Sukses

Tak Ada Rumah Sakit, Dokter Ini Nekat Operasi Dirinya Sendiri

Tidak mudah melakukan penjelajahan di Antartika, kebanyakan orang menyerah atau ditemukan tewas di tengah perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta Jutaan tahun yang lalu Antartika bukanlah benua es seperti yang kamu lihat seperti saat ini. Siapa sangka, hutan dengan pepohonan yang rimbun pernah tumbuh di sana. Bukti ini ditunjukkan melalui fragmen 13 fosil pohon yang baru saja ditemukan para ilmuwan.

Periode di mana pohon tumbuh tersebut menurut peneliti berasal dari Periode Permian Akhir yang berlangsung 299 juta hingga 251 juta tahun lalu.

Antartika, dulu dan kini, masih menyimpan banyak misteri. Penyebabnya, sulit bagi manusia untuk menjamah seluruh wilayah yang merupakan daratan paling beku di muka Bumi. Hal ini membuat orang-orang penasaran dengan benua ini dan nekat melakukan penjelajahan.

Tidak mudah melakukan penjelajahan di Antartika, kebanyakan orang menyerah atau ditemukan tewas di tengah perjalanan. Tapi ada salah satu kisah menarik dari para penjelajah Antartika dari Rusia.

Pada saat itu di pedalaman Antartika, mengalami badai salju hebat. Sekelompok penjelajah yang sedang berada di sana tahu mereka akan menjalani bulan-bulan penuh kegelapan dan suhu dingin yang ekstrem. Mereka telah melakukan perjalanan selama 36 hari melalui laut dari Rusia sejak 5 November 1960 untuk membangun stasiun penjelajahan Rusia di Antartika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sakit Ketika dalam Penjelajahan Antartika

Salah satu dari para penjelajah itu adalah dokter bedah dari kota Leningrad. Dokter tersebut bernama Leonid Ivanovich Rogozov berusia 27 tahun. Mendadak ia mengalami rasa nyeri yang sangat hebat di bagian perutnya.

Pada 29 April 1961 ia menulis dalam jurnal hariannya, "Sepertinya aku mengalami usus buntu. Tapi aku tak mengatakan pada siapa pun, buat apa membuat takut yang lain? Lagi pula siapa yang bisa menolongku?." Seperti yang Liputan6.com lansir dari The British Medical Journal, Jumat (12/4/2019).

Tak lama kemudian kondisinya terus memburuk, ia jatuh sakit, lemah, dan tidak sadarkan diri. Ada rasa nyeri seolah-seolah terbakar di bagian atas perutnya. Rogozov tahu, jika ingin bertahan ia harus melakukan operasi atau usus buntunya akan pecah yang bisa membunuhnya. Namun ia tak mungkin naik kapal kembali ke Rusia dalam kondisi badai salju.

3 dari 5 halaman

Menjadi Dokter Satu-satunya di Tim

Masalahnya adalah ia merupakan satu-satunya dokter di tim itu. Pilihannya adalah melakukan hal yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh dokter bedah mana pun, mengoperasi dirinya sendiri. Sehari setelah ia menulis dalam jurnalnya, ia demam tinggi, muntah berulang kali, dan nyerinya makin tak tertahankan.

Operasi yang dilakukannya itu menjadi operasi pertama yang dilakukan sendiri di luar rumah sakit tanpa tenaga medis, dan berjalan sukses.

"Ini saatnya, aku harus mengoperasi diriku. Ini hampir tidak mungkin, tapi aku tak bisa hanya diam saja dan menyerah," tulisnya.

Ia lalu meminta anggota timnya untuk menyediakan meja untuk operasi dan memindahkan benda-benda dari kamarnya. Yang tersisa hanya tempat tidurnya, dua meja dan sebuah lampu.

Salah seorang temannya yang bukan berasal dengan latar belakang medis menjadi asistennya yang bertugas mengambilkan peralatan, menjaga posisi lampu, dan juga memegangi cermin agar Rogozov bisa melihat dengan jelas bagian perutnya.

4 dari 5 halaman

Melakukan Operasi untuk Diri Sendiri

Satu orang lagi diminta menjadi asisten cadangan, berjaga-jaga jika asisten pertama mendadak gugup. Rogozov juga mengajari temannya bagaimana menyuntikkan obat anestesi yang sudah ia siapkan dan bagaimana memberikan alat bantu napas jika ia tak sadar. Lalu, ia meminta asistennya mencuci tangannya dengan antisepstik. Rogozov juga mencuci tangannya dan memakai sarung tangan.

Pada pukul 2 pagi, ia menyuntikkan perutnya dengan bius lokal. Setelah 15 menit, ia membuat sayatan selebar 10-12 cm dan operasi pun dimulai. Menurut laporan di The British Medical Journal, Rogozov tampak tenang walau keringat di wajahnya bercucuran dan meminta asistennya untuk menghapus keringatnya. Walau ia dibantu oleh cermin, tapi sebagian besar ia hanya mengandalkan perasaan.

Setelah 40 menit, ia mulai merasa lemah dan mengalami vertigo. Operasi pun ditunda sebentar sebelum kemudian dilanjutkan lagi. Akhirnya ia berhasil menemukan bagian usus buntu yang bengkak dan memotongnya. Dengan hati-hati ia lalu menjahit kembali perutnya. Ia juga mengajari asistennya bagaimana membersihkan alat-alat operasi.

5 dari 5 halaman

Operasi Berjalan Lancar

Setelah semua selesai ia lalu minum obat tidur untuk beristirahat. Setelah empat hari minum antibiotik Rogozov akhirnya pulih dan di hari kelima suhu tubuhnya kembali normal.

Setelah seminggu, ia mengangkat benang jahitannya. Lalu dua minggu kemudian ia sudah bisa beraktivitas dengan normal. Lebih dari setahun setelah sampai di Antartika, tim ini kembali ke kota Leningrad.

Rogozov lalu kembali bekerja di kliniknya dan sampai akhir hayatnya ia bekerja di Departemen Bedah di First Leningrad Medical Institute. Ia juga tak membanggakan apa yang sudah ia lakukan di Antartika. Ketika ia ditanyakan menganai peristiwa itu ia hanya menjawab, "Itu operasi biasa yang sama seperti yang lain."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini