Sukses

Begini Cara Menulis Pesan di WhatsApp Tanpa Diketik

Liputan6.com, Jakarta WhatsApp sebagai aplikasi berkirim pesan, terus melakukan pengembangan serta pembaharuan dengan menampilkan berbagai fitur di dalamnya. Hal ini dilakukan WhatsApp guna menarik minat hingga membuat betah pengguna dalam menggunakan aplikasi perpesanan ini.

Melalui WhatsApp, kamu bisa mengirimkan pesan dalam bentuk teks, gambar, suara, dan juga video. Kombinasi berkirim pesan dengan dikombinasikan dengan fitur lain ini tentunya memberikan pengalaman tersendiri bagi penggunanya. 

Dengan mengetik pesan di kolom yang disediakan, memang akan membutuhkan waktu untuk mengetikkan pesan terlebih dahulu. Namun bagaimana saat kamu sedang sibuk atau tidak memiliki waktu cukup untuk mengetik pesan, apalagi pesan yang ingin dikirimkan panjang.

Nah, ternyata WhatsApp memiliki fitur yang berguna untuk memudahkan penggunanya untuk berkirim pesan tanpa perlu mengetik. Kamu tidak perlu repot-repot menggerakkan jari-jari ke keyboard smartphone, melainkan kamu cukup menggunakan suara saja. 

Telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, begini cara menulis pesan di WhatsApp tanpa diketik, Kamis (11/4/2019).

2 dari 2 halaman

Cara Menulis Pesan WhatsApp Tanpa Diketik

Tenang saja, untuk menggunakan cara ini kamu tidak membutuhkan aplikasi lain. Cara ini hanya perlu mengubah pengaturan yang ada di smartphone kamu. Begini langkah-langkahnya.

1. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengubah setting pengetikan pada smartphone kamu.

2. Masuklah ke menu Language & Input.

3. Lalu aktifkan fitur Google Voice Typing.

4. Kalau sudah, lanjutkan dengan beralih ke aplikasi WhatsApp yang ada di smartphone kamu.

5. Pilih kontak yang ingin kamu kirimkan pesan teks.

6. Ketukkan sekali saja pada papan teks, sampai muncul deretan keyboard di layar smartphone kamu.

7. Kemudian tekan atau klik ikon mikrofon pada bagian paling bawah selama beberapa detik.

8. Kalau sudah muncul tanda mikrofon berwarna hijau, maka kamu sudah bisa mulai mengucapkan pesan yang ingin kamu kirimkan. Selanjutnya, aplikasi WhatsApp akan secara otomatis menerima input suara dan mengubahnya menjadi teks.

9. Kamu akan melihat teks di kolom menulis pesan seperti dengan suara yang kamu keluarkan tadi.

10. Setelah itu, kamu hanya perlu mengirimkan pesan tersebut. Selesai.

Untuk menggunakan cara berikirim pesan ini, kamu perlu memastikan suara dan artikulasi yang dikeluarkan jelas, ya. Hal ini guna smartphone kamu bisa mendeteksi suara yang kamu keluarkan. Cukup mudah, bukan? Kamu tidak perlu repot mengetik pesan panjang dan lebih menyingkat waktu. Selamat mencoba!