Sukses

6 Pekerjaan Baru di Era Digital, Cocok Buat Milenial

Liputan6.com, Jakarta Di era digital saat ini banyak kegiatan dan pekerjaan yang menggunakan kecanggihan teknologi dan juga moderen dalam penerapannya. Segala sesuatu dikerjakan secara instan dan mudah menggunakan teknologi modern untuk mempercepat pekerjaan bahkan untuk mendapatkan target-target tertentu yang tidak bisa dicapai dengan mudah.

Revolusi digital sendiri merupakan perubahan dari teknologi mekanik dan teknologi analog ke teknologi digital atau lebih moderen lagi yang sudah mulai terjadi pada tahun 1980 hingga sampai saat ini.

Jika dulu banyak pekerjaan yang harus dilakukan secara manual oleh manusia dan harus melibatkan banyak orang, kini banyak pekerjaan yang bisa dilakukan oleh mesin dan hanya dilakukan oleh satu orang saja.

Pekerjaan juga semakin berkembang dari masa ke masa. Contohnya saja jika dulu ada pekerjaan tukang pos yang mengirim surat, kini sudah berubah. Dengan hanya duduk di depan komputer saja kita bisa mengirim surat melalui surat elektronik.

Kemudian banyak juga pekerjaan-pekerjaan baru dibidang tertentu yang muncul di era digital seperti ini, seperti content writer, seo specialist, dan lain sebagainya. Berikut ini Liputan6.com, Kamis (11/4/2019) rangkum dari berbagai sumber beberapa pekerjaan baru di era digital dan cocok untuk para milenial.

2 dari 7 halaman

1. UI/UX Manager

UI/UX Manager adalah salah satu jabatan baru atau pekerjaan yang akan dibutuhkan banyak perusahaan saat ini. UI/UX Manager lebih fokus dalam mendesain antar muka dalam sebuah web atau smartphone. Mereka akan mendesain antar muka ini untuk menarik para pengguna web atau smartphone.

Jabatan atau pekerjaan ini masih jarang diketahui oleh sebagian orang. Karena termasuk pekerjaan yang baru di era digital.

3 dari 7 halaman

2. Head Of E-Commerce

Head Of E-Commerce adalah seseorang yang bertugas untuk memastikan sebuah konten digital sesuai dengan pangsa pasar. Kemudian ia juga harus memastikan jika kolaborasi dengan berbagai mitra usaha berjalan dengan lancar sesuai dengan konten promosi, pemasaran, dan tujuannya.

Selain itu, Head Of E-Commerce juga harus bisa menganalisis strategi bisnis online, menganalisi pengguna web, hingga membuat SOP pelayanan Pelanggan. Gaji untuk pekerjaan ini cukup tinggi, namun tanggung jawabnya juga lebih tinggi juga.

4 dari 7 halaman

3. SEO Manager

SEO adalah kata kunci yang digunakan untuk membuat sebuah kontent yang banyak dicari oleh orang. SEO Manager akan bertugas mengatur kata kunci yang nantinya bisa menaikkan trafific dari sebuah web site. Kemudian ia juga akan membuat strategi pemasaran, tautan, dan lain sebagainya.

Adanya SEO Manager sangat penting untuk memajukan dan membuat terkenal sebuah perusahaan. Sehingga perusahaan terebut akan lebih banyak dikenal atau digunakan.

5 dari 7 halaman

4. Head Of Digital

Pekerjaan selanjutnya adalah Head Of Digital. Head Of Digital adalah seseorang yang bertanggung jawab atas pengembangan aplikasi, desain situs web, pemasaran global dari sosial media dan juga strategi pemasaran perusahaan digital.

Jabatan ini cukup membutuhkan kemampuan untuk membagi tugas dan mengatur waktu, karena mengurus segala desain dan juga program pemasaran dari sebuah perusahaan.

6 dari 7 halaman

5. Content Creator

Content creator adalah seseorang yang bisa membuat sebuah konten berupa tulisan, foto, atau video yang kemudian akan dimuat di sebuah perusahaan digital. Content creator memiliki peran besar mengubah konten di media sosial atau media lain untuk menjadi sebuah konten layak tayang dan layak baca.

Kamu yang memiliki pemikiran penuh dengan ide kreatif, bisa mencoba menjadi seorang content creator.

7 dari 7 halaman

6. Social Media Strategist

Pekerjaan ini berhubungan erat dengan sosial media. Social media strategist bertanggung jawab dalam pemilihan konten dan juga menaikkan minat pembaca dengan cara membagikan konten dari perusahaan ke media sosial. Social media strategist juga harus memantau apa yang sedang terjadi di media sosial saat ini.

Biasanya pekerjaan ini juga akan membuat branding atau mengiklankan suatu brand dari perusahaan.

Itulah beberapa pekerjaan baru di era digital yang cocok untuk para milenial. Pekerjaan-pekerjaan ini mungkin masih asing di telinga kita, namun cukup diperlukan dan berpeluang besar bagi para milenial. Karena perkembangan jaman, maka jenis pekerjaan juga akan ikut berkembang.

Loading