Sukses

7 Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan, Bisa Cegah kanker

Liputan6.com, Jakarta Banyak sekali manfaat daun kelor yang belum diketahui banyak orang. Salah satunya dalam bidang kesehatan.

Daun kelor yang memiliki batang yang mudah patang dan cabang yang jarang ini mudah untuk dibudidayakan. Daunnya berbentuk seperti bula telur berukuran kecil yang tersusun sangat banyak dalam satu tangkai.

Saking banyaknya manfaat daun kelor baik bagi kesehatan maupun kecantikan, daun kelor juga terkenal disebut sebagai pohon keajaiban. Bahkan daun kelor mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, C, protein, kalsium, dan protasium.

Dengan banyaknya manfaat dari daun kelor, dan kemudahan dalam perawatannya, berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/4/2019) ragam manfaat daun kelor untuk kesehatan.

2 dari 5 halaman

Mengatasi Penyakit Kuning dan Untuk Kesehatan Mata

1. Mengatasi Penyakit Kuning

Penyakit kuning lumayan sering dijumpai di Indonesia. Penyakit ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus, yang menyebabkan si penderita mengalami gejala beberapa bagian tubuh menguning, seperti di bagian kuku, kulit, mata dan lain lain.

Penyakit kuning ini bisa diatasi dengan daun kelor. Dengan mengonsumsi daun kelor secara rutin, kamu dapat mengatasi sakit kuning dan bebas dari virus penyakit tersebut. Kamu bisa juga mengonsumsi daun kelor ini bersama buah kelapa atau madu, bila ingin rasanya menjadi manis.

2. Untuk Kesehatan Mata

Daun kelor juga sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Dengan menghaluskan daun kelor dan menambahkan air sebanyak 100 ml, lalu saring dan pisahkan. Setelah itu kamu bisa menggunakannya untuk membasuh mata setiap hari.

Dengan melakukan hal ini secara rutin setiap harinya, bagian mata yang sakit dan terasa lelah akan kembali sehat dan bugar.

3 dari 5 halaman

Mangatasi Diabetes dan Penyakit Kulit

3. Mengatasi Diabetes

Penyakit ini juga sangat banyak diderita oleh orang Indonesia. Biasanya diabetes terjadi karena kurang selektif atau sembarangan dalam membeli makanan.

Penyakit diabetes yang merupakan penyakit kelebihan kadar gula di dalam darah ini, bisa diatasi dengan mengonsumsi daun kelor. Hal ini disebabkan oleh zat mineral yang terkandung di dalam daun kelor sangat baik untuk proses pembuatan insulin. Selain itu, kamu harus mengonsumsi setidaknya 150 mg secara rutin unuk mengatasi penyakit diabetes ini.

4. Mengatasi Penyakit Kulit

Dengan kandungan antiseptik, hal ini menyebabkan daun kelor dapat membunuh bakteri dengan cepat. Bila kamu memiliki masalah masalah kulit seperti alergi, kerap merasa kulit gatal-gatal atau mengalami penyakit kulit lainnya seperti herpes, kulit bernanah dan luka, kamu bisa menggunakan daun kelor untuk mengatasinya.

Cukup dengan menumbuk daun kelor hingga halus, lalu tempelkan pada bagian yang mengalami masalah. Hal ini nantinya akan mengatasi penyakit-penyakit kulit tersebut. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa lakukan secara rutin.

Manfaat daun kelor ini setara dengan antiseptik yang biasa kamu temui di toko obat. Jadi bila kamu sudah memiliki daun kelor di rumahmu, kamu tidak perlu lagi ke apotek untuk memberi antiseptik.  

4 dari 5 halaman

Menjaga Kesehatan Ginjal dan Jantung

5. Menjaga Kesehatan Ginjal

Salah satu manfaat dari daun kelor bisa membantu kesehatan ginjal. Beragam penyakit yang menyerang ginjal bisa diobati dengan daun kelor.

Jika kamu mengonsumsi daun kelor, secara perlahan ginjal akan melakukan penyembuhan. Ginjal kamu akan sehat kembali dan berfungsi secara optimal.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Daun kelor bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung, terutama dalam mencegah tumbuhnya bibit penyakit pada jantung. Selain itu, daun kelor yang juga merupakan antioksidan alami bagi tubuh.

5 dari 5 halaman

Manfaat lain daun kelor

7. Mencegah Kanker

Daun kelor bermanfaat untuk mencegah kanker. Perkembangan kanker yang sering tidak disadari membuat banyak orang yang kena kanker, menyadari dia telah terkena kanker setelah memasuki stadium yang parah. Hal ini disebabkan proses pembentukan sel kanker memang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu melakukan pencegahan terhadap kanker semenjak dini. Daun kelor dapat membunuh sel yang telah mati dan mencegah tumbuhnya sel kanker. Daun kelor juga terkenal menjadi salah satu cara alami yang ampuh untuk mencegah kanker.