Sukses

Makanan Khas Jambi Ini Identik dengan Cita Rasa Gurih yang Unik

Makanan khas Jambi yang unik, dengan cita rasa gurihnya yang unik.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia kaya dengan keanekaragaman budayanya. Kental dengan nilai budaya, maka tidak heran kalau setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing. Mulai dari adat istiadat, pakaian, hingga wisata. Keunikan yang dimiliki Indonesia ini membuat banyak orang tertarik untuk mengenal tentang Indonesia.

Salah satu daya tarik yang mudah untuk dijumpai adalah dengan mengunjungi wisata yang dimiliki di setiap daerah. Selain tempat wisata yang menjadikan daya tarik utama, kuliner atau makanan khas daerah juga mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke daerah tertentu.

Selain tempat wisata memiliki nilai-nilai khas dari suatu daerah, makanan juga menjadi identitas daerah yang wajib dinikmati saat berkunjung ke daerah tersebut. Biasanya, makanan khas daerah juga sarat akan nilai-nilai sejarah. Oleh karena itu, menjadi seru untuk bisa mencoba sajian kuliner yang ada di setiap daerah.

Begitu juga dengan Jambi. Jambi adalah salah satu kota yang memiliki kebudayaan Melayu yang cukup kental dengan ikon Sungai Batanghari yang sangat terkenal. Jambi memiliki potensi wisata yang sudah cukup berkembang. Salah satunya adalah wisata makanan khas Jambi. 

Selain tempat wisatanya, Jambi juga memiliki aneka kuliner yang mampu memanjakan perut kamu. Kurang lengkap rasanya saat berkunjung ke suatu daerah untuk tidak mencoba makanan khas dari daerah tersebut. Nah, begitu juga saat kamu berkunjung ke Jambi. Jangan sampai tidak mencoba aneka makanan khas Jambi yang beraneka ragam. Berikut referensi makanan khas Jambi, yang telah Liputan6.com, Jum’at (12/4/2019) rangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas Jambi yang Populer

Tempoyak

Makanan khas Jambi yang wajib kamu coba adalah tempoyak. Makanan khas Jambi ini terbuat dari fermentasi dari buah durian. Biasanya tempoyak dibuat dengan campuran ikan segar yang berasal dari Sungai Batanghari. Cita rasa dari tempoyak ini sangat nikmat. Bagaimana tidak, kamu bisa merasakan asam dengan aroma durian bergabung dalam satu sajian.

Gulai Tepek Ikan

Makanan khas Jambi ini berbahan dasar ikan Gabus. Sajian ini dimasak dengan digulai. Biasanya gulai tepek ikan ini dihidangkan saat acara-acara tertentu seperti pernikahan, acara adat, ataupun saat menyambut tamu istimewa. Kalau kamu ke Jambi, carilah momen yang tepat agar dapat menikmati makanan khas Jambi ini.

Gulai Ikan Patin

Kelihatannya mirip dengan gulai tepek ikan, namun makanan khas Jambi yang satu ini ternyata berbeda. Gulai ikan patin ini dimasak dengan menggunakan tempoyak sebagai bumbu utamanya. Sehingga mmebuat cita rasa gulai ikan ini berbeda dari yang lain. Wajib dicoba!

Nasi Gemuk

Nasi Gemuk ini mirip dengan nasi lemak yang ada di Malaysia dan Singapura. Bahan yang digunakan untuk membuat nasi ini sama dengan nasi uduk pada umumnya seperti beras, santan, daun pandan, daun salam, dan daun jeruk. Namun yang membedakan nasi ini dengan nasi uduk lainnya adalah pelengkapnya. Pada nasi gemuk, pelengkapnya ditambah dengan telur rebus, teri goreng, kacang tanah, bawang goreng, dan sambal.

3 dari 4 halaman

Makanan Khas Jambi dengan Aneka Kue

Kue Kubang Boyo

Jambi juga mmeiliki makanan ringan dengan ciri khasnya tersendiri. Kamu bisa mencoba kue yang memiliki nama lain beraneka ragam, yaitu Pak Ipuk, Kubang Buaya, anak buaya atau buaya berenang. Kue ini terbuat dari tepung ketan yang diberi pasta dengan isian menggunakan gula merah dan kelapa parut. Menjadi makin nikmat, kue ini dilumuri santan. Penyajian kue ini biasanya diletakkan di wadah kecil.

Kue Gandus

Makanan khas Jambi lainnya masih datang dari makanan ringan. Kue Gandus ini terbuat dari tepung beras, santan, dan sagu. Uniknya, kue ini disajikan dengan ditaburi ebi, daging ayam, ataupun abon.

Kue Burgo

Ini merupakan makanan khas Jambi yang cukup unik. Ya, kue basah khas Jambi ini disajikan dengan kuah. Kuah dari kue burgo ini terbuat dari kaldu ikan dan udang yang membuat rasanya menjadi gurih. Kue burgo ini terbuat dari campuran tepung beras dan sagu tani. Saat kamu menyantap kue ini, maka akan mendapatkan cita rasa gurih ditambah dengan kenyalnya kue.

Kue Padamaran

Kue Padamaran merupakan jajanan khas Jambi yang sangat banyak peminatnya. Kue ini terbuat dari campuran tepung beras, ekstrak air daun suji, dan gula aren. Penyajian pada kue ini juga unik, yaitu diletakkan dalam wadah yang terbuat dari daun pandan.

4 dari 4 halaman

Minuman Khas Jambi

Setelah beraneka ragam sajian makanan khas Jambi, kamu juga perlu mencoba minuman khas yang ada di daerah ini. Jus pinang yang merupakan minuman khas Jambi yang benar-benar murni terbuat dari buah pinang.

Namun dalam pembuatan ada beberapa bahan lain yang dicampurkan seperti jahe, gula merah, pandan, cengkeh, serai, dan kulit manis. Jud pinang ini dipercaya dapat mengobato masik angina dan memlihara daya tahan tubuh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini