Sukses

6 Makanan Khas Jawa yang Paling Terkenal, Enak dan Bikin Kangen

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas jawa merupakan kuliner yang sangat sering diburu oleh pecinta makanan di Indonesia. Cita rasa kuliner Indonesia ini memang merupakan salah satu tradisi kuliner yang paling terkenal di dunia. Berbagai makanan khas Indonesia bisa kamu temui di belahan negara manapun. 

Biasanya, makanan atau masakan Indonesia memiliki ciri khas dengan bumbunya yang berasal dari rempah rempah. Tidak terkecuali dengan makanan khas jawa.

Makanan khas jawa identik dengan daerah jawa tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Sedangkan di wilayah Jawa bagian barat biasanya identik dengan sebutan makanan sunda.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/4/2019) tentang makanan khas jawa

2 dari 7 halaman

1. Gudeg

Siapa yang tidak tahu gudeg? Makanan khas jawa yang berasal dari Yogyakarta ini telah terkenal dimana-mana. Tentunya gudeg juga merupakan salah satu ikon dan penarik wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta.

Makanan khas jawa yang rasanya manis ini merupakan makanan yang paling disukai dan merupakan kebanggan orang orang Jogja. Bahkan telah banyak yang membuka kedai tempat makan gudeg sejak berpuluh-puluh tahun silam.

Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental, ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

Sekarang ini, kamu bisa menemukan gudeg dimana saja di setiap sudut Kota Jogja. Bahkan dari pagi sampai malam pun masih banyak yang buka. Hal ini juga didukung oleh minat masyarakat terhadap gudeg yang tidak pernah ada putusnya.

3 dari 7 halaman

2. Nasi Gandul

Nasi gandul juga merupakan makanan khas jawa yang baru baru ini semakin terkenal dan menjamur. Nasi gandul telah lebih dulu terkenal di Pati.

Perbedaannya dengan makanan khas jawa lainnya adalah, nasi gandul adalah nasi uduk yang disajikan dengan daun pisang. Tidak hanya itu, nasi gandul ini juga memiliki rasa yang lebih gurih dari pada nasi biasanya. Kadang ada pula yang menambahkan daun pandan pada nasi gandul ini untuk menambah wanginya.

Karena berasal dari Pati, tentunya akan lebih enak kalau kamu emncoba nasi gandul yang benar benar asli di Pati.

4 dari 7 halaman

3. Nasi Liwet

Makanan khas jawa selanjutnya adalah Nasi Liwet. Nasi liwet ini merupakan makana khas dari kota Solo. Hampir mirip dengan nasi uduk maupun nasi gandul, nasi liwet ini merupakan nasi gurih yang dimasak dengan kelapa.

Penyajiannya biasanya ditambahkan dengan sayur labu siam, suwiran ayam serta tambahan daging ayam dipotong kecil-kecil dan bubur gurih dari kelapa.

5 dari 7 halaman

4. Tempe Mendoan

Tempe mendoan menjadi satu satunya makanan khas jawa yang bukan merupakan makanan berat. Bahkan tempe mendoan merupakan makanan tambahan yang biasa menemani makan berat.

Purwokerto dan Banyumas merupakan daerah pertama yang membuat makanan khas jawa ini terkenal. Sekarang tidak akan sulit untuk menemukan tempe mendoan di tempat lain, baik di Jawa Tengah, Yogyakarta maupun Jawa Timur.

Sebenarnya dari bentuknya, tempe mendoan hampir sama dengan tempe goring biasa yang diselimuti oleh tepung. Tetapi perbedaan paling mencolok dari tempe mendoan dengan tempe goreng biasa adalah dari teksturnya.

Tempe Mendoan yang digoreng menggunakan minyak panas yang banyak dengan cepat bertekstur lebih lunak dan tidak terlalu matang, sedangkan tempe goreng lebih keras dan lebih renyah.

Biasanya, untuk memakan mendoan juga disediakan kuah kecap pedas yang menambah lezatnya makan tempe mendaoan. Jadi bukan hanya sebagai teman makanan berat, makanan khas jawa satu ini dapat pula dimakan tanpa makanan berat.

6 dari 7 halaman

5. Rawon

Makanan khas jawa selanjutnya adalah Rawon. Makanan dengan ciri khas kuah berwarna hitam sebagai bumbunya ini merupakan sup daging yang juga banyak digemari di pulau jawa.

Dalam hal rawon ini, rawon Pasuruan merupakan salah satu rawon yang sangat terkenal berkat rasa rawonnya yang sangat khas. Biasanya makanan khas jawa ini disajikan bersama dengan nasi putih dan kerupuk.

Sebenarnya makanan ini tidak terlalu berbeda dengan soto, tapi dengan kuah hitamnya yang merupakan ciri khas tersendiri, membuat rawon berbeda dari soto.

Beberapa bahan bumbu yang dipakai adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, serai, kunir, lombok, kluwek, garam, dan lain-lain. Makanan yang merupakan makanan khas jawa timur ini dapat juga kamu temukan di Yogyakarta maupun Jawa Tengah.

7 dari 7 halaman

6. Pecel Lele

Siapa yang tidak tahu dengan pecel lele. Bila ingin menyebut makanan khas jawa yang benar benar ada di seluruh pelosok pulau jawa, dan memang dikonsumsi setiap harinya, warung pecel lele adalah jawabannya.

Di Pulau Jawa bagian manapun, kamu bisa menemukan pecel lele dengan mudah. Hal ini mungkin karena rasanya yang cocok di lidah semua orang dan harganya juga terjangkau.

Warung pecel lele biasanya juga disebut dengan warung lamongan, karena memang awalnya terkenal di Lamongan. Biasanya di warung pecel lele atau warung lamongan ini, kamu tidak hanya akan menemukan pecel lele saja, namun juga ada beberapa menu lainnya, seperti pecel ayam, telur, ikan dan lain lain.

Dengan komposisi, lele atau lauk lainnya, ditemani dengan sambal pedas dan lalapan, membuat semua orang menyukai pecel lele ini. Apalagi lauknya bisa dipilih tidak hanya lele saja.