Sukses

Penyebab Pencemaran Udara yang Jadikan Bumi Makin Panas

Semakin hari, udara di dunia ini semakin tercemar dan penuh dengan polusi.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab pencemaran udara merupakan masalah yang tak pernah lepas dari kehidupan. Apalagi di zaman modern seperti sekarang, dengan banyaknya pabrik menjadi penyebab pencemaran udara makin banyak. 

Dengan banyaknya kendaraan yang berlalu lalang dan pabrik yang beraktivitas setiap harinya menyebabkan udara di kota kota besar semakin tercemar.

Bandingkan dengan udara di pedesaan. Biasanya dengan budaya dan kehidupan orang desa yang tidak terlalu sering memakai kendaraan bermotor, dan tidak adanya pabrik yang memnyebabkan polusi udara, daerah pedesaan memiliki udara yang selalu sejuk dan segar.

Tetapi, sekarang ini hal itu tidak dapat menjadi patokan lagi. Karena semakin hari, udara di dunia ini semakin tercemar dan penuh dengan polusi. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/4/2019) penyebab pencemaran udara. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Asap Rokok

Penyebab pencemaran udara mulai dari yang terkecil tapi sangat berdampak besar adalah asap rokok. Rokok merupakan suatu hal yang sangat banyak dikonsumsi oleh orang Indonesia. Tiap satu orang yang perokok biasanya dapat menghabiskan satu bungkus rokok, bahkan ada yang lebih.

Banyak orang yang tidak peduli dengan risiko dan dampak yang akan terjadi di masa depan karena merokok. Tentu saja bukan untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk sekitarnya. Bahkan orang yang tidak merokok pun dapat merasakan dampak yang sangat buruk ketika berada di dekat orang yang sedang merokok.

Dengan banyaknya asap asap yang memang terlihat kecil ini, tapi dengan jumlah konsumen rokok yang begitu banyak, mengakibatkan kontribusinya juga sangat besar terhadap penyebab pencemaran lingkungan.

Gas gas beracun yang terkandung dalam rokok menyebar ke seluruh penjuru ruangan di dalam ruangan. Meskipun sudah banyak himbauan dari pemerintah maupun produsen rokok untuk menghindari kebiasaan merokok, masih banyak juga orang orang yang tidak bisa berhenti merokok.

3 dari 5 halaman

2. Kendaraan bermotor

Asap kendaraan bermotor bisa menjadi penyumbang terbesar bagi penyebab pencemaran udara. Dengan mengesampingkan fungsinya sebagai alat transportasi, polusi yang disebabkan oleh kendaran bermotor, baik dari mobil maupun motor sudah sangat sulit diatasi, khususnya di Indonesia.

Jakarta merupakan penyumbang terbesar penyebab pencemaran udara melalui kendaraan bermotor. Hal ini disebabkan karena populasi penduduk yang benar benar banyak di Jakarta sebagai Ibukota Negara. Padahal pemerintah sudah banyak melakukan berbagai solusi untuk hal tersebut.

Yang paling baru pemerintah telah menyediakan MRT untuk mengatasi banyaknya kendaraan bermotor dan memudahkan transportasi untuk masyarakat di Jakarta. Sebelumnya juga sudah banyak solusi solusi lainnya yang bagus tapi efeknya tidak begitu siginifikan dalam mengurangi penggunaan kendaraan bermotor di Jakarta.

Pengadaan busway, KRL, dan transportasi umum lainnya mungkin mengurangi sedikit penggunaan kendaraan bermotor dan kemacetan di Jakarta, tetapi tetap saja pencemaran udara masih sangat sulit diatasi.

Inilah perbedaan kota besar dengan pedesaan. Dengan orang orang pedesaan yang masih menjaga keasrian wialayahnya, dan juga tidak banyaknya kendaraan bermotor, menyebabkan udara di pedesaan masih sejuk dan segar untuk dinikmati.

4 dari 5 halaman

3. Pabrik

Selain kendaraan bermotor, penyebab pencemaran udara lainnya yang sudah diketahui banyak orang adalah asap pabrik. Apalagi asap pabrik dikeluarkan dengan jumlah dan kuantitas yang banyak sekaligus, membuat udara langsung tercemar dengan cepat.

Pabrik juga merupakan penyumbang terbesar gas karbon di udara yang merupakan penyebab pencemaran udara. Bahkan asap pabrik dapat menyebabkan dan memicu terjadinya hujan asam, yang mana akan sangat mengerikan.

Asap pabrik biasanya dibunag melalui cerobong asap yang sangat besar di atas pabrik, seperti yang biasa kamu lihat. Gas gas hasil pabrik tersebut merupakan gas-gas yang sangat berbahaya bagi udara dan kesehatan manusia. Asap pabrik tersebut merupakan limbah pabrik yang tidak mempunyai manfaat apapun selain menjadi penyebab pencemaran udara.

5 dari 5 halaman

4. Limbah Rumah Tangga

Tidak hanya aktivitas public saja, ternyata penyebab pencemaran lingkungan juga bisa kamu temukan di rumah kamu sendiri. Beberapa aktivitas rumah tangga yang menjadi penyebab pencemaran udara adalah melakukan pembakaran sampah, melakukan pengecatan rumah, hingga penggunaan beberapa peralatan rumah tangga lainnya.

Sampah atau limbah merupakan faktor utama penyebab pencemaran udara yang disebabkan oleh aktivitas rumah tangga. Apabila kamu sedang membakar sampah yang tentunya mengandung berbagai bahan kimia yang sangat berbahaya, maka asapnya akan kemana mana dan mencemari udara sekitar.

Selain itu, dalam melakukan pengecatan rumah biasanya cat yang kamu gunakan memiliki bau yang khas. Cat yang memiliki bau yang khas dan menyengat tersebut memiliki bahan kimia yang sangat tinggi. Hal ini bahkan dapat mengganggu kesehatan manusia.

Tidak hanya itu, seperti yang kamu ketahui, penggunaan kulkas maupun AC juga merupakan penyumbang yang besar terhadap penyebab pencemaran udara yang terjadi di dunia ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.