatan penceranaan manfaat biji pepaya lainnya adalah bisa mengurangi dan mencegah risiko tumbuhnya sel sel kanker.

Dengan mengandung nutrisi dan antioksidan dalam jumlah yang sangat banyak, membuat biji pepaya memiliki sifat antikanker.

Selain itu, salah satu zat yang dikandung oleh biji pepaya yaitu isotiosianat, dapat menghentikan pertumbuhan sel sel kanker dan tumor. Penderita kanker seperti, kanker usus besar, kanker payudara, kanker paru-paru, leukemia dan kanker prostat sangat memerlukan kandungan yang terdapat dalam biji pepaya ini.

4 dari 7 halaman

3. Menjaga Fungsi Ginjal

Menigkatkan dan menjaga fungsi ginjal merupakan manfaat biji pepaya yang selanjutnya. Seperti yang telah diketahui, ginjal berfungsi untuk menyaring cairandari dalam tubuh, baik yang masih dibutuhkan maupun yang tidak dibutuhkan lagi.

Manfaat biji pepaya sifnifikan dalam meningkatkan kesehatan ginjal, dan bahkan dapat mencegah terjadinya gagal ginjal. Tidak hanya itu, manfaat biji pepaya dipercayai bisa mengatasi segala gangguan yang terjadi pada ginjal.

Hal ini juga disebabkan kandungan antioksidan yang terdapat dalam biji buah pepaya dapat menghambat kerusakan sel sel ginjal, yang bermanfaat untuk kesehatannya.

5 dari 7 halaman

4. Mencegah Perkembangan Bakteri

Ekstrak dari biji pepaya akan membantu menyerang berbagai bakteri jahat seperti Escherichia Coli, Staphylococcus, dan Salmonella, yang ada dalam sistem pencernaan kamu. Hal ini merupakan manfaat biji pepaya selanjutnya.

Tidak memerlukan jumlah ynag banyak, dengan hanya beberapa butir biji pepaya saja, dapat membunuh bakteri bakteri tersebut.

Selain itu, manfaat biji pepaya juga dapat digunakan dan manjur untuk menangkal berbagai infeksi karena virus. Hal ini menyebabkan biji pepaya sangat mapuh dalam menyembuhkan orang ketika keracunan makanan.

Bahkan, manfaat biji pepaya juga dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit berat. Contohnya saja penyakit seperti demam berdarah, tifus, dan lain sebagainya.

6 dari 7 halaman

5. Menyembuhkan Penyakit Hati

Manfaat biji pepaya dalam menyembuhkan hati tidak perlu dipertanyakan lagi. Bahkan sebuah studi sudah membuktikan bahwa mengonsumsi biji pepaya yang sudah dihancurkan dan dicampur dengan jus lemon dapat menyembuhkan penyakit sirosis hati, atau kerusakan hati kronis.

Sirosis hati merupakan penyakit yang terlihat dari penyusutan hati akibat konsumsi alkohol berlebihan. Dengan mengonsumsi biji pepaya yang telah dihancurkan dicampur dengan jus lemon sebanyak dua kali sehari, hal tersebut dapat membantu menyembuhkan penyakit tersebut.

Biji pepaya merupakan agen yang dapat membersihkan racun yang terdapat di organ hati. Dengan mengonsumsi beberapa butir biji pepaya secara rutin setiap harinya, kamu akan mendapatkan organ hati yang bersih.

7 dari 7 halaman

6. Mencegah Terjadinya Peradangan

Manfaat biji pepaya selanjutnya adalah untuk mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh, atau anti peradangan. Kemerahan pada kulit, pembengkakan, ataupun nyeri sendi dapat disembuhkan dengan mengonsumsi biji pepaya ini.

Manfaat biji pepaya yang satu ini diperoleh dari kandungan biji pepaya sebagai agen anti-inflamasi yang sangat ampuh meredakan penyakit penyakit yang telah disebutkan sebelumnya.

Dengan manfaat biji pepaya yang sangat banyak dan penting bagi kesehatan tubuh kamu, makan mulailah mengonsumsinya. Namun tetap saja perhatikan jumlahnya. Jangan mengonsumsi buah pepaya terlalu banyak. Karena yang berlebihan bisa mengakibatkan hal yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kamu.

Ketika kamu terlalu sering mengonsumsi biji pepaya ini, dapat merusak struktur DNA, mengganggu kerja sel sehat dalam tubuh, dan bahkan menurunkan kualitas sperma bagi laki-laki.