Sukses

5 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan, Bisa Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Liputan6.com, Jakarta Manfaat mentimun sudah tidak terbantahkan lagi dalam kehidupan manusia. Mulai dari manfaat untuk kecantikan sampai manfaat untuk kesehatan dapat kamu temukan dari mentimun.

Mentimun bisa digunakan dengan berbagai cara, seperti dikonsumsi maupun dijadikan perawatan untuk kulit dalam perawatan kecantikan. Dengan banyaknya kandungan cairan yang dibutuhkan manusia, mentimun juga bisa menjadi alternatif dalam pemenuhan kebutuhan cairan tersebut, selain minum air.

Selain itu, manfaat mentimun ini semakin banyak berpengaruh kepada kehidupan orang orang di Indonesia karena mudah ditemukan. Biasanya mentimun disajikan ketika kamu makan, baik sebagai hidangan utama maupun sebagai pendamping. Bahkan bisa juga dijadikan dalam bentuk jus untuk diminum.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/4/2019) tentang manfaat mentimun.

2 dari 6 halaman

1. Membantu Memenuhi Asupan Air bagi Tubuh

Mentimun mengandung 95% air yang membantu menjaga tubuh terhidrasi. Dengan kandungan 95% air tersebut, manfaat mentimun tentunya adalah untuk memenuhi asupan air bagi tubuh.

Mentimun nantinya tidak hanya menjaga tubuh terhidrasi tapi juga mengisinya kembali dengan menghilangkan racun. Manfaat mentimun dengan kandungan air yang tinggi ini berfungsi sebagai pembersih sistem dan menyapu produk limbah keluar dari sistem.

Hanya dengan 5 ons porsi mentimun, akan sama dengan 150 ml air. Artinya kamu sudah memenuhi 26% asupan air harian dengan mengonsumsi mentimun ini.

Selain itu, dengan menambahkan irisan mentimun ke dalam minuman air putih, bisa membuat kamu lebih tertarik untuk minum. Bisa memenuhi kebutuhan air harian sekaligus mempunyai rasa yang lumayan enak.

3 dari 6 halaman

2. Menurunkan Tekanan Darah

Mentimun kaya akan serat, kalium, dan magnesium. Semua nutrisi ini efektif dalam menurunkan tekanan darah, yang sekaligus menjadi manfaat mentimun selanjutnya. Selain itu, sifatnya yang ringan karena kandungan kalium dan airnya yang tinggi, juga membantu mengatur tekanan darah.

Bahkan kandungan kalium dalam mentimun dapat mengatur jumlah garam pada ginjal, yang mana nantinya akan sangat berguna bagi penderita hipertensi untuk mengatur kadar sodium atau garam yang terlalu tinggi.

Peningkatan tekanan darah disebabkan oleh tingginya kadar sodium yang membuat kadar air di tubuh menjadi tidak seimbang. Oleh karena itu, dibutuhkan manfaat mentimun yang mengandung kalium untuk menetralkannya kembali.

Bahkan dengan mengonsumsi mentimun, kamu dapat menjaga kestabilan tekanan darah. Tidak hanya itu, air mentimun juga mampu menjaga darah menggumpal dengan wajar.

4 dari 6 halaman

3. Menenangkan dan Merawat Kulit

Sudah bukan rahasia umum kalau manfaat mentimun adalah untuk menenangkan dan merawat kulit. Seringkali kamu melihat di televisi atau di iklan produk kecantikan bahwa seseorang memakai masker mentimun pada wajahnya, kadang digunakan dengan menutupi kulit mata.

Dengan mengoleskan jus mentimun secara langsung ke kulit, kamu bisa mendapatkan kesegarannya yang juga menenangkan kulit. Hal ini disebabkan karena mentimun memiliki kandungan potassium yang sangat bagus untuk kulit kering.

Selain itu, bila kulit kamu berjerawat, kamu bisa menggunakan masker mentimun seperti yang telah disampaikan sebelumnya. Manfaat mentimun dalam menghilangkan jerawat adalah karena mengandung vitamin B5 yang memang sangat berguna untuk kulit.

Manfaat mentimun juga bisa didapatkan dengan penggunaan pada mata. Dengan menaruh irisan mentimun pada mata setiap hari selama 8-10 menit, dapat mengurangi mata panda, atau lingkaran hitam pada mata. Bahkan hal ini juga bisa mengurangi bengkak di sekitar mata. Kamu juga bisa merasakan manfaat mentimun parut untuk kulit yang lebih halus dan segar.

Manfaat mentimun bagi kulit memang tak ada habisnya, kamu juga bisa menggunakan mentimun untuk meringankan kulit terbakar dan mengobati luka bakar matahari yang ringan. Jadi mentimun memang sangat berguna dalam perawatan kulit kamu.

5 dari 6 halaman

4. Membantu Mengeluarkan Racun di Tubuh

Manfaat mentimun yang selanjutnya adalah membantu mengeluarkan racun di tubuh. Dengan sifat mentimun yang bisa memicu produksi air seni, membuatnya berguna untuk mendorong bakteri, racun maupun virus untuk keluar dari tubuh melalui urin.

Hal ini juga bisa disebut sebagai detoksifikasi. Tubuh akan menjadi lebih segar setelah detoksifikasi yang disebabkan oleh konsumsi buah mentimun.

Manfaat mentimun juga bisa kita temukan dalam melawan radikal bebas. Di mana radikal bebas ini dapat mengakibatkan kamu terserang sejumlah penyakit seperti, Alzheimer, penyakit jantung dan lain sebagainya.

6 dari 6 halaman

5. Dapat Menurunkan Berat Badan

Manfaat mentimun satu ini mungkin menjadi favorit bagi orang orang yang sedang menjalani program diet atau penurunan berat badan. Hal ini karena mentimun dapat membantu mengurangi kalori yang ada di tubuh kamu.

Seringkali kamu merasakan lapar dan ingin menyantap makanan, sedangkan kamu sedang menjalani program menurunkan berat badan, makan banyak orang yang menahan laparnya, yang mengakibatkan terserang penyakit.

Padahal kamu bisa mengonsumsi mentimun saja, yang bisa melepaskan laparmu untuk menyantap sesuatu sekaligus mengandung banyak cairan untuk tubuhmu. Air mentimun membantu kamu merasa lebih kenyang dengan kalori yang begitu rendah.

Loading