Sukses

Mengenal Kereta Wisata yang Ada di Indonesia, Fasilitasnya Mewah Banget

Liputan6.com, Jakarta Sektor pariwisata Indonesia terus melakukan terobosan. Hal ini dibuat oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) demi mengukuhkan eksistensi Indonesia. Beragam destinasi di nusantara semakin banyak diminati wisatawan baik lokal hingga wisatawan mancanegara.

Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk menghabiskan waktu berlibur, membuat beberapa sektor jasa transportasi turut mengembangkan diri. Biasanya, jasa transportasi ini meningkatkan pada segi pelayanan yang akan diberikan oleh para pelancong atau wisatawan.

Salah satu jasa transportasi yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat adalah kereta api. Satu-satunya jasa transportasi yang ada di Indonesia ini berpusat pada PT. KAI. Hal ini membuat PT. KAI terus melakukan pembenahan dan berinovasi untuk menciptakan layanan-layanan baru khususnya bagi para wisatawan. Melalui anak perusahaannya, yaitu PT. KA Wisata terciptalah terobosan kereta wisata.

Kereta Wisata bisa dijadikan salah satu alternatif bagi wisatawan dalam melakukan perjalanan di Indonesia. Kereta wisata ini tidak hanya sekedar alat transportasi saja. Melainkan juga menjadi media bagi para turis untuk mendapatkan pengalaman berwisata yang lebih.

Sebenarnya apa yang membedakan kereta api biasa dengan kereta wisata ini? Untuk lebih jauhnya, Liputan6.com, Jum’at (12/4/2019) telah mengulas dari berbagai sumber beberapa hal terkait kereta wisata dari PT. KAI ini.

2 dari 4 halaman

Perbedaan Kereta Api Biasa dengan Kereta Wisata

Pada kereta wisata, kamu bisa memilih dari tujuh tipe yang disediakan. Pertama, ada Kereta Wisata Nusantara, yaitu kereta dengan desain interior dan segala dekorasinya yang menggambarkan seni serta keindahan dari pelosok nusantara. Kereta wisata yang bisa menampung 19 orang dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan tentunya kenyamanan. Seperti adanya tempat tidur, karaoke, mini bar, dan toilet.

Selain itu, dilengkapi juga dengan kamar tidur untuk dua orang. Nah, kalau kamu ingin melihat pemandangan luar arah belakang dengan leluasa, kereta wisata ini juga telah menyediakan balkon VIP. Ada juga lobi tengah yang ditata mewah dengan dilengkapi audio atau karaoke sistemm video arau TV monitor, pendingin ruangan, kamar mandi yang juga tersedia di dalam kereta ini.

Ada juga Kereta Wisata Bali. Kereta ini memiliki interior yang sangat kental dengan nuansa budaya Bali. Desainnya yang cantik, kereta ini turut dilengkapi dengan ukiran serta lukisan bernuansakan keeksotisan Pulau Dewata.

Selain itu, ada juga Kereta Wisata Toraja, Kereta Wisata Sumatra, dan Kereta Wisata Jawa. Sesuai dengan namanya, kereta wisata ini didesain senada dengan destinasi wisata yang diusung.

3 dari 4 halaman

Mengenal Jenis-jenis Kereta Wisata yang Ada di Indonesia

Sebelum kereta wisata prioritas hadir, sebenarnya PT. KAI sudah memiliki beberapa produk kereta wisata. Namun memang kereta ini ditujukan untuk rombongan. Kereta wisata ini masuk ke dalam rangkaian Kereta Api Reguler yang dilengkapi dengan kereta pembangkit listrik.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa kereta wisata yang sudah hadir di Indonesia. Beberapa kereta wisata ini adalah Kereta Wisata Nusantara, Kereta Wisata Bali, Kereta Wisata Toraja, Kereta Wisata Sumatra, Kereta Wisata Jawa, dan Kereta Wisata Imperial.

Namun, selain jenis kereta wisata tersebut KAI juga masih memiliki beberapa kereta wisata lain dengan rute yang lebih pendek. Kereta ini biasanya beroperasi hanya di hari-hari tertentu saja, misalnya saat hari libur akhir pekan atau weekend.

Kereta wisata dengan rute pendek ini adalah Kereta Api Wisata Museum Ambarawa, Lori Wisata Kaliraga, dan Kereta Wisata Danau Singkarak.

4 dari 4 halaman

Cara Pesan dan Fasilitas Kereta Wisata

Kereta wisata ini juga memiliki cara pesan yang berbeda, loh. Pada Kereta Wisata Nusantara, kamu bisa pesan tiketnya untuk satu gerbong secara keseluruhan. Sementara untuk dua tipe kereta lainnya, yaitu Kereta Wisata Priority dan Imperial bisa dipesan secara individual.

Berbeda dengan Kereta Wisata Nusantara, pada Kereta Wisata Priority dan Imperial dilengkapi dengan LCD TV Layar sentuh pada setiap kursinya. Jadi, selama di perjalanan kamu bisa bebas menikmati pilihan hiburan baik audio ataupun video.

Untuk memesan tiket kereta wisata priority atau prioritas ini, kamu bisa membelinya di semua kanal pembayaran tiket kereta seperti KAI Access, KAI 121, loket kereta api, konter Kereta Api Wisata, situs resmi KAI, atau bisa juga melalui partner online dan offline penjualan tiket KAI yang biasa ditemui.

 

 

Loading