Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

7 Kuliner Ekstrem Jogja, Ada Tongseng Kelelawar

Liputan6.com, Jakarta Kuliner ekstrem dewasa ini semakin terkenal di Indonesia. Khususnya di Jogja, ada beberapa makanan yang bisa bikin kamu penasaran sekaligus takut untuk mencicipinya.

Padahal seperti yang kamu ketahui, Jogja terkenal dengan kuliner manis seperti gudeg, nasi pecel, ataupun sate klathak. Agak jarang rasanya kamu mendengar Jogja memiliki kuliner aneh-aneh yang ekstrem.

Walaupun begitu, kuliner Jogja memang tak ada matinya dan terus berkembang. Dengan semakin banyaknya wisatawan yang tertarik berkunjung ke Jogja, maka wisata kuliner Jogja pun semakin hari semakin berkembang pula.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/4/2019) tentang kuliner ekstrem Jogja

2 dari 8 halaman

1. Oseng-oseng Mercon

Siapa yang tidak tahu oseng-oseng mercon ini? Sekarang ini, oseng oseng mercon semakin terkenal dengan banyaknya figur figur terkenal mengunjungi salah satu tempat kuliner ekstrem Jogja ini.

Oseng-oseng mercon terkenal dengan rasa pedasnya yang ekstrem. Sesuai dengan namanya, ketika kamu mencicipinya, oseng oseng mercon ini serasa meledak-ledak dimulut karena kepedasannya, seperti mercon atau petasan.

Walaupun dengan pengalaman makan dengan rasa pedas yang bahkan meledak ledak di mulut, orang orang tetap rela mengantre panjang setiap hari di oseng oseng mercon ini, apalagi di akhir pekan. Oseng-oseng mercon biasanya merupakan lauk atau teman ketika makan nasi.

Dengan berbahan daging sapi dan dicampur berkilo-kilo cabe rawit, sudah dapat membuktikan betapa pedasnya kuliner ekstrem Jogja satu ini.

Oseng-oseng mercon ini cukup mudah ditemukan di Jogja, terutama di sepanjang jalan KH. Ahmad Dahlan. Tetapi salah satu warung oseng oseng mercon paling terkenal dan banyak dikunjungi adalah warung milik Bu Narti.

3 dari 8 halaman

2. Tongseng Kelelawar

Kuliner ekstrem Jogja yang kedua adalah tongseng kelelawar. Siapa yang pernah membayangkan bisa memakan kelelawar? Apalagi di tongseng? Membayangkan kelelawar digoreng saja sudah mengerikan.

Namun siapa sangka salah satu warung di Bantul, menyediakan menu utama tongseng kelelawar. Kamu akan semakin terkejut setelah mencoba kuliner ini, yang ternyata rasanya sangat lezat. Selain itu, ternyata daging kelelawar dipercaya juga bisa menyembuhkan orang yang terkena asma.

4 dari 8 halaman

3. Daging Ular Kobra

Kamu akan dibuat terkejut lagi dengan kuliner ekstrem Jogja satu ini, yaitu daging ular kobra. Siapa sangka ular yang terkenal dengan bisa-nya dan terkenal mematikan ini bisa dikonsumsi manusia.

Bahkan di salah satu tempat makan di Jogja, daging kobra diolah menjadi berbagai macam olahan seperti tongseng kobra, sate kobra, sup kobra, bahkan burger kobra. Melihat menu yang ditawarkan saja sudah bikin ngeri. Tidak hanya itu, kamu juga dapat memesan paket empedu, darah, dan sum sum ular.

Bila kamu merasa tertantang untuk mencicipi daging kobra, kamu bisa datang ke warung di daerah Jalan Hayam Wuruk ini.

5 dari 8 halaman

4. Belalang dan Kepompong Goreng

Kuliner ekstrem Jogja selanjutnya adalah belalang dan kepompong goreng. Hewan satu ini tentunya bukan hewan yang berbisa seperti ular, dan lumayan sering terdengar menjadi santapan terutama di Jogja.

Belalang goreng sangat banyak dijual di tepi jalanan Gunungkidul, begitu pula dengan kepompong goreng. Kamu bisa menikmati belalang dan kepompong goreng dan menjadikannya camilan untuk menemani berwisata di sekeliling Gunungkidul.

Rasanya yang cukup enak dan gurihnya membuat belalang dan kepompong goreng menjadi kuliner ekstrem Jogja yang lumayan terkenal.

6 dari 8 halaman

5. Sate Landak

Kuliner satu ini memang bikin kamu bingung sendiri. Bagaimana bisa landak, seekor hewan yang penuh dengan duri di tubuhnya dijadikan makanan yang enak disantap?

Tapi jangan salah, ternyata landak memiliki tekstur daging empuk yang tidak jauh berbeda dengan daging kambing maupun ayam. Bahkan banyak juga yang percaya dengan khasiat daging landak berupa obat asma, bisa menyembuhkan penyakit liver, dan bisa meningkatkan vitalitas pria.

Untuk mencicipi sate landak ini, kamu bisa mengunjungi warung sate landak di Jalan Magelang. Menu makanan di sini tidak hanya sate landak saja, tapi kamu juga bisa memesan rica rica landak, sate hati landak, serta rica rica buntut landak.

7 dari 8 halaman

6. Swike atau Katak

Bagi kamu yang belum mengetahui kalau katak bisa dijadikan santapan mungkin ini akan sangat mengejutkan. Apalagi mengingat bentuk katak yang lembek dan hidup di dua alam.

Tetapi ternyata katak sudah menjadi salah satu kuliner ekstrem di Jogja. Kamu bisa mencicipi berbagai makanan olahan katak ini di Jalan Magelang Km 5. Menu yang ditawarkan di sini antara lain, semur katak, katak saus tiram, katak kuah tauco dan lain sebagainya.

8 dari 8 halaman

7. Tongseng Bulus

Dan inilah kuliner ekstrem Jogja yang terakhir, dan tentunya membuat kamu bertanya-tanya, yaitu tongseng bulus. Bulus adalah hewan sejenis kura kura yang hidup di darat dengan cangkang yang lunak.

Kamu akan lebih heran lagi karena ternyata daging bulus ini teksturnya seperti daging kambing. Dengan berbagai olahan rempah rempah dicampurkan, tongseng bulus tentunya membuat kamu penasaran bagaimana rasanya.  

Loading
Artikel Selanjutnya
Unik, Restoran Ini Gratiskan Pengunjung Berdasar Jumlah Follower Instagram
Artikel Selanjutnya
4 Resep Masakan Manado Menggugah Selera, Mudah Dipraktikkan di Rumah